• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Analisis Penerapan Siklus Akuntansi Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada Usaha Kecil Dan Menengah

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Lulu Nurul Istanti , S.E., M.M., Ak.   
RINGKASAN    
Keberhasilan UKM bertahan dalam krisis tidak menjadikan UKM serta mena mampu berkembang dengan baik. UKM masih menghadapi banyak permasalahan dalam menjalankan usahanya. Masalah yang sering dihadapi para pelaku UKM antara Iain pemasaran produk, teknologi, kualitas sumber daya manusia sampai pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan melalui penerapan kaidah-kaidah akuntansi yang baik dan benar terkadang diabaikan para pelaku UKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para pelaku UKM menerapkan pengelolaan keuangan melalui siklus aklmtansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk menilai ldnenja dan kesehatan UKM.

Penelitian ini menggunakan metodc survei yang dilakukan di Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kola Malang, dengan responden sebanyak 17 UKM dengan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat analisisnya.

Hasil penelitian adalah pengelolaan keuangan UKM-UKM yang ada di desa Karangbesuki Kecamatan Sukun Kotamadya Malang masih jauh dari kaidah dan siklus akuntansi yang benar. Hanya melakukan pembukuan scderhana yang mencatal transaksi bertambah dan berkurangnya kas pemsahaan karena penerapan sildus akuntansi dianggap sulit dan rumit untuk diterapkan dalam pengelolaan keuangan UKM.

Saran yang dapat diberikan adalah (1) dalam upaya mempermudah para pelaku UKM untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan usaha yang dijalankannya, scbaiknya pan pelaku UKM lebih memperhatikan sistem pengelolaan keuangan yang telah ada dengan memasukkan penerapan sildus akuntansi sebagai salah satu alat untuk mengukur kinexja dan keschatan usahanya. (2) diharapkan, para pelaku UKM dapal Iebih terbuka dan mengupayakan adanya kerja sama dengan pihak terkait dalam hal ini agar dapat membantu pemilik UKM menjalankan usahanya melalui upaya pengelolaan keuangan dengan menerapkan standar akuntansi (3) Pemerintah terkail, LSM, atau pihak lain diharapkan mampu secara konkrel memberikan bantuan terhadap para pelaku UKM dalam menghadapi permasalahan pengelolaan keuangan, baik melalui pelatihan- pelatihan akuntansi (4) Terkait dengan keterbatasan penelitian ini maka unluk peneliti selanjutnya diharapkan lebih menggali faktor-faktor yang menyebabkan tidak diterapkannya siklus akuntansi di desa Karangbesuki. Misalnya dengan menelili faktor latar belakang pendidikan, lamanya usaha dan jenis usaha. Dan dilakukan penelitian lebih lanjut tentang pengembangan pengelolaan keuangan sederhana yang mampu dipahami dan diterapkan oleh UKM.
 
Download lengkap disini
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno