• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Karakteristik Dan Pengembangan Profesi Dan Karier Untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Guru Dan Kepala Sekolah Di Madrasah Swasta

Oleh Prof. Dr. Nurul Ulfatin   
Karakteristik Dan Pengembangan Profesi Dan Karier Untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Guru Dan Kepala Sekolah Di Madrasah Swasta

Abstrak: Guru dan kepala sekolah merupakan aset penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Namun, kualitas guru umumnya masih rendah, terlebih guru yang bertugas di lembaga pendidikan berjenis madrasah swasta. Permasalahan guru sudah lama mengemuka, dan sampai sekarang belum terpecahkan. Pada era desentralisasi sekarang ini permasalahan guru merupakan bagian inti dari manajemen sumber daya manusia di bidang pendidikan. Serangkaian permasalahan guru yang penting untuk dicermati dan dianalisis adalah terkait dengan pengembangan profesi dan karier. Pengembangan profesi dan karier adalah wujud dari pembinaan dan pengembangan guru sesuai dengan yang diamanatkan oleh undang-undang guru dan dosen. Di lembaga pendidikan jenis madrasah swasta, pengembangan profesi dan karier guru perlu dibahas secara lebih khusus karena di dalamnya terdapat permasalahan yang relatif lebih kompleks jika dibandingkan dengan  lembaga pendidikan jenis lain. Ada tiga strategi tahapan yang ditawarkan dalam pengembangan profesi dan karier untuk meningkatkan kualitas guru. Pertama, menganalisis karakteristik guru, terutama terkait dengan kondisi ‘given’ yang  secara manajerial dapat mengganggu percepatan peningkatan kualitas guru. Kedua, pengembangan profesi dalam bentuk in-service training dan in-service education, terutama dikaitkan dengan proses dan prosedur pengembangannya dengan merumuskan program dan standar pengukuran untuk menjamin kualitas yang dapat menunjang peningkatan mutu pendidikan. Ketiga, promosi kepala sekolah sebagai salah satu bentuk pengembangan karier tidak hanya berfungsi sebagai wujud regenerasi kepemimpinan formal, tetapi juga berfungsi sebagai strategi penataan manajemen peningkatan mutu sekolah.
Kata kunci: sumber daya guru, guru madrasah swasta, pengembangan profesi, pengembangan karier

Fulltext download disini
 

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Oleh Yuniawatika ,S.Pd., M.Pd   
Yuniawatika  ( Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya )
Harti Kartini( Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya )
Jurusan KSDP Prodi PGSD Universitas Negeri Malang


ABSTRAK
Permasalahan dalam tulisan ini adalah kemampuan menulis siswa masih rendah. Kemampuan menulis merupakan salah satu aspek dari kemampuan komunikasi matematis yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan menulis matematis dapat dilakukan melalui representasi matematis, yaitu (a) aspek drawing, yakni memunculkan model konsep, seperti gambar, diagram, tabel, dan grafik; (b) aspek mathematical expressions, yakni membentuk model matematis; dan (c) aspek  written text, yakni argumentasi verbal yang didasarkan pada gambar dan konsep-konsep formal.Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai alternatif strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis matematis pada pembelajaran matematika yaitu strategi Writing from a Promptdan Writing in Performace Tasks (WPWT) dan Think Talk Write (TTW).


Kata  Kunci: kemampuan  menulis  matematis,  Writing  from  a  Prompt dan  Writing  in  Performace Tasks(WPWT), Think Talk Write (TTW)

Artikel diatas dipublikasikan dalam Prosiding Seminar Internastional Membudayakan Menulis Kelas Dunia untuk Membangun Kualitas Pustaka.

 

 

 

Ucapan terima kasih kepada Kementrian Agama, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang

Ucapan terima kasih kepada Kementrian Agama, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang  atas sumbangan buku, yang berjudul :
  1. Radikalisme dan Kebangsaan: Gerakan Sosial dan Literatur Organisasi Keagaman Islam/ Penulis : Umi Masfiah, dkk. - Editor:  Joko Tri Haryanto; Penerbit : CV Arti Bumi Intaran, 2016.
  2. Radikalisme dan Kebangsaan: Persfektif Pendidikan/ Penulis : Siti Muawanah, dkk. - Editor:  Mulyani Mudis Taruna; Penerbit : CV Arti Bumi Intaran, 2016.
  3. Prosiding Bidang Kehidupan Keagamaan: Modal Sosial & Kerukunan Umat Beragama Vol.3, no.1 Tahun 2016; Penerbit : Kementrian Agama RI, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang, 2016.
  4. Prosiding Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan: Trend Siaran Keagamaan Melalui Radio Vol.3, no.1 Tahun 2016; Penerbit : Kementrian Agama RI, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang, 2016.
  5. Prosiding Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan: Evaluasi Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMA di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Vol.3, no.1 Tahun 2016; Penerbit : Kementrian Agama RI, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang, 2016.
Radikalisme dan Kebangsaan
Radikalisme dan Kebangsaan
Modal Sosial & Kerukunan Umat Beragama
Trend Siaran Keagamaan Melalui Radio
Evaluasi Kurikulum 2013
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 6 dari 147

Statistik

Anggota : 7
Konten : 2301
Web Link : 18
Jumlah Kunjungan Konten : 2267523
Jadwal Layanan Perpustakaan UM

JAM LAYANAN

SENIN - KAMIS
07.30 - 15.00 WIB

 

JUMAT
07.30 - 11.00 WIB
13.00 - 15.00 WIB

 

SABTU TUTUP

MINGGU TUTUP
---------------------------------
LAYANAN KOLEKSI
TESIS DAN DISERTASI


SENIN - KAMIS

07.30 - 16.00 WIB


JUMAT
07.30 - 11.00 WIB
13.00 - 15.00 WIB


SABTU DAN MINGGU
TUTUP


Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno