• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Pengembangan Pembelajaran Judo Teknik Bantingan Kyu 4 Dengan Media Vcd Untuk Pejudo Pjsi (Persatuan Judo Seluruh Indonesia)

PDF  Array Cetak Array
Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 
Oleh Ari Wibowo Kurniawan ,S.Pd, M.Pd   
Pengembangan Pembelajaran Judo Teknik Bantingan Kyu 4 Dengan Media Vcd Untuk Pejudo Pjsi (Persatuan Judo Seluruh Indonesia)

Abstrak Berdasar observasi peneliti di PJSI Pengkot Malang, para pejudo biasanya belum benar dalam melakukan gerakan-gerakan teknik bantingan. Hal ini juga ditemukan di daerah-daerah lain, yang membina atlet-atlet judo. Berlatih gerakan atau teknik judo memang sangat sulit dan berat, untuk itu para pejudo harus diberikan proses pembelajaran materi latihan yang mudah dan selalu memberikan motivasi agar mereka tidak merasa pesimis dan selalu bersemangat dalam berlatih. Selain itu menurut para pejudo, selama ini mereka belum pernah melihat tayangan pembelajaran judo teknik bantingan Kyu 4 dengan media VCD dan rata-rata semuanya menyatakan perlu dibuat atau dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajran judo teknik bantingan Kyu 4 dengan media VCD untuk pejudo. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Sadiman (2003:40). Sedangkan, teknik analisis data yaitu persentase diadopsi dari Sudjana (1990). Hasil pengembangan ini secara umum memenuhi kriteria valid dan dapat digunakan dalam proses pelatihan. Kesimpulannya, dengan media VCD pejudo dapat belajar materi pembelajaran judo teknik bantingan Kyu 4 secara efektif dan efisien. Dan dengan materi pembelajaran yang telah peneliti kembangkan, pejudo dapat menguasai materi judo teknik bantingan Kyu 4 dengan cepat dan benar.
Kata Kunci : Pengembangan, pembelajaran Judo, Kyu 4, Media VCD

Prosiding tersebut di muat di http://fik.um.ac.id/?p=1880

Fulltext download disini
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno