• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP RETURN HARGA SAHAM

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh THOMAS SOSECO, GRISVIA AGUSTIN   
ABSTRAK


Penelitian ini menganalisis pengaruh variabel-variabel makroekonomi terhadap return harga saham di Indonesia pada periode 2007-2011. Pada kuartal pertama 2007 hingga kuartal keempat 2008 return harga saham di Indonesia menunjukkan trend penurunan, sebagai imbas dari krisis global pada masa itu. Hingga pada akhirnya pada kuartal keempat 2008 return harga saham mencapai titik nadirnya. Sepanjang tahun 2009, terjadi peningkatan return harga saham, namun hal ini tidak diikuti oleh tahun -tahun berikutnya yang justru mengalami gejala penurunan return saham.

Studi ini memberi hasil bahwa perkembangan pertumbuhan ekonomi membawa dampak positif dan signifikan terhadap return harga saham. Sementara tingkat inflasi, kurs Rupiah terhadap Dolar Amerika dan SBI membawa dampak negatif dan tidak signifikan terhadap return harga saham. Penelitian ini juga membawa temuan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi pada variabel dependen adalah cukup rendah.

Penelitian ini merekomendasikan bahwa kebijakan pemerintah seharusnya difokuskan kepada kebijakan yang berkaitan dengan variabel pertumbuhan ekonomi, yang secara signifikan mempengaruhi return harga saham. Sementara bagi peneliti lain, diperlukan upaya untuk mencari variabel -variabel independen lain yang dapat mempengaruhi perkembangan return harga saham di Indonesia.

Kata kunci: return hargasaham, pertumbuhanekonomi, kurs, SBI

Makalah di atas dimuat dalam Laporan Penelitian Kelompok, Dibiayai oleh Fakultas Ekonomi UM
 
Download fullteks disini.
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno