Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh lingkungan toko terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada pembeli produk daur ulang di toko Daoer Oelang-Malang Town Square) oleh Nahria Rossita
PenulisRossita, Nahria
Pembimbing1. GATOT ISNANI ; 2. TITIS SHINTA DHEWI
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Jurusan Manajemen, S1 Jurusan Manajemen. 2008
Subyek1. KONSUMEN - KEPUTUSAN MEMBELI
LabelRs 658.8343 ROS p
Abstrak

ABSTRAK





Rossita, Nahria. 2008. Pengaruh Lingkungan Toko terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pembeli Produk Daur Ulang di Toko Daoer Oelang-Malang Town Square). Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Gatot Isnani, M.Si, (II) Titis Shinta Dewi SP.MM.





Kata kunci: Lingkungan Toko, Keputusan Pembelian Konsumen.



Seiring dengan terus berkembangnya kegiatan pemasaran dunia modern serta dalam rangka memasuki era perdagangan bebas, telah terjadi perkembangan yang cukup besar dalam dunia usaha di Indonesia. Perkembangan dalam dunia usaha ini dapat dilihat dari semakin banyaknya perusahaan yang berdiri dan bergerak di berbagai bidang usaha. Keadaan tersebut tentunya menuntut para pemasar untuk mampu mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen, menciptakan produk-produk yang memiliki daya saing, menentukan pasar sasaran mana yang dapat dilayani dengan sebaik-baiknya oleh perusahaan, merancang produk, jasa dan program yang tepat untuk melayani pasar tersebut. Karena semakin kompleknya kebutuhan manusia yang harus dipenuhi, maka memaksa pemasar untuk meningkatkan mutu dari manajemen penjualan produknya. Sehingga diharapkan perusahaan akan mampu bertahan bahkan memenangkan persaingan dalam dunia usaha. Saluran distribusi merupakan bagian dari manajemen pemasaran. Salah satu bagian dalam distribusi yang perlu diperhatikan oleh pemasar adalah lingkungan toko yang meliputi lokasi toko, tata letak toko dan atmosfer toko. Toko Daoer Oelang-Malang Town Square, berusaha dapat memenuhi ketiga variabel tersebut dengan harapan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan toko terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Daoer Oelang-Malang Town Square. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lokasi (X1), tata letak (X2), dan atmosfer toko (X3). Variabel terikatnya adalah keputusan pembelian konsumen (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh pembeli Toko Daoer Oelang-Malang Town Square. Kemudian dengan menggunakan rumus Infinite Population dari buku Business Statistics for Management and Economics, diperoleh jumlah sampel sebanyak 73 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling dan Purposive Sampling dengan menggunakan instrumen kuesioner. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 (lima) pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sedangkan untuk menguji kelayakan regresi, dilakukan uji asumsi klasik, dan keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS 13 for Windows.

Hasil penelitian ini adalah: (1) 45 responden (61,64%) menyatakan kondisi lingkungan toko Daoer Oelang-Malang Town Square berdasarkan lokasi adalah setuju; (2) 34 responden (46,57%) menyatakan kondisi lingkungan toko Daoer Oelang-Malang Town Square berdasarkan tata letak adalah setuju; (3) 41 responden (56,16%) menyatakan kondisi lingkungan toko Daoer Oelang-Malang Town Square berdasarkan atmosfer adalah setuju. Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial didapatkan nilai thitung 1,450 < ttabel 1,980 atau Signifikansi t 0,151 > 0,05. Dengan demikian variabel lokasi tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel tata letak (X2) didapatkan nilat thitung 1,234 < ttabel 1,980 atau Signifikansi t 0,221 > 0,05. Dengan demikian variabel tata letak tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel atmosfer (X3) didapatkan nilai thitung 1,133 < ttabel 1,980 atau Signifikansi t 0,261 > 0,05. Dengan demikian variabel atmosfer tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan secara simultan didapatkan nilai Fhitung 1,665 < Ftabel 2,68 atau Signifikansi F sebesar 0,182. Dengan demikian variabel lokasi, tata letak, dan atmosfer toko tidak berpengaruh positif yang signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sumbangan Efektif (SE) yang terbesar adalah variabel lokasi yaitu sebesar 2,96%. Selain itu diketahui R Square = 0,068 yang artinya korelasi atau hubungan antara variabel bebas adalah tidak kuat.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kondisi lingkungan toko berdasarkan variabel lokasi, responden menyatakan setuju; (2) kondisi lingkungan toko berdasarkan variabel tata letak, responden menyatakan setuju; (3) kondisi lingkungan toko berdasarkan variabel atmosfer, responden menyatakan setuju. Secara parsial dapat disimpulkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh positif yang signifikan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Daoer Oelang-Malang Town Square; (2) tidak ada pengaruh positif yang signifikan tata letak terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Daoer Oelang-Malang Town Square; (3) tidak ada pengaruh positif yang signifikan atmosfer terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Daoer Oelang-Malang Town Square. Sedangkan secara simultan dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh positif yang signifikan lokasi, tata letak, dan atmosfer toko secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Daoer Oelang-Malang Town Square. Sedangkan SE terbesar yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah lokasi. Berdasarkan hasil tersebut, saran untuk Toko Daoer Oelang-Malang Town Square yaitu selalu berusaha untuk menciptakan dan mengembangkan untuk mengatur lokasi, tata letak, dan atmosfer toko, agar konsumen merasa nyaman dalam berbelanja.




P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas