• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

PELATIHAN PRODUKSI KERTAS DAUR ULANG UNTUK KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PG PAUD HMJ KSDP FIP UNIVERSITAS NEGERI MALANG

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Drs. Usep Kustiawan , M.Sn   
Abstrak

Program kegiatan HMJ KSDP yang dilakukan masih terbatas pada kegiatan olahraga, kerohaniann, dan akademik sehingga banyak anggota yang tidak tertarik berperan serta dalam kegiatan organisasi HMJ KSDP karena tidak memiliki kegiatan yang bersifat produktif yang memberikan keterampilan praktis yang diharapkan anggotanya. Menurut beberapa anggota HMJ KSDP  yang aktif diperoleh jawaban bahwa tidak dapat berjalannya kegiatan yang bersifat produktif disebabkan karena tidak ada tenaga pembina yang dapat memberikan ketrampilan praktis untuk kegiatan anggotanya. Sebagai solusinya diberi pelatihan keterampilan praktis membuat kertas daur ulang dari bahan  limbah kertas bekas.

Tujuan dari kegiatan ini agar peserta pelatihan mahasiswa PG PAUD  memiliki pengetahuan dan keterampilan praktis membuat kertas daur ulang dari bahan campuran limbah alam dan lingkungan untuk digunakan untuk bahan baku pembuatan benda cinderamata sebagai kegiatan kewirausahaan pengurus dan anggota HMJ KSDP FIP UM.

Metode yang akan digunakan dalam pelatihan adalah sebagai berikut: (1) Ceramah, dan Tanya jawab pengenalan bahan dan alat; (1) Demontrasi cara pengolahan bahan dan penggunaan alat; (3) Diskusi dan Praktik produksi kertas daur ulang.

Hasil yang didapatkan dari pelaksanaan  pengabdian kepada masyarakat yang sasarannya mahasiswa PG PAUD anggota dan pengurus HMJ KSDP FIP UM yaitu: (1) Hasil Non-Fisik yaitu 90% (dari 32  peserta) telah memahami pengetahuan dan keterampilan tentang proses pembuatan kertas daur ulang. Setelah diberi pelatihan terjadi perubahan pandangan ke arah positif terhadap pentingnya mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam berorganisasi di HMJ KSDP;(2) Hasil fisik yaitu: produk berupa kertas daur ulang dengan beragam spesifikasi ukuran, ketebalan, warna,dan tekstur; Prototipe benda-benda cinderamata dari bahan kertas daur ulang baru berupa tempat Tissue; Terwujudnya perlatan produksi untuk kegiatan kewirausahaan mahasiswa PG PAUD.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dianggap berhasil karena pada akhir kegiatan semua peserta pelatihan memiliki pengetahuan dan keterampilan praktis membuat kertas daur ulang dari bahan campuran limbah alam dan lingkungan untuk digunakan untuk bahan baku pembuatan benda cinderamata sebagai kegiatan kewirausahaan mahasiswa PG PAUD pengurus dan anggota HMJ KSDP FIP UM. Berdasarkan kesimpulan di atas dapat disampaikan saran - saran sebagai berikut : (1) Bagi mahasiswa PG PAUD anggota dan pengurus HM J KSDP FIP UM yang telah mengikuti pelatihan diharapkan dapat menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki kepada mahasiswa lain; (2) Kegiatan pengabdian berupa pelatihan bagi mahasiswa sebaiknya dilaksanakan ketika libur semester supaya tidak mengganggu perkuliahan mahasiswa
Kata Kunci: kertas daur ulang, kewirausahaan, HMJ KSDP

Download Fulltext disini
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno