Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan alat permainan kartu kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas I SDN Ternyang 02 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang oleh Yuyun Setyaningsih
PenulisSetyaningsih, Yuyun
Pembimbing1. MUHANA GIPAYANA ; 2. USEP KUSTIAWAN
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi S1 PGSD, S1 Program Studi S1 PGSD. 2008
Subyek1. BAHASA INDONESIA (PENDIDIKAN DASAR) - MEMBACA, KETERAMPILAN
2. MEMBACA (PENDIDIKAN DASAR) - MEDIA PEMBELAJARAN
LabelRs 372.4044 SET p
Abstrak

Keterampilan membaca dan menulis penting pada era globalisasi. Dalam dunia pendidikan, keterampilan membaca dan menulis dibutuhkan untuk mempelajari mata pelajaran lain, sedangkan dalam kehidupan bermasyarakat dibutuhkan untuk bersosialisasi. Karena itulah keterampilan membaca dan menulis perlu mendapat perhatian khusus di sekolah. Hasil orientasi di lapangan dan informasi dari wali kelas I SDN Ternyang 02 yang sekaligus sebagai guru bidang studi, siswa kelas I SDN Ternyang 02 umumnya mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis; guru kesulitan dalam memilih, menata materi pelajaran; guru belum pernah menggunakan permainan kartu kata bergambar dalam pembelajaran membaca dan menulis. Untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis di SD perlu digunakan metode dan teknik pembelajaran yang menarik, yaitu dengan permainan kartu kata bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendesripsikan bagaimana memilih, menata, dan merepresentasikan materi membaca dan menulis di kelas I SDN Ternyang 02 dengan menggunakan kartu kata bergambar (2) mendeskripsikan penggunaan permainan kartu kata bergambar dalam pembelajaran membaca dan menulis siswa kelas I SDN Ternyang 02 (3) mendeskripsikan bagaimana meningkatkan keterampilan membaca dan menulis di kelas I SDN Ternyang 02 dengan menggunakan permainan kartu kata bergambar.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model kolaboratif, yaitu kerjasama antara peneliti dengan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecermatan dalam memilih, menata dan merepresentasikan materi pelajaran mempengaruhi hasil belajar. Keterlibatan kelas dalam proses pembelajaran mencapai 70% pada siklus 1 dan 95% pada siklus II. Keterampilan membaca kelas mencapai 75% pada siklus 1 dan 95% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 13%. Keterampilan menulis kelas mencapai 80% pada siklus 1 dan 95% pada siklus II dengan peningkatan sebesar14%.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa serta memberikan nuansa belajar yang menyengkan. Melalui kartu kata bergambar siswa dapat membuat 5 kalimat sederhana dan membuat cerita sederhana.

Saran kepada guru, dalam mengajar hendaknya tidak sekedar mengajarkan buku dan menggunakan teknik pembelajaran yang monoton. Sebagai guru SD hendaknya lebih cermat dalam memilih, menata, dan merepresentasikan materi pembelajaran, sehingga siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan dapat mengembangkan kreativitasnya.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas