• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

KAJIAN TEMA DAN MAKNA SIMBOLIS GAMBAR ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DI JAWA TIMUR

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Usep Kustiawan   

ABSTRAK


Karya gambar anak-anak adalah sebagai image atau citra dari apa yang dirasakan, dilihat dan diketahuinya. Gambar bagi anak-anak adalah wujud pencitraan kehidupan dunianya selaras dengan masa perkembangan (multiple intelligences) anak-anak yang bersifat unik, ekspresif, spontanitas dan individual. Setiap hasil karya gambar anak-anak  ada unsur visual dengan tema-tema keunikan dan makna simbolik yang menarik untuk dipahami sebagai bahasa rupa yang bersifat universal.        Penelitian kajian tema dan makna simbolik gambar anak-anak Sekolah Dasar (SD) ini dimaksudkan secara umum untuk mendiskripsikan keberagaman tema dan makna simbolik gambar anak-anak usia SD yang ada di Jawa Timur. Tujuan khusus tahun pertama untuk mendeskripsikan: (1) keragaman tema dan judul gambar anak, (2) visualisasi elemen rupa gambar anak-anak, (3) media rupa dan teknik seni yang digunakannya.
Penelitian tahap I (Tahun Pertama) menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Melalui studi dokumentasi gambar anak, Subyek penelitian adalah dokumen karya gambar anak-anak SD di Jawa Timur dalam kurun waktu tahun 2012-2013. Subyek penelitian diperoleh dengan cara mengumpulkan dokumentasi karya gambar anak SD dari sampel wilayah: (a) SD di kota besar Surabaya dan Malang, (b) SD di kota sedang yaitu kota Blitar, kabupaten Malang, dan Jombang, (c) SD di kota kecil yaitu kabupaten Bangkalan, Trenggalek dan Lumajang. Data dan informasi dianalisis dengan menggunakan pendekatan content analysis deskriftip kualitatif dan analisis kajian kesenirupaan.
Hasil penelitian: (1) Keragaman tema dan judul gambar anak berkaitan dengan penggambaran suatu ide/gagasan ke dalam bentuk gambar sesuai gaya kreatifitas setiap anak. Keragaman tema gambar anak-anak SD di Jawa Timur yaitu: tema Diriku, Bermain, Hewan/Binatang, Kegiaatan/Hobby, Pemandangan, Tempat atau Obyek Publik, Kesenian, Seni Pertunjukkan, Suasana Tempat/Lingkungan, Peristiwa, Keagamaan, Olahraga, Imajinatif, dan Poster. Dari beragam tema tersebut obyek yang ditampilkan pada setiap gambar ada yang sama, dan ada yang berbeda. Obyek orang, binatang, tumbuhan, obyek imajinatif dengan begitu banyak karakteristik gaya atau cara menggambarkannya. (2) Kompoisisi elemen visual (unsur rupa) yang mendoninasi karya gambar anak SD adalah unsur garis, warna, bentuk/bangun, bidang, dan tekstur, sedangkan unsur ruang dan cahaya kurang  atau  tidak  selalu tampak pada setiap karya gambar anak-anak. Ada sebagian karya gambar yang lebih dominan pada salah saru unsur garis, bentuk, warna; ada ada juga yang terpadu menampilkan beberapa elemen visual. (3) Keragaman media rupa (peralatan) pada gambar yaitu pensil, pensil warna, crayon, spidol, cat air, dan bollpoint. Peralatan yang paling banyak dipilih adalah cat crayon dipadukan dengan spidol kecil dan pensil warna.
Disarankan sebagai berikut: (1) perlu dilakukan penelitian lanjutan kajian makna simbolis karya gambar anak Sekolah Dasar di Jawa Timur, yang dadasarkan pada hasil pendeskripsian keragaman tema, judul, obyek gambar; keragaman elemen visual gambar anak; serta keragaman media dan teknik seni yang digunakan dalam menggambar. (2) Penelitian mengenai perspektif  keindahan karya seni gambar/ lukisan menurut sikap apresiatif anak usia SD. (3) Perlu penulisan buku teks sebagai bahan referensi perkuliahan Pendidikan Senirupa di PGSD dengan judul “Makna Simbolis Gambar Anak-anak Sekolah Dasar”.
 

 

 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno