• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Analisis Perbedaan Tingkat Kesehatan Bank Konvensional dan Bank Syariah Periode Sebelum dan Setelah Krisis Ekonomi Global

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Lulu Nurul Istanti , S.E., M.M., Ak.   
ABSTRAK
Kondisi perbankan Indonesia sebelum krisis ekonomi global menunjukkan tingkat kesehatan yang sehat, pro?tabilitas dan e?siensi perbankan Indonesia sangat baik serta jumlah DPK. berada di atas kredit yang diberikan. Namun saat krisis ekonomi global bank konvensional mengalami kesulitan sehingga meminta bantuan likuditas kepada Bank Indonesia. Keadaan sebaliknya terjadi pada bank syariah Indonesia. Untuk mengetahui perbedaan tingkat kesehatan bank konvensional dan bank syariah periode sebelum dan setelah krisis ekonomi global digunakan analisis CAMELS. Penelitian ini benujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kesehatan bank konvensional dan bank syariah periode sebelum dan setelah lqisis ekonorni global.
Populasi dalam penelitian ini adalah bank konvensional dan bank syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bank Indonesia sebanyak 29 bank konvensional dan 5 bank syariah. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan dihasilkan 23 bank konvensional dan 3 bank syariah yang rnemenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah uji beda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signi?kan pada tingkat kesehatan bank konvensional periode sebelum dan setelah krisis ekonorni global. Pada bank syariah juga tidak terdapat perbedaan yang signi?kan pada tingkat kesehatan bank periode sebelum dan setelah krisis ekonomi global.
Kata Kunci: Tingkat Kesehatan Bank, Bank Konvensional, Bank Syariah, CAMELS, Krisis Ekonomi Global.

makalah disajikan dan dimuat di Prosiding International Conference On Islamic Economics and Business Strengthening Islamic Economics in Facing AEC di UIN Maliki Malang tanggal 2 s.d. 3 November 2015, ISSN: 2476-9851, halaman 1-24 | Download disini

 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno