Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan media kartu gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN menampu 03 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember oleh Anis Mawati
PenulisMawati, Anis
Pembimbing1. Usep Kustiawan 2. Winihasih
Penerbitan2009, S1 Program Studi PGSD.
Subyek1. BAHASA INDONESIA (PENDIDIKAN DASAR) - BECERITA
LabelRs 372.677 MAW p
Abstrak

ABSTRAK

Mawati, Anis. 2009. Penggunaan Media Kartu Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Bercerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Menampu 03. Skripsi, Program S1 PGSD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn (2) Dra. Hj. Winihasih, M.Pd.

Kata kunci: kartu gambar seri, bercerita, bahasa Indonesia

Kurikulum Bahasa Indonesia mempunyai fungsi agar siswa daapt berkomunikasi secara efektif dan efisien. Salah satu cara berkomunikasi adalah berbicara. Kemampuan berbicara yang baik akan membantu siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan berkomunikasi dengan orang lain sesuai dengan etika yang berlaku. Oleh karena itu sejak dini anak harus diberikan pembalajaran berbicara dengan baik. Hasil orientasi di lapangan kelas II SDN Menampu 03 pada umumnya mengalami kesulitan dalam hal berbicara dan mengungkapkan pikiran serta pendapat. Pada saat dilakukan observasi di kelas siswa mengalami kesulitan dalam bercerita. Guru juga belum pernah menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek berbicara di SD perlu digunakan metode dan media yang menarik, yaitu dengan menggunakan media kartu gambar seri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media kartu gambar seri dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan bercerita (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan anak dalam bercerita dengan menggunakan media kartu gambar seri.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mana peneliti bertindak sebagai pengajar lengsung sedangkan guru kelas sebagai pengamat. Prosedur kerja dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsservasi dan refkleksi. Siklus dihentikan jika rata-rata hasil belajar siswa mencapai standadr minimal 75 dengan ketuntasan belajar kelas 75%. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 12 dan 25 Maret 2009 pada siswa kelas II di SDN Menampu 03 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember, dengan obyek penelitian yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.

Hasil penelitian pada siklus I ketuntasan kelas mencapai 45% dengan rata-rata nilai kelas 64,5 sedangkan pada siklus II ketuntasan kelas mencapai 83% dengan rata-rata kelas 81,6.

Dengan demikian daapt disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam bercerita dapat meningkat dengan menggunakan media kartu gambar seri. Berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya guru jika mengajarkan siswa bercerita menggunakan media kartu gambar seri agar kemampuan siswa bercerita menjadi meningkat.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas