• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Ucapan terima kasih kepada Imam Gunawan, S,Pd., M.Pd

Oleh Imam Gunawan, S,Pd., M.Pd.   

Ucapan terima kasih kepada Imam Gunawan, S,Pd., M.Pd.,  atas sumbangan buku, yang berjudul 

“Manajemen Pendidikan :  Suatu Pengantar Praktik / oleh Imam Gunawan dan Djum Djum Noor Benty”. Penerbitan oleh Bumi Aksara, Jakarta 2016.

 

Manajemen Pendidikan :  Suatu Pengantar Praktik
Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik / oleh Imam Gunawan. Penerbitan Alfabeta, Bandung  2017.
Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik
 

Kurikulum “Jalakar” (Belajar Dan Berkarya) Untuk Smp Satu Atap: Alternatif Pemenuhan Kebutuhan Peserta Didik Di Daerah Pedesaan Dan Terpencil

Oleh Prof. Dr. Nurul Ulfatin   
Kurikulum “Jalakar” (Belajar Dan Berkarya) Untuk Smp Satu Atap: Alternatif Pemenuhan Kebutuhan Peserta Didik Di Daerah Pedesaan Dan Terpencil

Abstract:“Jalakar” (Belajar dan Berkarya)Curriculumfor SMP Satu Atap: Alternative of Fulfillment Needs Students in the Rural and Remote Area.The aims of this study is to describe the unique characteristics in SMP Satu Atap, knowing the curriculum being used, developing curriculum-oriented learning and work, and find out its effectiveness. The study was conducted by the research and development of the multi-site studies, product development, and product testing. The study was conducted in four SMP Satu Atap in Malang and Kediri distrik, East Java. Qualitative data analysis and the results showed that the SMP has special characteristics that tend to be below the standard of a regular junior high school. The main cause is the weak economy. The needed curriculum is a curriculum that provides many learning experiences and job skills training, called belajar dan berkarya (Jalakar). Bookmarks this curriculum is to include craft subject.

Abstrak: Kurikulum “Jalakar” (Belajar Dan Berkarya) Untuk Smp Satu Atap: Alternatif Pemenuhan Kebutuhan Peserta Didik di Daerah Pedesaan dan Terpencil. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan karakteristik unik SMP Satu Atap, mengetahui kurikulum yang digunakan, mengembangkan kurikulum yang berorientasi belajar dan berkarya, dan mengetahui keefektifannya. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan dengan langkah studi  pendahuluan multi situs, pengembangan produk, dan pengujian produk. Penelitian dilakukan di empat SMP Satu Atap kabupaten Malang dan kabupaten Kediri, Jawa Timur. Analisa data dilakukan secara kualitatif dan hasilnya menujukkan bahwa SMP Satu Atap memiliki karakteristik khusus yang cenderung di bawah standar SMP reguler. Penyebab utamanya adalah ekonomi lemah. Kurikulum yang dibutuhkan adalah kurikulum yang banyak memberikan pengalaman belajar dan berlatih keterampilan kerja, yang disebut belajar dan berkarya (Jalakar). Kurikulum ini salah satu penandanya adalah dengan memasukkan matapelajaran prakarya.
Kata kunci: Kurikulum, belajar dan berkarya, SMP satu atap, pedesaan dan terpencil

Fulltext download disini
 

Layanan Informasi [Pelatihan Kepala Sekolah Madrasah Tulungagung]

Oleh Setiawan, S.Sos, M.IP   
Kemajuan informasi sekarang memiliki dampak yang luar biasa bagi segi kehidupan masyarakat, informasi seakan-akan menjadi barang konsumtif dilapisan masyarakat,  Informasi  sudah memiliki nilai yang luar biasa dan ini dibuktikan dengan  Beberapa data statistik menunjukkan bagaimana badan pemerintah, lembaga swasta, perorangan, organisasi, perdagangan, dan bisnis membelanjakan uangnya utuk keperluan informasi. Menurut Kalba (1977) Di Amerika serikat pada tahun 1973 (tiga dekade yang lalu) menujukkan bahwa belanja untuk siaran televisi saja sudah mencapai 3.5 Milyar dolar, untuk belaja radio sebesar 1,5 Milyar dolar, Untuk surat kabarmencapai 8,3 milyar dolar dan untuk belanja buku sebanyak 4.1 milyar dolar, Untuk belanja majalah mencapai 3,7 milyar dolar. Di Indonesia anggaran untuk belanja informasi pun sangat besar jumlahnya. Pada tahun 1968 indonesia hanya mengeluarkan biaya sebesar 27, 0 miliar rupiah untuk biaya informasi dan pada tahun 1993/1994 meningkat menajdi 120.6 miliar rupiah untuk pengeluaran di sektor penerangan, pers, dan komunikasi social ( Sumber : Lampiran pidato kenegaraan presiden indonesia di depan DPR tahun 1994)

Download lengkap disini http://bit.ly/1Qqpiyt
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 3 dari 145

Statistik

Anggota : 7
Konten : 2297
Web Link : 18
Jumlah Kunjungan Konten : 2132442
Jadwal Layanan Perpustakaan UM

JAM LAYANAN

SENIN - KAMIS
07.30 - 15.00 WIB

 

JUMAT
07.30 - 11.00 WIB
13.00 - 15.00 WIB

 

SABTU TUTUP

MINGGU TUTUP
---------------------------------
LAYANAN KOLEKSI
TESIS DAN DISERTASI


SENIN - KAMIS

07.30 - 16.00 WIB


JUMAT
07.30 - 11.00 WIB
13.00 - 15.00 WIB


SABTU DAN MINGGU
TUTUP


Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno