• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Pengembangan Model Penjabaran Perencanaan Strategik Lembaga Sekolah Berbasis Balanced Scorecard

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si, Ak.   
Pengembangan Model Penjabaran Perencanaan Strategik Lembaga Sekolah Berbasis Balanced Scorecard

Ringkasan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah model perencanaan strategik lembaga sekolah yang komprehensif dan slstematis berbasis pendekatan Balanced Scorecard. Tujuan dan penelitian ini didasarkan kepada kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa program pemerintah untuk menerapkan konsep manajemen berbasis sekolah sebagai upaya perwujudan dari amanat otonomi bidang pendidikan (UU No. 34/ 2004) mengalami kedala pada level lembaga sekolah. Survey pendahuluan menunjukkan tentang adanya keterbatasan kemampuan perangkat manajemen lembaga sekolah di bawah kepemimpinan kepala sekolah dalam merancang sendiri perencanaan strategik komprehensif lembaga yang representatif dan feasible.
Penelitian ini dilakukan melalui dua tahun. Tahun pertama mencakup kegiatan penelitian lapangan dan kajian literatur dengan tujuan untuk mengkonstruksi model awal. Dari penelitian tahun pertama telah dihasilkan sebuah prototipe model yang dituangkan dalam bentuk buku panduan tentang pengembangan dan penjabaran rencana strategik lembaga sekolah berbasis Balanced Scorecard (BSC). Dengan pendekatan BSC rencana strategik lembaga sekolah dijabarkan berdasarkan empat perspektif kinerja lembaga secara berkeseimbangan. Keempat perspektif tersebut mencakup perspektif stakeholder, perspektif proses internal, perspektif belajar dan pertumbuhan, dan perspektif keuangan. Penggunaan pendekatan balanced scorecard ini dimaksudkan untuk menjamin agar pencapaian visi dan misi lembaga bisa dilakukan secara konkrit, terukur, gradual, realistis, dan komprehensif sehingga pencapaiannya akan bersifat langgeng (sustainable).
Penelitian tahun kedua mencakup kegiatan uji coba model, revisi model, dan diseminasi model akhir. Uji coba dilakukan dengan desain eksperimen di lembaga sekolah untuk menguji relevansi, keterpahaman, dan efektifitas model dan sekaligus untuk keperluan revisi model menjadi model final. Dari penelitian tahun kedua ini telah dihasilkan model final dalam bentuk buku panduan penjabaran perencanaan strategik lembaga sekolah berbasis Balanced Scorecard yang siap digunakan secara luas. Akhimya, hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat nyata terutama bagi kelancaran pelaksanaan manajemen berbasis sekolah yang merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya mewujudkan amanat otonomi bidang pendidikan.

Makalah dimuat dalam Laporan Penelitian Hibah Bersaing, Dibiayai oleh Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang Tahun 2009

Fulltext download disini
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno