• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran Matakuliah Statistika Keolahragaan

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Febrita Paulina Heynoek, S.Pd, M.Pd   
ABSTRAK
Siti Nurrochmah, dkk. Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran Matakuliah Statistika Keolahragaan melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengoptimalkan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Prodi PJK-FIK angkatan 2012 Off. D

Kata kunci: Belajar, proses dan hasil, model pembelajaran, pendidikan karakter

Pendidikan sebagai prioritas untuk melakukan percepatan belajar dalam angka mencerdaskan anak bangsa. Unsur kunci dalam peningkatan pembelajaran anak-anak bangsa di sekolah adalah keberadaan kualitas kompentensi masing-masing pendidik. Fungsi pendidikan nasional untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dan berkarakter dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa semakin jauh dari harapan. Pendidikan berkarakter, memiliki landasan yang kuat, berdasarkan pada tatanan dinamika arah dan tujuan pendidikan  yang relevan dengan sistem yang dibangun dalam kehidupan bermasyarakat. Kenyataan saat ini karakter anak bangsa utamanya pada peserta didik kurang dimiliki secara optimal,  sehingga berdampak pada laju transformasi pendidikan, seperti peserta didik yang pasif, tidak jujur, dan tidak kreatif.  
Penggunaan model pembelajaran yang konvensional dalam pembelajaran berpengaruh pada gaya belajar peserta didik dan efek yang tampak adalah peserta didik kurang bersemangat dan kemandirian dalam belajar tidak tampak. Olehkarena itu dibutuhkan inovasi model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik matapelajaran yang diberikan. Model pembelajaran berbasis masalah bercirikan kepada keterlibatan peserta didik secara aktif, sehingga untuk membangkitkan motivasi belajar dalam pembelajaran matakuliah statistika, penggunaan model pembelajaran berbasis masalah tepat digunakan. 

Telah dilakukan pengkajian tentang model pembelajaran matakuliah statistika keolahragaan melalui penelitian tindakan kelas tentang “Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Statistika Keolahragaan melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mengoptimalkan Pendidikan Bermuatan Karakter bagi Mahasiswa Jurusan PJK – FIK UM Angkatan 2012”. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian tindakan kelas ini adalah mengimplementasikan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran statistika keolahragaan, sehingga pendidikan bermuatan karakter dapat dioptimalkan pada Mahasiswa Jurusan PJK – FIK UM angkatan 2012 off. D. Penelitian ini bermanfaat  meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran statistika keolahragaan melalui implementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk mengoptimalkan pendidikan bermuatan karakter pada Mahasiswa Jurusan PJK – FIK UM angkatan 2012 off. D. 
Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dilakukan dengan 3 siklus, tiap siklus 3 kali pertemuan yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Peneliti berkolaborasi dengan pendidik pengampu matakuliah statistika.Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang berpedoman pada empat komponen pokok sebagai langkah-langkah penelitian, yaitu: (a) perencanaan atau planning, (b) tindakan atau acting, (c) pengamatan atau observing, dan (d) refleksi atau reflecting”. Kancah penelitian dilaksanakan di kampus Fakultas Ilmu Keolahragaan mulai bulan Oktober minggu II- November IV 2013. Subjek penelitian adalah pendidik pengampu matakuliah statistika dan peserta didik, Prodi PJK angkatan 2012 off.D berjumlah 45 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara dan catatan lapangan.
Hasil penelitian tiap siklus diperoleh akhir siklus Ipenilaian proses pem-belajaran mencakup penilaian RPP rata-rata = 87,65%, penilaian pelaksanaan pembelajaran rata-rata = 80,77%, hasil pembelajaran ditemukan rata-rata 67,02%, dan jenis karakter yang ditampilkan rata-rata 52% (sebelum pembelajaran hasil pembelajaran, 46,2%, jenis karakter yang ditampilkan = 33%), akhir siklus IIpenilaian RPP rata-rata = 93%, penilaian pelaksanaan pembelajaran rata-rata = 93,0%, hasil pembelajaran ditemukan rata-rata 83,9%, dan jenis karakter yang ditampilkan ditemukan rata-rata 81%, akhir siklus III penilaian RPP rata-rata = 95%, penilaian pelaksanaan pembelajaran rata-rata = 95%, hasil pembelajaran ditemukan rata-rata 99,6%, dan jenis karakter yang ditampilkan ditemukan rata-rata 99,6% (9 jenis karakter dari 10 jenis karakter yang diharapkan). 
Kesimpulan hasil penelitian tindakan kelas ini adalah implementasi model pembelajaran berbasis masalah, meningkatkan proses dan hasil pembelajaran matakuliah statistika keolahragaan untuk mengoptimal pendidikan karakter bagi pada mahasiswa Prodi PJK – FIK UM angkatan 2012 off. D.   

Download Fulltext disini
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno