Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran berbasis penilaian portofolio untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran menangani surat masuk-keluar siswa kelas XI APK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang oleh Ratnawati
PenulisRatnawati
Pembimbing1. SUPRIYANTO ; 2. MADZIATUL CHURIYAH
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. 2009
Subyek1. ARSIP DAN KEARSIPAN - PRESTASI BELAJAR
2. ARSIP DAN KEARSIPAN - PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO
LabelRs 651.56076 RAT p
Abstrak

ABSTRAK

Ratnawati. 2008. Penerapan Pembelajaran Berbasis Penilaian Portofolio Pada Mata Pelajaran Menangani Surat Masuk-Keluar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI APK 1 Semester Gasal Tahun Ajaran 2008/ 2009 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari, Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Supriyanto, M.M., (2) Madziatul Churiyah S.Pd., M.M.

Kata kunci: penilaian portofolio, motivasi belajar, hasil belajar

Pendidikan memegang peranan penting dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai dengan derap langkah kemajuan zaman. Dengan demikian diperlukan peningkatan kualitas pendidikan. Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tersebut, pemerintah melalui departemen pendidikan nasional merumuskan kebijakan penyempurnaan kurikulum 2004 menjadi KTSP 2006. Perubahan kurikulum juga membawa implikasi terjadinya perubahan penilaian. Penilaian baik dalam KBK maupun KTSP menganut prinsip penilaian berkelanjutan dan komprehensif guna mendukung upaya memandirikan siswa untuk belajar, bekerja sama, dan menilai diri sendiri. Salah satu jenis penilaian yang dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan siswa dalam proses pembelajaran adalah penilaian portofolio. Portofolio merupakan kumpulan hasil kerja siswa. Hasil kerja tersebut sering disebut dengan artefak. Artefak-artefak dihasilkan dari pengalaman atau proses pembelajaran siswa dalam periode waktu tertentu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis penilaian portofolio dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Menangani Surat Masuk-Keluar siswa kelas XI APK 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari, Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI APK (Administrasi Perkantoran) 1 di SMK 3 Muhammadiyah 3 Singosari, Malang pada tahun ajaran 2008/ 2009, yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar catatatan lapangan, dokumen portofolio siswa, dan tes. Dokumen portofolio yang dibuat berisi tugas-tugas siswa yaitu berupa: jurnal belajar; refleksi akhir pembelajaran, hasil diskusi, hasil praktek, dan Pekerjaan Rumah (PR).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Motivasi siswa dari hasil angket motivasi siklus I sebesar 3,57 . dan siklus II sebesar 3,78. Peningkatan motivasi siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 0,21 atau 21%. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 79,21 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 70%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 86,06 dengan prosentase ketuntasan belajar 100%.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan disarankan pada 1) pihak sekolah SMK Muhammadiyah 3 Singosari, Malang untuk menggunakan metode-metode penilaian hasil belajar siswa yang dapat melihat kemampuan siswa dari proses dan hasil akhir siswa, serta dilakukan secara berkesinambungan, salah satunya adalah penilaian portofolio. Bagi guru mata pelajaran Surat Masuk-Keluar agar hendaknya dilaksanakan secara team teaching, sebaiknya ada kesepakatan antara guru dan siswa mengenai tugas-tugas yang dimasukkan dalam portofolio, serta dalam penentuan kriteria penilaian portofolio hendaknya disepakati dengan siswa, guru bahkan orangtua. Sedangkan bagi peneliti disarankan untuk menerapkan penilaian portofolio atau jenis Penilaian Berbasis Kelas (PBK) lainnya pada mata pelajaran yang berbeda.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas