Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasi pada PT. Bank Jatim Cabang Blitar oleh Eko Sugihartanto
PenulisEko Sugihartanto
Pembimbing1. SUTRISNO ; 2. BUDI EKO SOETJIPTO
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Jurusan Manajemen, S1 Jurusan Manajemen. 2007
Subyek1. PEGAWAI, KINERJA
2. STRES KERJA
LabelRs 658.314 EKO p
Abstrak

Seorang karyawan yang mengalami stres akan berpengaruh terhadap menurunnya efisiensi dan kapasitas kerjanya, menekan inisiatif, berkurangnya rasa senang (antusiasme) pada pekerjaan, perhatian pada organisasi dan rekan sekerjanya, bahkan mungkin sampai pada hilangnya rasa tanggung jawab. Selain itu stres dikaitkan dengan outcomes yang berupa komitmen organisasi, kinerja, kepuasan kerja dan niatan untuk keluar. Stres kerja dalam beberapa penelitian dihubungkan dengan kinerja dan komitmen organisasi. Semakin rendah tingkat stres kerjanya maka semakin tinggi tingkat komitmen organisasinya dan kinerjanya.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran deskriptif stres terkait tantangan dan hambatan, komitmen organisasi dan kinerja karyawan pada PT. Bank Jatim Cabang Blitar, serta pengaruh masing-masing variabel stres terkait tantangan (X1), stres terkait hambatan (X2), komitmen organisasi (Z) dan kinerja (Y) baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan analisis jalur.

Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research), data dijaring dengan menggunakan angket tertutup. Instrumen penelitian ini menggunakan item-item dan penelitian terdahulu yang telah teruji. Meski demikian uji validitas dan reliabilitas tetap dilakukan untuk menguji validitas dan reliabilitas data yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Bank Jatim Cabang Blitar, sedangkan sampelnya diambil sebanyak 50 orang dari total populasi sebanyak 56 orang. Angket atau kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 13. for Windows.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa stres terkait tantangan mempunyai = -0, 340; sig = 0,010, stres terkait hambatan mempunyai = -0,323; sig = 0,015 keduanya mempunyai hubungan dengan komitmen organisasi. Komitmen organisasi mempunyai = 0,422; sig = 0, 002 terhadap kinerja; a.Stres terkait tantangan terhadap kinerja melalui komitmen organisasi mempunyai = -0,143. b. Stres terkait hambatan terhadap kinerja melalui komitmen organisasi mempunyai = -0,136.Selain itu koefisien determinasi totalnya adalah 0,453

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh negatif secara langsung yang signifikan antara stres terkait tantangan dengan komitmen organisasi, ada pengaruh negatif secara langsung yang signifikan antara stres terkait hambatan terhadap komitmen organisasi. (2) ada pengaruh secara langsung yang signifikan antara komitmen organisasi. (3) ada pengaruh negatif secara tidak langsung antara stres terkait tantangan terhadap kinerja melalui komitmen organisasi, ada pengaruh negatif secara tidak langsung yang signifikan antara stres terkait hambatan terhadap kinerja melalui komitmen organisasi.

Saran yang bisa diberikan dalam penelitian ini adalah: (1) pengembangan keahlian dan pembelajaran terkait keberhasilan lebih di perhatikan. (2) memberikan kepercayaan kepada para karyawan, memberikan keyakinan akan pentingnya komitmen organisasi untuk meningkatkan kinerja. (3) evaluasi terhadap kinerja karyawan dalam memberikan pelayanan harus benar-benar dilaksanakan secara rutin dan tegas agar kinerja karyawan semakin baik (4) untuk menghadapi persaingan hendaknya PT. Bank Jatim Cabang Blitar lebih mengedepankan peningkatan mutu pelayanan terhadap para nasabah (5) penelitian dimasa datang yang menggunakan variabel sama dengan penelitian ini sebaiknya menambahkan pengaruh langsung stres terhadap kinerja.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas