• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

PELATIHAN PENGEMBANGAN DESAIN DAN PEMBUATAN MODEL MODEL BONEKA UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI BAGI GURU GURU TK SE KOTA BATU

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Drs. Usep Kustiawan, M.Sn   

PELATIHAN PENGEMBANGAN DESAIN DAN PEMBUATAN MODEL MODEL BONEKA UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI
BAGI GURU-GURU TK SE-KOTA BATU
Muhana G;Usep K. ; Pramono ; Wuri A.


Kota Batu  terdiri dari 3 kecamatan, selain sebagai kota agraris, kota wisata, juga berkembang menjadi kota pendidikan. Dari 3 kecamatan terdapat 3 UPTD wilayah pendidikan, memiliki 75 TK dengan jumlah peserta didik sekitar 4000 anak yang dibina oleh 235 guru. Tingkat pendidikan guru sangat bervariasi mulai lulusan SLTA, D II, S I Kependidikan dan Nonkependidikan.
Taman kanak-kanak sebagai lembaga PAUD Formal secara umum berfungsi untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki peserta didiknya,salah satu potensi yang perlu dikembangkan sejak dini adalah tentang wawasan dan rasa seni anak. Kesenian merupakan salah satu potensi dasar anak yang merupakan bagian dari kecerdasan jamak, sehingga mengembangkan potensi seni anak sama dengan mengembangkan kecerdasannya.
Dari hasil wawancara singkat dengan guru-guru TK dan pengurus IGTKI Kota Batu menunjukan bahwa guru-guru TK mengalami kesulitan dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di TK masing-masing. Keadaan ini disebabkan kurangnya sarana prasarana yang dapat menunjang keaktifan dan kesenangan anak dalam belajar. Di sisi lain guru-guru belum memili wawasan dan keterampilan dalam menciptakan alat permainan dan media pembelajaran yang inovatif yang dapat memungkinkan anak aktif,kreatif, dan menyenangkan dalam belajarnya. Oleh karena itu pelatihan pengembangan desain dan pembuatan model model boneka ini diberikan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran pengembangan kemampuan berbahasa anak dalam rangka meningkatkan efektifitas dan kwalitas pembelajaran di TK tempat tugasnya..
Berdasarkan analisis pelaksanaan dan hasil kegiatan dapat disimpulkan : (1) Kegiatan Pengabdian berupa diklat ini dapat berjalan dengan baik selama 4 kali pertemuan peserta 40 guru hadir 100% dan aktif mengikuti kegiatan; (2) Peserta selain mendapatkan pengetahuan materi pengembangan kemampuan berbahasa anak juga memiliki keterampilan mengembangkan desain dan membuat modl-model boneka; (3) Hasil kegiatan pelatihan sebanyak 6 kelompok  peserta mampu membuat seperangkat model boneka yang bervariasi sehingga dapat digunakan oleh peserta di TK-nya masing-masing untuk media pembelajaran pengembangan kemampuan berbahasa anak.
 

Download laporan pengabdian diatas.

 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno