• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Mengenal Ekonomi Syariah

Oleh Dr. Hj. Madziatul Churiyah , S.Pd, M.M.   

 

Mengenal Ekonomi Syariah

 

Sistem Ekonomi berbasis syariah, belakangan ini semakin populer bukan hanya di negara-negara Islam tetapi juga negara-negara barat. Keadaan ini, ditandai dengan semakin suburnya bank-bank yang menerapkan konsep syariah. Lebih lanjut dapat dikatakan bukan tidak mungkin suatu saat seluruh aspek perekonomian akan berbasis syariah. Ini menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam yang diterapkan dalam perekonomian bisa diterima di berbagai kalangan karena sifatnya yang universal dan tidak eksklusif. Nilai-nilai itu misalnya keadilan dan perlakuan yang sama dalam meraih kesempatan berusaha. Untuk memahami hakikat keberadaan ekonomi syariah, dalam buku ini dikenalkan hal-hal mendasar.

Download Fulltext disini

 

Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. dalam Bidang Ilmu Psikologi Universitas Negeri Malang

   Selasa, 19 Januari 2016 02:00

 


 

Pada masa posmodernisme ini perkembangan akhir tentang definisi psikologi sudah mengarah pada suatu definisi psikologi yang cukup komprehensif. Definisi psikologi pada masa kita ini adalah: Psikologi adalah ilmu yang melakukan deskripsi, eksplanasi, kontrol, peramalan, pemecahan masalah, dan pemberdayaan terhadap fenomena perilaku dan proses mental.

Berdasar definisi seperti itu maka secara kritis diperoleh makna bahwa: Pertama, apabila dilihat berdasar objek keilmuan maka psikologi adalah ilmu yang mempelajari fenomena perilaku yang nampak (overt) sekaligus psikologi adalah ilmu yang mempelajari fenomena perilaku yang dan tidak nampak (covert). Ini berarti psikologi melakukan kajian tentang fenomena perilaku, jiwa, dan spiritualitas.


Kedua, apabila dilihat berdasar tujuan keilmuan, definisi psikologi seperti itu menunjukkan bahwa psikologi yang tidak hanya sekedar menjadi ilmu yang bersifat deskriptif (tujuan deskripsi dan eksplanasi) tapi lebih jauh lagi mengarah pada fungsi kontrol, peramalan, pemecahan masalah, dan bahkan pemberdayaan. Arah lebih maju tersebut itu secara implisit dan eksplisit mengandung di dalamnya unsur penting pemecahan masalah untuk masalah-masalah dalam kehidupan manusia.

Definisi keilmuan psikologi semacam ini yang mengarah pada tujuan pemecahan masalah adalah sesuai dengan pandangan filsuf pendidikan aliran Progresivisme dan ahli psikologi aliran Fungsionalisme Amerika Serikat, John Dewey, yang menyatakan bahwa produk keilmuan yang dianggap baik, seperti teori, adalah yang mampu diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah yang dialami oleh manusia. Masalah-masalah yang dialami oleh manusia tersebut terutama yang berhubungan dengan ruang lingkup utama ilmu psikologi, yaitu masalah-masalah yang berhubungan dengan fenomena perilaku atau proses mental manusia.

Download pidato tersebut disini 

 

Pengolahan Terbitan Berseri Berbasis IT Di Perpustakaan Sekolah / Madrasah

Oleh Ali Mas’ud, S.Sos   
Bahan pustaka di perpustakaan sangat beragam jenis maupun isinya, meliputi bahan pustaka cetak dan bahan non cetak. Bahan pustaka cetak misalnya terdiri dari buku, majalah, bulletin, brosur, dan banyak lagi yang lainnya yang merupakan bahan teksbook dan hard copy.   Sedangkan bahan non cetak terdiri dari bahan-bahan informasi yang disajikan dalam bentuk soft copy maupun bentuk digital. Koleksi perpustakaan masih dapat dipisahkan menjadi beberapa kelompok. Salah satu kelompok diantaranya adalah terbitan berseri.

Istilah terbitan berseri lebih sering dikaitkan dengan majalah atau surat kabar. Pada hal tidak demikian kenyataannya. Ada beragam jenis terbitan berseri yang dapat diketahui dan dimanfaatkan oleh para pengguna jasa perpustakaan /pemustaka. Terbitan berseri menjadi salah satu ikon sajian di lembaga layanan perpustakaan yang dalam penyajiannya harus memperhatikan aspek-aspek kepustakaan.

Download lengkap disini http://bit.ly/1Quow7Q
 
<< Mulai < Sebelumnya 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 11 dari 148

Statistik

Anggota : 7
Konten : 2307
Web Link : 18
Jumlah Kunjungan Konten : 3007869
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno