Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran sistem persamaan linear dan kuadrat dengan pendekatan open ended untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar oleh Filda Febrinita
PenulisFebrinita, Filda
Pembimbing1. IPUNG YUWONO ; 2. SUSISWO
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika, S1 Program Studi Pendidikan Matematika. 2008
Subyek1. PERSAMAAN LINEAR - MOTIVASI BELAJAR
2. PERSAMAAN KUADRAT - MOTIVASI BELAJAR
3. PERSAMAAN LINEAR - METODE PEMBELAJARAN OPEN ENDED
LabelRs 515.25207 FEB p
Abstrak

ABSTRAK









Febrinita, Filda.2008.Penerapan Pembelajaran Sistem Persamaan Linear dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Blitar.Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof.Dr.H.Ipung Yuwono. M.S, M.Sc, (II) Drs.Susiswo, M.Si.



Kata Kunci : Pembelajaran, open ended, motivasi belajar.



Pendekatan open ended merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada dua bentuk yaitu pembelajaran yang dalam prosesnya menyajikan masalah yang jawabannya tidak tunggal atau pembelajaran dengan menyajikan masalah yang memiliki banyak cara untuk mengerjakannya tapi hanya memiliki jawaban tunggal. Dengan jawaban ataupun cara yang tidak tunggal tersebut, siswa akan memiliki kebebasan untuk mendapatkan jawaban sesuai dengan pemikirannya yang pada akhirnya mengembangkan penalaran secara kreatif.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan (langkah-langkah) penerapan pembelajaran sistem persamaan linear dan kuadrat dengan menggunakan pendekatan open ended; (2) meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran sistem persamaan linear dan kuadrat dengan menggunakan pendekatan open ended.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I dilaksanakan tindakan pembelajaran dengan kompetensi dasar menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel. Sedangkan pada siklus II dilaksanakan tindakan pembelajaran dengan kompetensi dasar merancang model matematikadari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Blitar dengan subyek penelitian siswa kelas X-10.

Langkah-langkah pelaksanaan dari pembelajaran ini adalah: (1) tahap awal yaitu menetapkan dan mengajukan permasalahan open ended pada siswa untuk diselesaikan secara individu atau kelompok; (2) tahap inti yaitu meminta siswa untuk menuliskan respon terhadap permasalahan open ended yang diberikan , mendiskusikan respon-respon tersebut (respon siswa perupakan solusi dari permasalahan open ended yang diberikan pada siswa), kemudian memberikan pertanyaan pelacak untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan; (3) tahap akhir yaitu membuat rangkuman atau kesimpulan materi yang telah dipelajari.

Berdasarkan hasil evaluasi pada setiap siklus pembelajaran dengan pendekatan open ended dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan, pada umumnya motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Selain itu berdasarkan catatan lapangan oleh 2 teman sejawat, dalam pembelajaran dengan pendekatan open ended siswa cukup aktif dan bersemangat mengikuti pembelajaran. Dari hasil wawancara dengan siswa diperoleh keterangan bahwa pembelajaran dengan pendekatan open ended membuat mereka lebih bersemangat belajar karena untuk mengerjakan soal matematika tidak harus menggunakan satu cara, bebas, asalkan langkah dan jawaban benar.

Berdasarkan temuan penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan pendekatan open ended digunakan sebagai metode alternatif dalam pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan daya kreatifitas siswa dalam mengembangkan ide-ide matematisnya.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas