• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Karakteristik Dan Pengembangan Profesi Dan Karier Untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Guru Dan Kepala Sekolah Di Madrasah Swasta

Oleh Prof. Dr. Nurul Ulfatin   
Karakteristik Dan Pengembangan Profesi Dan Karier Untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Guru Dan Kepala Sekolah Di Madrasah Swasta

Abstrak: Guru dan kepala sekolah merupakan aset penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Namun, kualitas guru umumnya masih rendah, terlebih guru yang bertugas di lembaga pendidikan berjenis madrasah swasta. Permasalahan guru sudah lama mengemuka, dan sampai sekarang belum terpecahkan. Pada era desentralisasi sekarang ini permasalahan guru merupakan bagian inti dari manajemen sumber daya manusia di bidang pendidikan. Serangkaian permasalahan guru yang penting untuk dicermati dan dianalisis adalah terkait dengan pengembangan profesi dan karier. Pengembangan profesi dan karier adalah wujud dari pembinaan dan pengembangan guru sesuai dengan yang diamanatkan oleh undang-undang guru dan dosen. Di lembaga pendidikan jenis madrasah swasta, pengembangan profesi dan karier guru perlu dibahas secara lebih khusus karena di dalamnya terdapat permasalahan yang relatif lebih kompleks jika dibandingkan dengan  lembaga pendidikan jenis lain. Ada tiga strategi tahapan yang ditawarkan dalam pengembangan profesi dan karier untuk meningkatkan kualitas guru. Pertama, menganalisis karakteristik guru, terutama terkait dengan kondisi ‘given’ yang  secara manajerial dapat mengganggu percepatan peningkatan kualitas guru. Kedua, pengembangan profesi dalam bentuk in-service training dan in-service education, terutama dikaitkan dengan proses dan prosedur pengembangannya dengan merumuskan program dan standar pengukuran untuk menjamin kualitas yang dapat menunjang peningkatan mutu pendidikan. Ketiga, promosi kepala sekolah sebagai salah satu bentuk pengembangan karier tidak hanya berfungsi sebagai wujud regenerasi kepemimpinan formal, tetapi juga berfungsi sebagai strategi penataan manajemen peningkatan mutu sekolah.
Kata kunci: sumber daya guru, guru madrasah swasta, pengembangan profesi, pengembangan karier

Fulltext download disini
 

Klasifikasi Bahan Pustaka Perpustakaan Sekolah

Oleh Su'udi, S.Pd   
Sebagai sistem informasi, perpustakaan berfungsi menyediakan dan menyebarluaskan informasi yang terdapat dalam koleksinya. Oleh karena itu, koleksi perpustakaan harus diolah dan diatur   secara sistematis, dengan tujuan untuk memudahkan penemuan kembali koleksi yang dibutuhkan. Kegiatan pengaturan atau pengelompokkan bahan pustaka berdasarkan aturan tertentu disebut klasifikasi.

Secara umum klasifikasi adalah usaha menata pengetahuan atau benda kedalam  tata urutan yang sistematis. Kalau kita simak dalam kehidupan sehari-hari klasifikasi sudah banyak dilakukan manusia, seperti di supermarket, di pasar, di toko buku, pedagang mengelompokkan barang dagangannya yang sejenis dalam satu kelompok yang sama. Contoh yang paling mudah kita pahami misalnya sebuah toko pakaian yang menjual celana dan kemeja terlebih dahulu barang dagangannya dikelompok-kelompokkan barangkali pengelompokannya bisa berdasarkan nomor, ukuran, warna, harga, merk, dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan baik pedagang maupun pembeli dalam memilih kebutuhan yang diperlukan.

Download lengkap disini http://bit.ly/1ntoJgB
 

Alternatif Pembelajaran Matematika di SD dengan Menggunakan Strategi REACT

Oleh Yuniawatika ,S.Pd., M.Pd   
YUNIAWATIKA
Dosen KSDP FIP Universitas Negeri Malang


Abstrak: Pemilihan strategi yang tepat dalam pembelajaran dapat mendukung kelancaran proses pembelajaran dan tercapainya suatu tujuan pembelajaran.

Dalam pembelajaran matematika diperlukan strategi yang tepat yang dapat melibatkan aktifitas secara optimal, meningkatkan lima ketrampilan proses siswa dan membuat pelajaran matematika menjadi lebih bermakna dan menyenangkan. Salah satu alternatif strategi pembelajaran dalam upaya untuk menumbuhkembangkan kemampuan matematik siswa adalah pendekatan pembelajaran kontekstual melalui strategi REACT ini terdiri dari lima strategi yang harus tampak yaitu : Relating (mengaitkan), Experiencing (mengalami), Applying (menerapkan), Cooperating (bekerjasama), Transfering (mentransfer).

Kata Kunci: pembelajaran, matematika SD, REACT.

Artikel diatas telah dimuat dalam Jurnal Wahana Sekolah Dasar, Tahun 23, Nomor 2, Juli 201

Download Fulltext artikel diatas disini.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 9 dari 147

Statistik

Anggota : 7
Konten : 2304
Web Link : 18
Jumlah Kunjungan Konten : 2409721
Jadwal Layanan Perpustakaan UM

JAM LAYANAN

SENIN - KAMIS
07.30 - 19.00 WIB

 

JUMAT
07.30 - 11.00 WIB
13.00 - 19.00 WIB

 

SABTU

08.00 - 14.00 WIB

 

MINGGU TUTUP

---------------------------------

 

LAYANAN KOLEKSI
TESIS DAN DISERTASI


SENIN - KAMIS

07.30 - 16.00 WIB


JUMAT
07.30 - 11.00 WIB
13.00 - 15.00 WIB


SABTU DAN MINGGU
TUTUP


Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno