Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh faktor psikologis terhadap proses keputusan pembelian konsumen (studi pada konsumen perusahaan Dynamic Product Lawang) oleh Damai Setyawan
PenulisDamai Setyawan
Pembimbing1. SOPIAH ; 2. ELLY SISWANTO
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Jurusan Manajemen, S1 Jurusan Manajemen. 2007
Subyek1. KONSUMEN - KEPUTUSAN PEMBELI
2. KONSUMEN, PSIKOLOGI
LabelRs 658.8343 DAM p
Abstrak

Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu: faktor budaya, faktor sosial, faktor kepribadian dan faktor psikologis. Beberapa faktor tersebut mempunyai pengertian bahwa ketika konsumen dihadapkan pada banyaknya pilihan tentang keinginan untuk memenuhi kebutuhannya, maka faktor-faktor tersebut (faktor budaya, faktor sosial, faktor kepribadian dan faktor psikologis) yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan. Faktor budaya, faktor sosial, faktor kepribadian dan faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen akan memberikan kontribusi yang berbeda di masing-masing industri. Ada beberapa cara untuk mengukur faktor psikologis salah satunya adalah dengan mengukur (1) motivasi, (2) Persepsi, (3) Pengetahuan dan (4). Sikap. Faktor psikologis menjadi salah satu faktor terpenting dalam pertumbuhan dan keberhasilan bisnis karena adanya keterkaitan antara konsep factor psikologis dengan konsep lainnya seperti hubungan antara Faktor psikologis dengan proses keputusan pembelian konsumen. Proses keputusan pembelian merupakan sebuah pendekatan penyelesaian masalah pada kegiatan manusia untuk membeli suatu barang atau jasa dalam memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Proses pengambilan keputusan yang merupakan sebuah pendekatan penyelesaian masalah ini terdiri atas lima tahap yaitu menganalisa keinginan dan kebutuhan, pencarian informasi, penilaian dan seleksi terhadap alternatif pembelian, keputusan untuk membeli, perilaku sesudah membeli. Beberapa cara untuk mengukur konsumen salah satunya adalah dengan mengukur keputusan pembelian berdasarkan tahap pengambilan keputusan yang terdiri dari: (1.) Menganalisa keinginan dan kebutuhan alat-alat music, (2.) Pencarian informasi tentang Dynamid Product, (3.) Penilaian dan seleksi terhadap alternative pembelian alat-alat music, (4.) Keputusan untuk membeli alat-alat music di Dynamid Product.



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1.) Faktor Psikologis konsumen di Dynamid Product. (2.) keputusan pembelian konsumen di Dynamid Product, (3) pengaruh faktor psikologis yang terdiri dari : motivasi, persepsi, pengetahuan, dan sikap secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli di Dynamid Product, (4.) pengaruh faktor psikologis (yang terdiri dari : motivasi, persepsi, pengetahuan, dan sikap secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli di Dynamid Product.



Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli product dari Dynamid Product selama bulan September sampai dengan bulan Desember 2007 dan diambil 73 orang responden sebagai sampel penelitian.



Penelitian ini mempunyai dua variabel, yaitu variabel bebas Faktor Psikologis (X) yang terdiri dari (X1) motivasi, (X2) persepsi, (X3) pengetahuan, (X4) sikap dan variabel terikat (Y) adalah Keputusan pembelian konsumen.



Data diperoleh dari responden dengan menggunakan alat bantu pengumpul data berupa angket tertutup. Setelah melalui proses pengolahan data dan analisis regresi berganda, diperoleh temuan: (1) secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel motivasi, persepsi, pengetahuan, dan sikap terhadap proses keputusan pembelian konsumen studi pada konsumen Dynamic Product. Adapun kontribusi besarnya pengaruh setiap variabel factor psikologis terhadap proses keputusan pembelian konsumen Dynamic Product mulai dari yang dominan adalah pengetahuan dengan nilai BUnstandarized=0,297, SE = 17,4 %, dan signifikan t = 0,004 persepsi BUnstandarized = 0,241, SE 16,3 %, dan signifikan t = 0,004, sikap BUnstandarized = 0,258, SE = 15,4 % dan signifikan t = 0,012, motivasi BUnstandarized = 0,148, SE 12,7 %, dan signifikan t= 0,010 (2) secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel motivasi, persepsi, pengetahuan dan sikap terhadap proses keputusan pembelian konsumen studi pada konsumen Dynamic Product Lawang dengan Adjusted R square sebesar 0,594. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif factor psikologis ditinjau dari motivasi persepasi, pemgetahuan, dan sikap terhadap proses keputusan pembelian konsumen Dynamic Product secara simultan sebesar 59,4 % dan sisanya 40,6 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Dari penelitin ini pula diketahui signifikan F sebesar = 0,000, artinya bahwa factor psikologis ditinjau dari Aspek; motivasi, persepsi, pengetahuan dan sikap memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen Dynamic Product karena signifikan F nya kurang dari 0,05.



Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa sejumlah 39 orang atau 53,4 % menyatakan setuju bahwa mereka mempertimbangkan faktor psikologis terhadap produk Dynamic Product dan sisanya sebanyak 32 orang atau 43,9 % menjawab cukup setuju, serta 2 orang atau 2,7 % menjawab kurang setuju. Hal ini menunjukan bahwa factor psikologis merupakan salah satu faktor yang diperhatikan oleh konsumen Dynamic Product. Perusahaan Dynamic Produt harus tetap menjaga dan mempertahankan faktor faktor psikologis karena faktor psikologis merupakan salah satu faktor penting dalam proses pengambilan keputusan konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa 60 orang atau 82,2 % menyatakan setuju dan sisanya 13 orang atau 17,8 %. menjawab cukup setuju. Dari hasil penelitian diketahui nilai mean adalah 49,33 dengan standar deviasi adalah 2,273. Hal ini membuktikan bahwa proses keputusan pembelian konsumen Dynamic Product tersebut melalui tahapan pengenalan masalah, pencarian informasi, tahap evaluasi, pembeliam, dan sikap setelah pembelian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan Faktor Psikologis ditinjau dari aspek; motivasi, persepsi, pengetahuan dan sikap secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen Dynamic Product. Dimana kontribusi dari masing-masing variabel adalah motivasi 12,7 %, persepsi 16,3 %, pengetahuan 17,4 %, dan sikap 15,4 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pengetahuan, dan sikap secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Dynamic Product. dengan Adjusted R Square = 0,594 dan signifikan 0,000, serta dengan F hitung 27,330.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas