• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Oleh Yuniawatika ,S.Pd., M.Pd   

YUNIAWATIKA
Dosen KSDP FIP Universitas Negeri Malang

Abstract

Mathematical problem solving ability is a high-level thinking skills that need to be developed through  learning  mathematics  in  elementary  school.  Problem  solving  ability  of  students  is very  important  mastered  not  only  the  mathematical  problem  solving  abilities,  but  that  the students are able to solve problems in other fields by means of mathematical thinking . Many ways  to  improve  problem-solving  skills  of  elementary  school  students,  including  through  several alternative learning to improve students' mathematical problem solving ability.

Keywords : problem-solving ability, learning math, elementary school

Artikel diatas terbit dalam Prosiding Scientific Forum-Faculty of Education Department of Science Education (FIP-JIP) and The International Seminar
Gorontalo, 09 – 11 September 2015.

Download fulltext artikel diatas.

 

 

 

Ucapan terima kasih kepada Jeffrie Geovanie

Oleh Jeffrie Geovanie   

Ucapan terima kasih kepada Jeffrie Geovanie (Pendiri dan Penasihat lembaga riset kebijakan publik, The Indonesian Institute, dan Pendiri dan Pengurus Yayasan Syafii Maarif), atas sumbangan buku sejumlah 3 judul (6 eks.) , terdiri atas

Sosok-sosok Inspiratif:  Dari Sondang hingga Gesang, Dari Hotoyama hingga Obama / Penerbit : Expose  (PT Mizan Publika), 2013.

 

Sosok-sosok Inspiratif

The Pluralism Project: Potret Pemilu, Demokrasi dan Islam di Amerika  / Penerbit : Expose  (PT Mizan Publika), 2013.

 

The Pluralism Project: Potret Pemilu, Demokrasi dan Islam di Amerika

 

Civil Religion: Dimensi Sosial Politik Islam / Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2013.

 

Civil Religion: Dimensi Sosial Politik Islam

 

 

PENGEMBANGAN KURIKULUM SMP DI DAERAH PEDESAAN DAN TERPENCI

Oleh Prof. Dr. Nurul Ulfatin   
PENGEMBANGAN KURIKULUM SMP DI DAERAH PEDESAAN DAN TERPENCIL

ABSTRAK Dalam tujuh tahun terakhir ini, satu alternatif pemecahan yang dipilih oleh pemerintah untuk mengatasi masalah pemerataan pendidikan di daerah pedesaan dan terpencil adalah didirikannya SMP satu atap. SMP satu atap adalah SMP yang didirikan dalam satu atap dengan gedung SD. Satu atap dalam konteks ini mengandung makna satu gedung/lokasi dan satu pengelolaan dengan SD. Dalam pelaksanaannya, SMP satu atap masih memerlukan kajian terutama yang terkait dengan kurikulum. Hal ini karena SMP satu atap menggunakan kurikulum SMP reguler. Sementara, karakteristik SMP satu atap sangat unik dan cenderung di bawah standar SMP reguler. Selain keberadaannya di daerah pedesaan dan terpencil, keunikan lain yang menonjol dari SMP satu atap adalah hampir semua peserta didiknya berasal dari keluarga ekonomi rendah. Mereka umumnya ingin segera bekerja dan tidak melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. Untuk mengatasi keterbatasan dan sekaligus tantangan keunikan tersebut, maka  diperlukan pengembangan kurikulum yang khusus untuk SMP satu atap. Berdasarkan hasil penelitian yang dilkukan penulis melalui skema Hibah Pascasarjana selama dua tahun terakhir ditemukan bahwa kurikulum yang dinilai cocok untuk SMP satu atap adalah kurikulum yang mengombinasikan antara  kurikulum pendidikan pra-kejuruan, kurikulum SMP reguler, dan kurikulum pendidikan luar sekolah. Kurikulum ini dinamai kurikulum “Jalakar” (Belajar dan Berkarya). Dalam praktiknya, kurikulum “Jalakar” berbasis keterampilan berkarya yang bertolak dari tema matapelajaran Prakarya, dan diintegrasikan ke dalam matapelajaran inti, muatan lokal, ekstra kurikuler, ko-kurikuler, dan kegiatan mandiri.
Kata kunci: kurikulum, SMP, pedesaan/terpencil, prakarya

Fulltext download disini
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 9 dari 147

Statistik

Anggota : 7
Konten : 2301
Web Link : 18
Jumlah Kunjungan Konten : 2267539
Jadwal Layanan Perpustakaan UM

JAM LAYANAN

SENIN - KAMIS
07.30 - 15.00 WIB

 

JUMAT
07.30 - 11.00 WIB
13.00 - 15.00 WIB

 

SABTU TUTUP

MINGGU TUTUP
---------------------------------
LAYANAN KOLEKSI
TESIS DAN DISERTASI


SENIN - KAMIS

07.30 - 16.00 WIB


JUMAT
07.30 - 11.00 WIB
13.00 - 15.00 WIB


SABTU DAN MINGGU
TUTUP


Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno