• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd. dalam Bidang Ilmu Linguistik Terapan Universitas Negeri Malang

   Rabu, 30 Desember 2015 21:11
 
Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Linguistik Terapan

MIMPI INDAH UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA

Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd.


tanggal 10 Desember 2015

Akreditasi dan penjaminan mutu merupakan fokus utama Universitas Negeri Malang, seperti halnya pendidikan tinggi lain di Indonesia. Program Studi Pendidikan bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang saat ini telah mendapatkan akreditasi "A" dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia (BAN PT). Oleh karena itu, Program Studi ini bersama Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dengan bantuan HELM USAID, pada tahun 2013 sampai dengan 2014 telah melakukan penelitian untuk memastikan bahwa standar-standar BAN PT ini selaras dengan aspirasi global dan dapat dijalankan dan ditegakkan jelang ASEAN 2015.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyesuaikan berbagai praktik penilaian internal mereka dengan standar-standar mutu yang dikeluarkan oleh standar regional ASEAN internasional, yakni ASEAN University Network for Quality Assurance (AUN-QA). Tim mempelajari rubrik Penjaminan Mutu ASEAN Universty Network yang mencakup enam area pemusatan Penjaminan Mutu: Sistem Penjaminan Mutu, Pengajaran dan Pembelajaran, Penelitian, Layanan-layanan, Etika, dan Sumber Daya Manusia.

Hasilnya, masih banyak yang harus dilakukan oleh Program Studi Pendidikan bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang untuk menggapai akreditasi AUN-QA dengan enam area pemusatan Penjaminan Mutu tersebut. Namun demikian, karena AUN-QA tidak memiliki Sistem Penjaminan Mutu Bidang Bahasa, maka prodi ini melakukan telaah terhadap referensi internasional lain dan merencanakan kerjasama dengan beberapa institusi luar negeri antara lain:

(1) Khortoum International Institute of Arabic Language, Sudan (MoU 2011), Umm Al-Qura University Mekah (draf MoU sudah mendapat persetujuan Kementerian Pendidikan Arab Saudi), King Abdullah bin Abdul Aziz International Center for the Arabic Language (penulis telah bekerjasama dalam penelitian tentang Tokoh dan Peneliti Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia 2014), Qatar University, Texas University of Austin USA, dan The American Council on the Teaching of Foreign Languages (ACTFL).

Sebagai pendahuluan, dalam tulisan ini disajikan dua referensi keterampilan berbahasa, yaitu: Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan The American Council on the Teaching of Foreign Languages (ACTFL) Proficiency Guidelines 2012 - Arabic Annotations & Samples serta contoh kongkrit pemanfaatan CEFR dalam Arabic Language Curriculum and Courses Franklin and Marshall CollegeUSA. Pada bagian akhir disajikan rencana strategis Program Studi PendidikanBahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dan saran untuk institusi.

Simak lengkap pidato diatas disini http://bit.ly/1Ox3INy

 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno