Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan teknik penilaian berbasis portofolio terhadap hasil evaluasi guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS 1 MAN 03 Malang oleh Zammira Nur Aini
PenulisAini, Zammira Nur
Pembimbing1. NURIKA RESTUNINGDIAH ; 2. SUMADI
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Akuntansi, S1 Program Studi Pendidikan Akuntansi. 2008
Subyek1. AKUNTANSI - PRESTASI BELAJAR
LabelRs 657.042076 AIN p
Abstrak

ABSTRAK



Nur Aini, Zammira. 2008. Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Evaluasi Guru untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 01 MAN 03 MALANG. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Nurika Restuningdyah, S.E., M.Si. (2) Drs. Sumadi, S.E., M.M.

Kata kunci : Teknik Penilaian Berbasis Portofolio, Hasil Evaluasi Guru, Prestasi Belajar, Akuntansi

Salah satu faktor penting dalam pengembangan pendidikan adalah sistem penilaian yang akan diterapkan oleh guru untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Teknik penilaian yang dapat dijadikan alternatif penilaian adalah penilaian portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa dengan penerapan teknik penilaian berbasis portofolio dapt berpengaruh terhadap hasil evaluasi guru dan pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 01 MAN 03 MALANG yang berjumlah 34 orang, teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan tes, observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu tahap reduksi data, paparan data dan penyimpulan hasil analisis.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan adanya tindakan penilaian berbasis portofolio yaitu rata- rata nilai akhir portofolio (NAP) siswa menunjukkan angka 81,36 pada siklus 1 dan 82,39 pada siklus 2. selisih antara keduanya adalah 1,03 dan berdasarkan indikator keberhasilan tindakan maka selisih 1,03 dikatakan berhasil karena rumusnya selisih NAP > 0,001 atau 1,03 > 0,001. sedanagkan jika dilihat dari rumus ketuntasan belajar siswa, juga terdapat peningkatan yaitu pada siklus 1 menunjukkan angka 76% dan 84% pada siklus 2 sehingga terdapat peningkatan sebesar 8%.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : (1) Penilaian portofolio telah dapat diterapkan dengan cukup baik pada siswa kelas XI IPS 1 di MAN 03 Malang, (2)Penilaian portofolio berpengaruh terhadap hasil evaluasi pembelajaran guru yang dapat dilihat dari aktivitas yang dilakukan oleh guru peneliti selama siklus 1 dan 2, (3)Penilaian portofolio terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS1 MAN 03 Malang yang dilihat dari aktivitas pembelajaran siswa, ketuntasan belajar siswa dan peningkatan nilai akhir portofolio siswa antara siklus 1 dan siklus 2.

Saran yang diberikan dalam penelitian ini : (1)Bagi penelitian selanjutnya, hendaknya peneliti lebih memperhatikan alokasi waktu karena memerlukan waktu yang cukup banyak, (2)Peneliti selanjutnya hendaknya lebih memperhatikan aktivitas pembelajaran siswa, (3) Peneliti selanjutnya hendaknya mempersiapkan hal- hal yang menarik untuk dilakukan siswa, (4) Hendaknya peneliti berikutnya menunjukkan contoh dokumen portofolio seperti apa agar siswa dapat dengan mudah memahami apa yang nantinya harus dilakukan oleh siswa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas