• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

BERMAIN SAMBIL BELAJAR DI KOLAM AIR TAMAN KOTA MALANG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN LINGKUNGAN AIR SALAH SATU MODEL SEKOLAH HIJAU

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Dr. Hj. Dahlia, M.S.   
Penyempurnakan kurikulum tahun 1994 dengan kurikulum baru 1997 baik tingkat SD, SLTP, SMUK yang berlaku sekarang ini bertujuan untuk menyongsong era globalisasi penyempurnaan ini dilakukan karena tuntutan mutu pendidikan semakin tinggi, yakni harus menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang melek IPTEK, sebagaimana diketahui bahwa era globalisasi pada dasarnya merupakan era kompetisi dibidang IPTEK, melek IPTEKk menjadi tuntutan kebutuhan hidup. Melek IPTEKk bukan sekedar menggunakan IPTEK, tapi harus menciptakan IPTEK.
Apakah hasil penyempurnaan kurikulum mampu dan sesuai harapan  (SDM melek Iptek ) hal ini belum dapat dipastikan kecuali penyempurnaannya didasarkan atas kajian hasil penelitian yang cermat dan teliti, sebab kalau perubahan hanya didasarkan  pada gejala makro, tidak ubahnya seperti yang dilakukan pada perubahan kurikulum yang berlaku sekarang ini.
Perubahan kurikulum sekarang ini, dilakukan dengan menambah kurikulum tanpa alasan yang nendasar, jka demikian hasil perubahannya atau penyempurna annya tidak akan membawa perbaikan.
Fenomena pendidikan sebenarnya bersifat mikro, sesuai hasil penelitian saat ini justru banyak memiliki dampak makro yang sangat fungsional untuk pembaharuan atau sebagai dasar reformasi pendidikan, karena itu peningkatan kecermatan kita pada masalah mikro dalam sistem pendidikan nasional kita perlu diperbesar.

Download Fulltext disini
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno