Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran hubungan masyarakat di SMK PGRI 06 Malang oleh Alfiayatun Nafisah
PenulisNafisah, Alfiayatun
Pembimbing1. M. HARI ; 2. MADZIATUL CHURIYAH
Penerbitan2009, S1 Program Studi Administrasi Perkantoran.
Subyek1. HUBUNGAN MASYARAKAT - PRESTASI BEALJAR
2. HUBUNGAN MASYARAKAT - PEMBELAJRAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)
LabelRs 659.2076 NAF p
Abstrak

Pendidikan nasional memegang peranan penting dalam pembangunan manusia indonesia seutuhnya dan untuk mewujudkan masyarakat indonesia adil dan makmur yang merata spiritual berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dapat ditempuh dengan berbagai cara, antara lain: peningkatan kurikulum, peningkatan kompetensi guru, peningkatan kualitas pembelajaran, peningkatan kualitas penilaian hasil belajar siswa, efektivitas metode pembelajaran serta penyediaan sarana belajar dan bahan ajar yang memadai. Untuk mendukung terwujudnya kondisi yang telah disebutkan di atas diantaranya dengan menerapkan metode pembelajaran yang akan dipilih harus mampu mengarahkan siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatan penilaian hasil belajar siswa. Oleh karena itu dalam hal ini peneliti memilih metode pembelajaran kooperatif model STAD untuk diterapkan dalam penelitiannya. Model STAD ini merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang sangat sederhana dan cocok diterapkan dalam kelas yang heterogen terutama dalam kemampuan akademiknya selain itu model STAD cocok digunakan oleh guru yang masih belum terbiasa dengan pembelajaran kooperatif.



Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua Siklus. Masing-masing Siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.



Mata pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Hubungan Masyarakat. Untuk mengetahui ketepatan guru dalam menerapkan metode pembelajaran kooperatif model STAD maka dilakukan observasi dengan menggunakan instrumen pengamatan aktivitas guru dalam pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui aspek afektif yang dilakukan melalui lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD. Serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ditinjau dari aspek kognitif, melalui perhitungan nilai pre-test dan post-test Siklus I dan Siklus II.



Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK PGRI 06 Malang yang berlokasi di Jalan Janti Selatan Malang, pada tanggal 20 Oktober sampai 31 Oktober 2008. Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran pada SMK PGRI 06 Malang tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Analisis data pada penelitian dilakukan dengan data reduction (reduksi data), display (penyajian data), dan conclution drawing/verification.



Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (student teams achievement division) untuk peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran hubungan masyarakat di SMK PGRI 6 Malang adalah sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran hubungan masyarakat pokok bahasan Media hubungan masyarakat siswa kelas X Apk SMK PGRI 06 Malang sudah optimal hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. (2) Aktivitas belajar siswa di kelas saat pelaksanaan kooperatif model STAD pada mata pelajaran hubungan masyarakat terlihat sudah baik. Hal ini dapat terlihat dengan meningkatnya nilai rata-rata pada hasil analisis aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan kategori “cukup” dengan persentase rata-rata sebesar 48.02% dan pada siklus II menglami peningkatan dengan mendapatkan kategori “sangat baik” dengan persentase rata-rata sebesar 82.12%. (3) Model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian Administasi Perkantoran SMK PGRI 06 Malang pada mata pelajaran hubungan masyarakat pokok bahasan media hubungan masyarakat. Hal ini dapat dilihat bahwa hasil pre test Siklus I diperoleh rata-rata sebesar 51.83 sedangkan hasil post test diperoleh rata-rata sebesar 78,66. Hasil pre test pada Siklus II diperoleh rata-rata sebesar 60.39 sedangkan hasil post test diperoleh rata-rata sebesar 81.17. Selain itu ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 87.80% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 36 siswa dan tidak tuntas sebanyak 5 siswa mengalami kenaikan ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 97.56% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 40 siswa dan tidak tuntas sebanyak 1 siswa. Dari data di atas tersebut, diketahui kualitas hasil belajar siswa pada siklus II ini menunjukkan bahwa kualitas yang diperoleh siswa adalah tinggi.



Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebagai berikut: (1) Guru hendaknya lebih meningkatkan motivasi pada siswa untuk berfikir lebih aktif dalam memecahkan suatu permasalahan, mendorong siswa agar mau bekerja sama antar anggota kelompok, dan terutama dalam menyampaikan pendapatnya, dengan cara memberikan bimbingan dan reinfocement (penguatan) kepada siswa sehingga tercipta keaktifan dalam kelas. (2) Penggunaan pembelajaran kooperatif model STAD sangat bermanfaat bagi siswa karena model pembelajaran tersebut telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga bagi guru mata pelajaran hubungan masyarakat dan guru mata pelajaran lainnya dapat menggunakan model pembelajaran ini pada pokok bahasan yang memiliki karakteristik yang sama dengan pokok bahasan media hubungan masyarakat. (3) Bagi peneliti berikutnya, penelitian ini dapat dikembangkan untuk materi selain media hubungan masyarakat, mata pelajaran selain hubungan masyarakat dan dapat dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain.




P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Penerapan pembelajaran kontekstual metode problem-based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat public relations (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 kelas X di SMK Negeri 1 Turen - Malang tahun ajaran 2009/2010) /
2Implementasi model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran humas dan keprotokolan (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) Rivit Aminatus Sholikah


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.