• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

PEMBELAJARAN KINEMATIKA BERBASIS DIAGRAM GERAK: CARA BARU DALAM PENGAJARAN KINEMATIKA

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 1
KurangTerbaik 
Oleh Sutopo   

Sutopo
Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang
Email: Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya , Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya


Untuk memahami dengan baik ide-ide mekanika, siswa (mahasiswa) perlu menguasai konsep posisi, kecepatan, dan percepatan. Namun, banyak penelitian yang me¬ngungkapkan sulitnya mahasiswa memahami konsep-konsep tersebut, terutama terkait dengan sifat vektornya. Tampaknya, hal itu berpangkal dari kesulitan menerapkan definisi operasional kecepatan dan percepatan pada persoalan non kalkulus.
Makalah ini mengusulkan alternatif cara untuk mengoperasionalkan definisi tersebut. Definisi kecepatan v=lim?(?t?0)???r/?t? dioperasionalkan menjadi “kecepatan rata-rata v ? dalam suatu interval waktu yang pendek (tetapi cukup terbedakan) sama dengan kecepatan sesaat v di pertengahan waktu”. Demikian pula dengan definisi operasional percepatan a=lim?(?t?0)???v/?t?. Setelah diuji kesahehahnya, model tersebut kemudian dicoba untuk menganalisis diagram gerak (multi-flash) sampai dapat dijelaskan bagaimana posisi, kece¬pat¬an, dan percepatan benda berubah terhadap waktu dengan menggunakan berbagai ragam representasi (verbal, diagram, grafik, dan persamaan matematis).


Metode tersebut telah dicobakan pada matakuliah Kapita Selekta Fisika Sekolah di prodi Pendidikan Fisika, FMIPA UM, semester Gasal 2011/2012. Hasilnya, mahasiswa dapat menemukan sendiri karakteristik beberapa jenis gerak, misalnya gerak lurus dengan percepatan konstan, gerak harmonis sederhana, gerak parabola, dan gerak melingkar; serta dapat memahami konsep percepatan dengan lebih baik.


Kata-kata kunci: kinematika, diagram gerak, non kalkulus, multi-representas.

Artikel tersebut telah dipublikasikan dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA,  Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 2 Juni 201. Download fullteks disini.


 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno