Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulImplementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat hubungan masyarakat (Humas) : (Studi pada kelas X program keahlian administrasi perkantoran 2 di SMK PGRI 6 Malang) oleh Robby Pribadi
PenulisPribadi, Robby
Pembimbing1. BUDI EKO SOETJIPTO ; 2. SARBINI
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. 2008
Subyek1. ADMINISTRASI PERKANTORAN - PRESTASI BELAJAR
2. HUBUNGAN MASYARAKAT
3. ADMINISTRASI PERKANTORAN - PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TPS (THINK PAIR SHARE)
LabelRs 651.3076 PRI i
Abstrak

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah pada proses pembelajaran yang lebih menekankan pada kemampuan penalaran siswa. Think Pair Share (TPS) merupakan pendekatan yang mengacu pada pembelajaran ini.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari satu siklus, yang ditempuh selama dua kali pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada pertemuan I dan pertemuan II berupa penerapan pembelajaran kooperatif model TPS. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Etika dalam praktek dan kepribadian sekretaris.



Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model TPS adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap metode pembelajaran kooperatif dengan model Think Pair Share diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,34. Dimana menurut kriteria respon siswa adalah sangat positif; (2) Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS mengalami peningkatan; (3) hasil belajar siswa dinilai berdasarkan hasil tes tulis yang dilakukan mengalami peningkatan, rata-rata kelas dari 47,63 pertemuan I menjadi 80,26 pada pertemuan II. Dan dilihat dari ketuntasan belajar pada pertemuan I, hanya 8,57% siswa yang tuntas belajar atau hanya 3 dari 38 jumlah siswa keseluruhan dan pada pertemuan II meningkat menjadi 94,74% siswa yang tuntas belajar atau 36 dari 38 jumlah siswa keseluruhan.



Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran: (1) Bagi guru mata diklat hubungan masyarakat di SMK PGRI 6 Malang, dianjurkan menggunakan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar siswa. Selain itu juga siswa dapat dilatih saling bekerjasama dengan teman, melatih rasa percaya diri siswa dan dapat menerima pendapat orang lain. Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model TPS, hendaknya guru juga harus memperhatikan alokasi waktu, keaktifan siswa dalam kelas, serta adanya perubahan susunan anggota kelompok pada setiap akhir pertemuan atau diskusi, hal ini dilakukan untuk menghindari kebosanan siswa. (2) Bagi peneliti berikutnya, dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model TPS pada mata diklat lain sebagai salah satu metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar yang valid. Seperti pada mata diklat mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja, berkomunikasi melalui telepon dan merencanakan serta melakukan pertemuan. (3) Pembelajaran kooperatif model TPS sangat memerlukan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, misalnya: ruang pembelajaran serta media pembelajaran misalnya OHP dan LCD. Oleh karena itu, dukungan dari pihak sekolah sebagai penyedia sarana dan prasarana sangat dibutuhkan. (4) Guru juga harus sesering mungkin memberikan tugas kepada siswa berupa pencarian artikel, kliping dan pembuatan makalah yang mengharuskan siswa mencari sumber lain sebagai tambahan pengetahuan bagi siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga siswa dapat mengetahui bahwa banyak sekali bahan atau sumber yang dapat dijadikan referensi dalam proses belajar mereka di sekolah. Selain itu perpustakaan sekolah juga perlu sekali ditingkatkan kelengkapan referensinya, sehingga dapat mendukung dalam proses belajar siswa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas