Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh sikap konsumen terhadap keputusan terhadap keputusan pembelian minuman merk Aqua berkaitan dengan penerapan program CSR (Corporate Social Responsibility); (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negri Malang) oleh Pujo Lasmono
PenulisLasmono, Pujo
Pembimbing1. SUDARMIATIN ; 2. MADZIATUL CHURIYAH
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen, S1 Program Studi Manajemen. 2008
Subyek1. KONSUMEN - KEPUTUSAN MEMBELI
LabelRs 658.8343 LAS p
Abstrak

Memasuki tahun 1990-an, telah banyak perusahaan yang menyadari arti penting dari pertanggungjawaban sosial dan memasukkan tanggung jawab sosial dalam strategis bisnis mereka, bahkan tidak jarang perusahaan yang memasukkan tanggung jawab sosial ke dalam visi dan misi perusahaan. Pertanggungjawaban sosial ini lazim disebut sebagai Corporate Social Responsibility (CSR). CSR Merupakan suatu kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat luas dan lingkungan. Saat ini perusahaan yang menerapkan program CSR dalam penjualan produknya adalah Danone melalui pruduk minuman air mineral Aqua. Program CSR tersebut dinamakan program “Satu liter untuk sepuluh liter”. Program ini dihadirkan oleh Aqua berangkat dari inisiatif sosial Aqua yang ditujukan terutama untuk membantu meningkatkan kesejahteraan anak-anak melalui pengadaan air bersih dan penyuluhan hidup sehat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana sikap konsumen berkaitan dengan penerapan program CSR Aqua serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini mempunyai dua variabel, yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap konsumen berkaitan dengan penerapan program CSR Aqua yang mempunyai sub variabel 1) komponen kognitif pada sikap konsumen dan 2) komponen afektif pada sikap konsumen sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian konsumen.



Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang pernah membeli produk Aqua kemasan botol ukuran 600 ml dan 1500 ml yang berlabel khusus. Dalam penelitian ini menggunakan 120 sampel yang penentuan jumlah sampelnya menggunakan rumus Daniel and Terrer

Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda (multiple regression) dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS for Windows seri 13.0. hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Konsumen bersikap positif dengan penerapan program CSR yang dilakukan oleh Aqua. 2) Komponen kognitif pada sikap konsumen mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen 3) komponen afektif pada sikap konsumen memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen 4) Sikap konsumen berkaitan dengan penerapan program CSR yang dilakukan Aqua berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen 5) Komponen kognitif pada sikap konsumen merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk Aqua.



Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitian adalah ditujukan kepada perusahaan Aqua agar perlu tetap mempertahankan dan mengembangkan program Corporate Social Responsibility dengan merancang program yang lebih baik lagi yang menyentuh kepentingan lebih banyak pihak Misalnya: dengan memberikan pelatihan-pelatihan khusus untuk masyarakat dalam mengelola air. Perusahaan harus memperhatikan juga mengenai pengolahan limbah plastik dari botol Aqua selain itu Aqua harus secara konsisten melaksanakan program penghijauan lingkungan disekitar daerah mata air. Saran ditujukan untuk konsumen, agar teliti dan berhati-hati apabila akan membeli produk Aqua. Saran ditujukan untuk peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini adalah agar meneliti pengaruh variabel lain seperti harga dan kualitas produk serta saluran distribusi minuman merek Aqua dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas