Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi pertidaksamaan kuadrat kelas X SMA Negeri 1 Lawang oleh Reddy Harmawan Ardianto
PenulisArdianto, Reddy Harmawan
Pembimbing1. GATOT MUHSETYO ; 2. SAPTI WAHYUNINGSIH
Penerbitan2008, S1 Program Studi Pendidikan Matematika.
Subyek1. PERTIDAKSAMAAN KUADRAT - PRESTASI BELAJAR
2. PERTIDAKSAMAAN KUADRAT - PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER)
LabelRs 512.94222 ARD p
Abstrak

ABSTRAK



Ardianto, Reddy Harmawan. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pertidaksamaan Kuadrat Kelas X SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc. , (II) Dra. Hj. Sapti Wahyuningsih, M.Si.



Kata Kunci: Penerapan, Belajar Kooperatif Model Numbered Heads Together, Hasil Belajar.



Guru matematika di SMA Negeri 1 Lawang dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran gabungan dari membaca, menerangkan, dan latihan soal. Akibatnya, sebagian siswa masih sulit memahami materi pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar para siswa yang belum maksimal yaitu kurang memenuhi Standart Ketuntasan Belajar Minimum (SKBM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75%. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu metode mengajar yang lain. Salah satu metode belajar yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT).



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together, mengetahui peningkatan hasil belajar matematika para siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran Numbered Heads Together. Pelaksanaan pembelajaran Numbered Head Together terdiri atas 4 langkah yaitu penomoran (numbering), pengajuan pertanyaan (questioning), berpikir bersama (heads together), dan pemberian jawaban (answering). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua topik. Dua topik tersebut yaitu topik tentang Menyelesaikan Pertidaksamaan Kuadrat Satu Variabel dengan Sketsa Grafik dan topik tentang Menyelesaikan Pertidaksamaan dengan Garis Bilangan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober sampai dengan 6 November. Data penelitian berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus dan respon siswa terhadap metode pembelajaran Numbered Heads Together yang diperoleh melalui lembaran angket.



Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran NHT. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas mengalami kenaikan dari 32,50 menjadi 65,13 sedangkan ketuntasan belajar mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 18,42% menjadi 55,26%. Karena pada siklus I hasil yang dicapai belum sesuai dengan SKM dan Ketuntasan Klasikal, maka peneliti melakukan tindakan siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mengalami kenaikan yaitu dari 65,13 menjadi 79,74 sedangkan ketuntasan belajar mengalami peningkatan dari 55,26% menjadi 86,84%. Dan diketahui bahwa respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together sangat positif.






P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas