• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SLB SE-KOTA MALANG

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Drs. Usep Kustiawan, M.Sn   

Di kota Malang terdapat 3 PTN,  puluhan PTS; puluhan SMU/MA dan SMK; puluhan SMP/MTs; ratusan SLB/MI; ratusan PG dan TK/RA serta Lembaga Paud Sejenis. Lembaga pendidikan yang ada di kota Malang selain menyelenggarakan pendidikan bagi peserta didik yang normal, juga menyelenggarakan pendidikan bagi pesereta didik yang berkebutuhan khusus berupa Sekolah Luar Biasa {SLB} mulai tingkatan TKLB, SLBLB, SMPLB, SMALB. 

Tingkat Pendidikan Guru SLB di Kota Malang bervariasi, ada sebagian yang masih lulusan sekolah umum yang tidak pernah mendapat ilmu kependidikan SLB secara khusus,  ada juga yang  lulusan PGSLB, bahkan ada lulusan S1 di luar pendidikan keguruan, dan hanya sedikit yang lulusan S1 Pendidikan Luar Biasa. Guru SLB sebagai tenaga pendidik profesional  diharapkan dapat membekali diri dengan wawasan dan keterampilan pengembangan desain dan pembuatan media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kwalitas pembelajaran dalam melaksanakan tugasnya.

Dari hasil wawancara singkat dengan beberapa guru dan kepala SLB di  Kota Malang menunjukkan bahwa para guru SLB pada umumnya mengalami kesulitan dalam meningkatkan kwalitas dan  efektivitas pembelajaran di SLB. Masalah ini disebabkan karena para guru belum memiliki wawasan  dan keterampilan  untuk membuat media pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu  satgas  memberikan pelatihan bagi guru-guru SLB Kota Malang tentang pembuatan media pembelajaran ABK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tempat tugasnya.

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah : (1) Ceramah dan Tanya jawab materi pengembangan model model pembelajaran PAIKEM di SLB ; (2) Workshop pengembangan desain dan pembuatan  media pembelajaran SLB; (3) Demonstrasi tahapan teknik pembuatan media pembelajaran SLB; (4) tugas latihan berkelompok membuat satu unit media pembelajaran untuk SLB; (5)    Simulasi pemanfaatan media dalam pembelajaran yang sesungguhnya di SLB; (6) Diskusi untuk melakukan evaluasi dan mendapat balikan baik tentang proses maupun hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Hasil yang didapat dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yaitu : (1) Hasil Non-Fisik; selama proses pelatihan peserta selain serius dan antusian mengikuti kegiatan pelatihan, juga peserta selalu hadir 100% dan aktif bertanya serta mengerjakan latihan yang diberikan instruktur. 90% (dari 45 peserta) telah memahami pengetahuan dan keterampilan tentang teknik pengembangan desain dan pembuatan media pembelajaran ABK; (2) Hasil Fisik peserta terampil: (a) membuat rancangan berupa desain roduksi media pembelajaran ABK, (b) membuat jenis-jenis media pembelajaran.

Kesimpulan umum. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat penerapan IPTEKS yang  berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran ABK  untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru-guru SLB se-Kota Malang telah berhasil dengan baik; Kesimpulan khusus. Keberhasilan kegiatan ini peserta pelatihan telah dapat : (a) menjelaskan konsep PAIKEM, (b)  mengembangkan desain  media pembelajaran ABK (c)  membuat media pembelajaran ABK dengan berbagai teknik, (d) memanfaatkan media pembelajatan yang dibuatnya di SLB.  Saran : (1) Bagi guru-guru SLB  Kota Malang yang telah mengikuti pelatihan diharapkan dapat menyebarluaskan kemampuan yang telah dimiliki kepada guru-guru lain di sekitar tempat tugasnya; (2) Bagi LP2M sebaiknya memberikan tugas pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat disaat libur perkuliahan dan libur sekolah agar tidak mengganggu tugas mengajar guru sehingga hasilnya lebih optimal         
 

Download ringkasan laporan pengabdian diatas.

 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno