Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulUpaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kwlas IX Mts. Almaarif 02 Singosari Malang melalui pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contexrtual Teaching and Learning) model inkuiri oleh Mashuri
PenulisMashuri
Pembimbing1. MUDJIHARTONO ; 2. PARNO
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Fisika, S1 Program Studi Pendidikan Fisika. 2008
Subyek1. FISIKA - MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
2. SISWA - BERFIKIR KREATIF
LabelRs 530.0712 MAS u
Abstrak

ABSTRAK



Mashuri. 2008. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IX MTs. Almaarif 02 Singosari Malang melalui Pembelajaran dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Model Inkuiri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mudjihartono, (II) Drs. Parno, M.Si.



Kata kunci: pembelajaran fisika, pendekatan CTL model inkuiri, kemampuan berpikir kreatif.



Selama ini model ceramah digunakan sebagai model pembelajaran utama di kelas IX MTs. Almaarif 02 Singosari Malang. Model ini menyebabkan minim-nya peran aktif siswa dan rendahnya tingkat pemahaman konsep fisika siswa. Sis-wa merasa kesulitan mengerjakan soal dan akan mengerjakan sesuai dengan cara yang diberikan oleh guru. Hasil kinerja siswapun cenderung sama antara satu dengan yang lain. Kondisi-kondisi ini menunjukkan rendahnya kemampuan ber-pikir kreatif siswa. Di sisi lain siswa akan bersemangat belajar fisika jika diberi-kan contoh fakta fisika dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan upaya perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu melalui pembelajaran dengan pendekatan CTL model inkuiri. Pene-rapan model ini menuntut siswa harus kreatif untuk menemukan pengetahuan atau konsep dalam setiap tahapannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ke-mampuan berpikir kreatif siswa kelas IX MTs. Almaarif 02 Singosari Malang melalui pembelajaran dengan pendekatan CTL model inkuiri.

Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang di-awali dengan studi pendahuluan kemudian diikuti dengan tahapan-tahapan pada setiap siklus yakni tahap perencanaan, pemberian tindakan kelas, observasi, dan refleksi. Tahapan pembelajaran pada setiap siklus menggunakan pendekatan CTL model inkuiri yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pengajuan masalah, pen-strukturan masalah, pengajuan hipotesis dan pelaksanaan eksperimen yang diikuti dengan kegiatan diskusi dan penerapan konsep. Materi pembelajaran pada siklus I adalah hukum Ohm, sedangkan pada siklus II adalah hukum I Kirchoff. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX-B MTs. Almaarif 02 Singosari Malang yang terdiri dari 39 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi perangkat pembelajaran, format observasi pembelajaran, dan format observasi dan penilaian kemampuan berpikir kreatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa sudah menam-pakkan kemampuan berpikir kreatif yang lebih baik dari pada saat studi pendahu-luan. Dari siklus I ke siklus II kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami pe-ningkatan pada setiap aspek yang diobservasi dan dinilai. Kemampuan berpikir kreatif siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan yakni dari 58,82% pada siklus I menjadi 83,45% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX MTs. Almaarif 02 Singosari Malang dapat meningkat melalui pembelajaran dengan pendekatan CTL model inkuiri.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas