Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (studi pada PT. Anindo Bertahannuts Perkasa Malang) oleh Nurul Inayah
PenulisNurul Inayah
Pembimbing1. MOHAMMAD ARIEF ; 2. I NYOMAN SAPUTRA
Penerbitan2007, S1 Jurusan Manajemen.
Subyek1. KINERJA KARYAWAN
LabelRs 658.314 NUR p
Abstrak

Salah satu asset penting yang dimiliki oleh perusahaan, baik perusahaan jasa maupun perusahaan industri adalah perusahaan. Keberhasilan dan kemunduran perusahaan tidak lepas dari kinerja karyawan dan budaya organisasi perusahaan. Untuk meningkatkan kinerja karyawan maka perlu juga adanya peningkatan budaya organisasi. Dalam mengembangkan perusahaan, orang sering terfokus pada bagaimana mengembangkan usaha itu, sedangkan tentang pengelolaan sumber daya manusia tidak diperhatikan.



Seorang pimpinan yan baik tentunya akan menciptakan lingkungan yang nyaman dan memotivasi karyawan dengan tujuan agar kinerja karyawannya dapat meningkat. Budaya organisasi di perusahaan merupakan faktor penting seperti upaya manajer menciptakan lingkungan yang nyaman demi meningkatkan kinerja karyawannya.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran secara obyektif tentang: (1) untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi yang dilakukan di PT Anindo Bertahannuts Perkasa Malang. (2) Untuk mengetahui kinerja karyawan yang ada di PT Anindo Bertahannuts Perkasa Malang. (3) Untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan PT Anindo Bertahannuts Perkasa Malang.



Penelitian ini berusaha menjelaskan pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di PT Anindo Bertahannuts Perkasa Malang. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu variabel bebas (X) adalah budaya organisasi yang meliputi tantangan kerja (X1), komunikasi (X2), inovasi (X3), kepercayaan (X4) dan hubungan sosial (X5), sedangkan variabel terikat (Y) adalah kinerja karyawan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional, karena penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti. Data yang diperoleh menggunakan angket tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Anindo Bertahannuts Perkasa Malang yang berjumlah 70 orang.



Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh secara signifikan antara tantangan kerja terhadap kinerja karyawan di PT Anindo Bertahannuts Perkasa Malang dengan nilai β1=0,565; (2) terdapat pengaruh secara signifikan antara komunikasi terhadap kinerja karyawan di PT Anindo Bertahannuts Perkasa Malang dengan nilai β2=0,324; (3) terdapat pengaruh secara signifikan antara inovasi terhadap kinerja karyawan di PT Anindo Bertahannuts Perkasa Malang dengan nilai β3=0,596; (4) terdapat pengaruh secara signifikan antara kepercayaan terhadap kinerja karyawan di PT Anindo Bertahannuts Perkasa Malang dengan nilai β4=0,491; (5) terdapat pengaruh secara signifikan antara hubungan sosial terhadap kinerja karyawan di PT Anindo Bertahannuts Perkasa Malang dengan nilai β5=0,611; (6) terdapat pengaruh secara signifikan antara tantangan kerja, komunikasi, inovasi, kepercayaan dan hubungan sosial terhadap kinerja karyawan di PT Anindo Bertahannuts Perkasa Malang dengan nilai F sebesar 88,761.



Saran yang bisa diberikan berkaitan dengan penemuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian ini adalah: (1) Dari hasil penelitian dapat diketahui komunikasi merupakan faktor yang paling kecil pengaruhnya terhadap kinerja karyawan adalah perusahaan kurang memperhatikan penghargaan bagi karyawan yang memiliki kinerja bagus. Seharusnya perusahaan memberikan penghargaan atau imbalan bagi karyawan yang memiliki kinerja bagus agar karyawan termotivasi lebih bersemangat lagi untuk berprestasi. (2) Dari hasil penelitian juga dapat diketahui hubungan sosial memiliki faktor pengaruh kecil setelah komunikasi terhadap kinerja karyawan adalah kurangnya penyelesaian dari perusahaan dengan baik jika antar karyawan terjadi perselisihan. Seharusnya perusahaan memberikan pemecahan atau solusi bagi karyawan yang berselisih agar terjadi kerja team yang baik antar karyawan untuk meningkatkan kinerja karyawan.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas