Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran kooperatif metode jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 1 Garum oleh Diyan Widiarti
PenulisWidiarti, Diyan
Pembimbing1. PRIH HARDINTO ; 2. DWI WULANDARI
Penerbitan2009, S1 Program Studi Pendidikan Ekonomi.
Subyek1. SUMBER DAYA MANUSIA _ PRESTASI BELAJAR
2. SUMBER DAYA MANUSIA - PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW
LabelRs 331.11076 WID p
Abstrak

ABSTRAK



Widiarti, Diyan. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMPN 1 Garum. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing : (I) Drs. Prih Hardinto M. Si (II) Dwi Wulandari SE, MM.



Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Metode Jigsaw, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar



Pembelajaran dengan metode Jigsaw merupakan salah satu penerapan pembelajaran kooperatif dimana kegiatan belajar mengajar dipusatkan pada siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SMPN 1 Garum, dapat diketahui bahwa pengajaran oleh guru biasanya dilakukan dengan ceramah dan tanya jawab. Cara belajar ini belum memberikan hasil belajar yang memuaskan pada siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif melalui metode Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Garum.

Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Garum pada materi sub pokok bahasan ketenagakerjaan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19-21 Maret 2009 dan 28 Maret-2 April 2009 dengan menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, lembar penilaian motivasi belajar siswa dan angket pendapat siswa mengenai penerapan pembelajaran kooperatif melalui metode Jigsaw. Analisis hasil penelitian dideskripsikan dengan menggunakan teknik persentase.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketercapaian guru dalam menerapkan langkah-langkah metode Jigsaw dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,1%, sedangkan dari observasi kegiatan siswa pada siklus I ke siklus II tampak adanya peningkatan sebesar 6,25%. Motivasi belajar siswa berdasarkan lembar penilaian motivasi siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 10 %, sedangkan berdasarkan angket motivasi belajar siswa siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,25%. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dari kenaikan nilai rata-rata test siklus I dan siklus II sebesar 0,5% dan meningkatkan aktivitas siswa dalam mempresentasikan, bertanya, menjawab pertanyaan, dan menanggapi permasalahan.

Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, maka dapat dikatakan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif melalui metode Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 10 % berdasarkan lembar penilaian motivasi, sedangkan berdasarkan angket motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 0,25% dan prestasi belajar siswa sebesar 0,5%, dalam proses belajar mengajar siswa menjadi lebih tertarik karena adanya variasi tindakan pembelajaran oleh guru sehingga siswa tidak lagi merasa bosan. Selain itu, dalam proses pembelajaran siswa lebih berperan aktif. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan : (1) Guru mata pelajaran IPS disarankan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui metode Jigsaw sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. (2) Dalam pelaksanaan masing-masing fase pembelajaran, hendaknya guru perlu mempertimbangkan pembagian waktu secara efektif dan efisien. (3) Bagi peneliti yang berikutnya ingin meneliti hal yang sama, bisa mencobakan pembelajaran kooperatif melalui metode Jigsaw untuk materi IPS lainnya yang lebih melibatkan aktivitas siswa sehingga menuntut adanya kreatifitas siswa yang lebih.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.