• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Kecerdasan Dan Bakat Sebagai Prediktor Prestasi Belajar Siswa Dan Kinerja Profesi - Prof. Dr. Marthen Pali, M.Psi

   Selasa, 10 Mei 2011 09:35
Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Psikologi Pendidikan pada Fakultas Ilmu Pendidikan Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang Tahun 2011



Kesadaran masyarakat terhadap pendidikan merupakan kebutuhan pokok yang pemenuhannya sangat mendesak. Kesadaran tersebut dibuktikan oleh makin meningkatnya jumlah masukan pada tiap jenjang dan jenis pendidikan formal mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Seiring dengan itu, kesadaran orang tua, pemuda dan/atau peserta didik terhadap pentingnya faktor-faktor psikologis dalam hubungannya dengan keberhasilan belajar atau bekerja semakin meningkat. Salah satu indikator yang dapat diamati adalah makin meningkatnya permintaan terhadap pelayanan pengukuran psikologis baik dari masyarakat sekolah maupun masyarakat bukan sekolah pada lembaga-lembaga yang  memberikan pelayanan di bidang ini, seperti fakultas Psikologi, laboratorium Bimbingan dan Konseling, dan biro-biro tes psikologi lainnya.

Banyak prediktor yang patut dipertimbangkan untuk melihat prolehan hasil belajar peserta didik pada tiap jenjang pendidikan dan pekerjaan, di antaranya adalah faktor psikologis seperti kecerdasan dan bakat, sarana dan prasarana belajar, latar belakang keluarga, serta sistem penyelenggaraan pendidikan tiap-tiap jenjang dan jenis pendidikan, termasuk penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik dan kompetensi kelulusan peserta didik yang dikawal oleh pemerintah melalui Ujian Akhir Nasional (UAN).



File download :
icon Kecerdasan dan bakat sebagai prediktor prestasi belajar siswa dan kinerja profesi oleh Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi - 1.pdf (139.25 KB)

icon Kecerdasan dan bakat sebagai prediktor prestasi belajar siswa dan kinerja profesi oleh Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi - 2.pdf (222.76 KB)
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno