Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model STAD berbasis kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Malang oleh Novi Yunita
PenulisYunita, Novi
Pembimbing1. DWI HARYOTO ; 2. SUTRISNO
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Jurusan Fisika, S1 Jurusan Fisika. 2008
Subyek1. FISIKA - PRESTASI BELAJAR
2. FISIKA - PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL STAD
LabelRs 530.076 YUN p
Abstrak

ABSTRAK

Yunita, Novi. 2008. Penerapan Model STAD Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dwi Haryoto,

M. Pd (2) Drs. Sutrisno, M.T.



Kata kunci: model STAD, kontekstual, motivasi belajar, hasil belajar.



Hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VII-E SMP Negeri 4 Malang, menunjukkan bahwa pembelajaran fisika masih sering menggunakan metode ceramah dan jarang sekali guru melakukan praktikum maupun diskusi kelompok. Di sisi lain motivasi dan hasil belajar siswa rendah, hal ini terlihat pada saat guru menjelaskan materi pelajaran sebagian besar siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, siswa terlihat kurang aktif dalam hal bertanya maupun menjawab materi pelajaran, dan nilai rata-rata ulangan harian siswa masih di bawah SKM yang ditentukan oleh SMP Negeri 4 Malang. Proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila sebagian besar siswa terlibat secara aktif, baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran, dan kelas dikatakan tuntas belajar bila 85% siswanya tuntas belajar. Motivasi belajar merupakan salah satu aspek yang berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Malang dengan penerapan model STAD berbasis kontekstual.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setiap siklus dilaksanakan dengan tindakan berupa penerapan model STAD berbasis kontekstual. Tahapan pelaksanaan penelitian ini dimulai dari observasi awal. Setelah dilakukan refleksi, maka disusunlah rencana tindakan yang disusul dengan pelaksanaan rencana tindakan, observasi dan refleksi. Demikian gambaran tahapan pelaksanaan penelitian yang dilakukan sampai dengan siklus ketiga. Hasil belajar siswa untuk aspek kognitif diukur dengan menggunakan tes yang berbentuk uraian, tes ini dilaksanakan setiap akhir siklus. Sedangkan motivasi belajar, kemampuan aspek afektif dan kemampuan aspek psikomotorik siswa diukur dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Peneliti juga melihat perubahan motivasi belajar siswa dari angket yang diberikan pada awal dan akhir penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran fisika dengan model STAD berbasis kontekstual secara keseluruhan dapat meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Malang. Hal ini didukung pula oleh hasil analisis angket motivasi belajar yang mengalami peningkatan dari sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakan. Hasil analisis terhadap hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan setelah tiga siklus pembelajaran. Hal ini dapat terlihat dengan semakin meningkatnya nilai aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik yang diamati dalam proses pembelajaran pada setiap siklusnya yang berdampak positif terhadap ketuntasan hasil belajar fisika siswa.








P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas