• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Pengaruh Efektivitas Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah I

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si, Ak.   

 

Pengaruh Efektivitas Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah I

 

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberlakuan teori-teori tentang efektivitas belajar yang dikemukakan oleh Siameto (20 I0), Marzano (1993), Brooks and Brooks (1993), dan Thomas dan Rohwer dalam slavin (1991), yang menyatakan bahwa efektivitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini juga bertujuan mengkonfirmasi teori tentang self-efficacy yang dikemukakan oleh Bandura (1997) dan Walsh dalam Salkind (2008) bahwa self-efficacy berpengaruh terhadap hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitiam inl adalah manasiswa Jurusan Akuntansi FE UM yang sedang menempuh matakuliah AKM 1 pada semester gasal 2015/2016 dengan 155 sampel penelitian.
Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas belajar dan self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar AKM 1. Temuan lain juga menunjukkan bahwa efektivitas belajar dan self-efficacy mahasiswa juga memiliki hubungan dengan latar belakang jurusan pada tingkat pendidikan sebelumnya.
Saran yang dapat diajukan dari basil penelitian ini adalah (1) Bagi dosen di lingkungan jurusan Akuntansi FE UM untuk dapat memahami dan merancang pembelajaran yang mampu menumbuhkan cara belajar yang efektif serta menumbuhkan self-efficacy dalam diri mahasiswa; (2) Bagi mahasiswa jurusan Akuntansi FE UM untuk terus memperbaiki cara belajar serta menumbuhkan tingkat kepercayaan diri sendiri; dan (3) Bagi peneliti selanjutnya selanjutnya direkomendasikan menggunakan variabel lain yang belum diteliti seperti gaya belajar, intelegensi, dan minat karir, serta menggunakan pendekatan kualitatif untuk dapat menggali fenomena lebih dalam dan detail terkait dengan peningkatan hasil belajar akuntansi.
Kata kunci: Efektivitas Belajar, Self-Efficacy, Hasil Belajar AKM 1

Makalah dimuat dalam Laporan Akhir Penelitian Fakultas, Dibiayai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang Tahun 2015

Fulltext download disini

 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno