• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Pengendalian Keseimbangan Air Tanah Di Kota Dengan Pendekatan Geografi - Prof. Dr. Sugeng Utaya, MSi

   Senin, 09 Mei 2011 09:31

Pidato Pengukuhan Guru Besar Dalam Bidang Geografi Fisik Pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang Tahun 2011



Pendidikan lingkungan khususnya materi tentang sumberdaya air penting diberikan kepada siswa sejak TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. Bahkan, pendidikan lingkungan perlu diberikan melalui pendidikan non-formal bagi masyarakat umum. Hal tersebut agar masyarakat memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya menjaga sumberdaya air demi kelangsungan kehidupan penduduk kota.

Kurikulum pendidikan geografi dari SD hingga PT sudah memuat materi tentang lingkungan hidup, termasuk materi tentang sumberdaya air. Secara keilmuan geografi juga memiliki pendekatan (pendekatan kelingkungan) yang dapat diandalkan untuk mengkaji dan memecahkan berbagai masalah lingkungan. Namun demikian yang masih menjadi pekerjaan rumah bersama (para geograf) adalah bagaimana mengembangkan model pembelajaran yang efektif, sehingga pesan lingkungan dari materi yang diberikan dapat sampai pada benak (head) dan hati (heart)) anak didik, yang selanjutnya dapat mendorong mereka untuk bertindak positif (hand).




Source file download:

icon Pengendalian keseimbangan air tanah di Kota Malang - Sugeng Utaya- 1.pdf (134.36 KB)
icon Pengendalian keseimbangan air tanah di Kota Malang - Sugeng Utaya- 2.pdf (152.55 KB)






 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno