• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. dalam Bidang Ilmu Psikologi Universitas Negeri Malang

   Selasa, 19 Januari 2016 02:00

 


 

Pada masa posmodernisme ini perkembangan akhir tentang definisi psikologi sudah mengarah pada suatu definisi psikologi yang cukup komprehensif. Definisi psikologi pada masa kita ini adalah: Psikologi adalah ilmu yang melakukan deskripsi, eksplanasi, kontrol, peramalan, pemecahan masalah, dan pemberdayaan terhadap fenomena perilaku dan proses mental.

Berdasar definisi seperti itu maka secara kritis diperoleh makna bahwa: Pertama, apabila dilihat berdasar objek keilmuan maka psikologi adalah ilmu yang mempelajari fenomena perilaku yang nampak (overt) sekaligus psikologi adalah ilmu yang mempelajari fenomena perilaku yang dan tidak nampak (covert). Ini berarti psikologi melakukan kajian tentang fenomena perilaku, jiwa, dan spiritualitas.


Kedua, apabila dilihat berdasar tujuan keilmuan, definisi psikologi seperti itu menunjukkan bahwa psikologi yang tidak hanya sekedar menjadi ilmu yang bersifat deskriptif (tujuan deskripsi dan eksplanasi) tapi lebih jauh lagi mengarah pada fungsi kontrol, peramalan, pemecahan masalah, dan bahkan pemberdayaan. Arah lebih maju tersebut itu secara implisit dan eksplisit mengandung di dalamnya unsur penting pemecahan masalah untuk masalah-masalah dalam kehidupan manusia.

Definisi keilmuan psikologi semacam ini yang mengarah pada tujuan pemecahan masalah adalah sesuai dengan pandangan filsuf pendidikan aliran Progresivisme dan ahli psikologi aliran Fungsionalisme Amerika Serikat, John Dewey, yang menyatakan bahwa produk keilmuan yang dianggap baik, seperti teori, adalah yang mampu diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah yang dialami oleh manusia. Masalah-masalah yang dialami oleh manusia tersebut terutama yang berhubungan dengan ruang lingkup utama ilmu psikologi, yaitu masalah-masalah yang berhubungan dengan fenomena perilaku atau proses mental manusia.

Download pidato tersebut disiniĀ 

 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno