Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulImplementasi metode pembelajaran kooperatif model Stad untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat Mail Handling dalam paradigma konstruktivisme pada siswa kelas II A SMK Ardjuna 01 Malang oleh oleh Reny Dwi Apriliana
PenulisReny Dwi Apriliana
Pembimbing1. DJOKO DWI KUSUMAJANTO ; 2. I NYOMAN SUPUTRA
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Administrasi Perkantoran, S1 Program Studi Administrasi Perkantoran,. 2007
Subyek1. KORESPODENSI - PRESTASI BELAJAR
LabelRs 651.759076 REN i
Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan di SMK Ardjuna 01 Malang menunjukkan bahwa aktifitas belajar siswa di dalam kelas masih rendah. Hal ini terlihat dari sedikitnya siswa yang mau bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru. Selama ini metode pengajaran yang banyak digunakan adalah metode ceramah. Guru biasanya menerapkan metode ceramah dalam kegiatan belajar mengajar, sedangkan siswa hanya duduk, mendengarkan, dan mencatat apa yang dijelaskan oleh guru. Penggunaan metode seperti ini dapat menyebabkan siswa selalu bergantung pada guru sehingga apabila diberikan suatu permasalahan siswa mengalami kesulitan. Prestasi belajar siswa yang bagus hanya diperoleh dari catatan penjelasan guru tanpa harus mencari sendiri untuk menambah informasi yang lebih lengkap. Selain itu siswa juga jarang bekerja dalam kelompok, sehingga sikap tanggung jawab dan rasa sosialnya belum terpupuk. Sehingga untuk mengurangi rasa ketergantungan siswa terhadap guru maka digunakan model pembelajaran kooperatif teknik STAD (Student Team Achievement Division).

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata diklat Mail Handling pada pembelajaran kooperatif teknik STAD siswa kelas IIA SMK Adjuna 01 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IIA jurusan Administrasi Perkantoran sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan datanya menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, skor Pre Test dan skor Pos Test. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Maret sampai April 2006.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 62,35% dengan kualitas “Baik” meningkat menjadi 71,88% dengan kualitas “Baik” pula pada siklus II. Data hasil belajar siswa menunjukkan perolehan skor rata-rata pada siklus I adalah 72,97 dan pada siklus II 87,36. Data hasil belajar siswa juga menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar klasikal yaitu pada siklus I yang semula hanya 69,23% meningkat menjadi 91,67%. Berdasarkan hasil tersebut terlihat bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Mail Handling, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif teknik pembelajaran Mail Handling.Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: (1) Bagi guru mata diklat menangani surat masuk dan keluar (Mail Handling) disarankan untuk mencoba pembelajaran mail handling dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD, untuk dapat meningkatkan aktifitas belajara siswa dan hasil belajar siswa. (2) Pembelajaran kooperatif model STAD merupakan pembelajaran yang lebih memaksimalkan aktivitas siswa dalam belajar dengan kelompoknya, oleh karena itu guru mata diklat mail handling hendaknya benar-benar dapat mengatur alokasi waktu yang ada. (3) Sebelum dilaksanakan diskusi sebaiknya siswa diminta mendalami materi dulu di rumah, sehingga saat diskusi mereka telah berbekal pengetahuan dari rumah dan tinggal memberikan argumen atau pendapatnya dalam melaksanakan tugas kelompok. (4) Guru mata diklat mail handling hendaknya memberikan inovasi baru pada pemberian materi pelajaran agar siswa lebih termotivasi untuk belajar. (5)Penelitian ini hanya terbatas pada kelas IIA Sekretaris SMK Ardjuna 01 Malang, hendaknya penelitian ini dapat diteruskan pada kelas dan sekolah yang lain agar lebih meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Penerapan pembelajaran model snowball throwing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa(studi pada kelas X APK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari pada mata pelajaran melakukan surat menyurat)


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.