• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Induksi Pembungaan Berbagai Anggrek Paphiopedilum dengan Perlakuan Intensitas Cahaya dan Pemberian Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Dr. Hj. Dahlia, M.S.   
Induksi Pembungaan Berbagai Anggrek Paphiopedilum dengan Perlakuan Intensitas Cahaya dan Pemberian Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)
Anggrek merupakan salah satu tanaman bunga yang banyak penggemarnya, beragam baik warna, bentuk, ukuran dan motifnya. Anggrek termasuk family Orchidaceae Anggrek merupakan tanaman hias yang bernilai estetika tinggi dan memiliki arti penting dalam perdagangan bunga. 
Industri anggrek Indonesia masih tertinggal dengan negara lain seperti Thailand, Taiwan, Singapura, dan Australia. Penyebabnya adalah kurangnya ketersediaan bunga pot dan bunga potong unggul kultivar di pasar, harga bunga  yang relatif mahal, serta kurangnya informasi pasar dan permodalan (Goh, C.J., M.S. Strauss and J. Arditti. 1982). Empat anggrek unggulan nasional yaitu Dendrobium, Paphiopedilum, dan Catleya. Vanda. Phaleonopsis, disebut juga anggrek bulan, Induksi  anggrek bulan perlu dilakukan melalui tahapan kultur jaringan, aklimatisasi  dengan sistem kompot, pembesaran tanaman, dan pembungaan.karena  Anggrek mempunyai kecepatan tumbuh lambat. Hal ini yang menjadi tujuan pemeliharaan untuk memproduksi bunga. Pertumbuhan anggrek, baik vegetatif (pertumbuhan tunas, batang, daun, dan akar) serta pertumbuhan generatif (pertumbuhan primordial bunga, buah, dan biji) tidak hanya ditentukan oleh faktor genetic, tetapi juga oleh faktor iklim dan faktor pemeliharaan. (Widiastoety, 2007)
 
Download Fulltext disini 
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno