Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh perputaran piutang dan persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Jakarta (BEJ) tahun 2004-2006 oleh Endang Sulistiowati
PenulisEndang Sulistiowati
Pembimbing1. BAMBANG BANU SISWOYO ; 2. YULI SOESETIO
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Jurusan Manajemen, S1 Jurusan Manajemen. 2008
Subyek1. PROFITABILITAS PERUSAHAAN
2. PIUTANG
LabelRs 658.15 END p
Abstrak

Dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan dalam hal ini peningkatan profitabilitas perusahaan, ada beberapa cara yang dapat ditempuh antara lain: dengan meningkatkan volume penjualan, efisiensi biaya-biaya, dan pengoptimalan asset-aset perusahaan baik yang berbentuk aktiva lancar maupun aktiva tetap. Aktiva lancar sangat berperan dalam pendanaan perusahaan agar beroperasi secara efektif. Perputaran aktiva lancar yang disebut juga modal kerja sangatlah penting, yaitu meliputi perputaran piutang, dan perputaran persediaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah meliputi untuk mengetahui kondisi perputaran piutang, perputaran persediaan, ROA dan ROE pada perusahaan manufaktur yang listing di BEJ. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan perputaran piutang terhadap ROA, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan perputaran persediaan terhadap ROE, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan perputaran piutang dan persediaan terhadap ROA dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan perputaran piutang dan persediaan terhadap ROE pada perusahaan manufaktur yang listing di BEJ.

Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel perputaran piutang terhadap ROA dari perusahaan-perusahaan manufaktur yang listing di BEJ, dengan asumsi yang digunakan yaitu variabel perputaran persediaan konstan. Hasil analisis juga dapat membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel perputaran piutang dengan ROA dari perusahaan-perusahaan manufaktur yang listing di BEJ. Selanjutnya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel perputaran persediaan dengan ROE dari perusahaan-perusahaan manufaktur yang listing di BEJ. Perputaran piutang dan perputaran persediaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ROA dari perusahaan-perusahaan manufaktur yang listing di BEJ dan perputaran piutang dan perputaran persediaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ROE dari perusahaan-perusahaan manufaktur yang listing di BEJ .

Saran yang dapat diajukan yaitu diharapkan perusahaan untuk memperhatikan mengenai kebijakan atas perputaran piutang dan perputaran persediaan. Diharapkan para investor yang akan melakukan investasi pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang listing di BEJ diharapkan memperhatikan kondisi tingkat profitabilitas perusahaan. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengamati pergerakan Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) yaitu dengan menambah jangka waktu (periode) agar hasil penelitian berikutnya lebih berkembang.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas