Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa lkelas IV SDN Ranuklindungan I kecamatan Grati kabupaten Pasuruan oleh Widat Maulukhi
PenulisMaulukhi, Widat
Pembimbing1. Musa Sukardi 2. Sutrisno
Penerbitan2009, S1 Program Studi PGSD.
Subyek1. ILMU-ILMU SOSIAL (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
LabelRs 372.83044 MAU p
Abstrak

Rendahnya minat belajar dan daya serap siswa terhadap bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial mengakibatkan prestasi belajar siswa juga rendah. Hal ini antara lain disebabkan oleh metode yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga siswa merasa bosan dan pembelajaran menjadi tidak menarik. Oleh karena itu dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diantaranya melalui penggunaan metode diskusi.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS,dan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penggunaan metode diskusi dengan materi Sumber Daya Alam yang Berhubungan dengan Kegiatan Ekonomi.

Pelaksanaan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas( PTK ) yang dilakukan dalam 2 siklus,masing-masing siklus satu kali pertemuan (3x35).Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Ranuklindungan I.Instrumen yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang proses pembelajaran,sedangkan dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang prestasi siswa dilihat dari pretes dan post tes.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS dengan nilai rata-rata pra tindakan 68,siklus I 76,dan siklus II 90. Selain itu, keaktifan siswa juga menunjukkan peningkatan dengan rata-rata siklus I 76,dan siklus II 80.

Bertitik tolak dari hasil penelitian,beberapa saran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebagai berikut :(1) guru hendaknya berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan pengetahuan,kemampuan,dan ketrampilan siswa dalam proses pembelajaran melalui berbagai pendekatan dan latihan;(2) guru hendaknya menggunakan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS atau pelajaran lain sesuai dengan materi yang akan dipelajari;(3) bagi siswa hendaknya dapat memanfaatkan diskusi ini sebagai sarana tukar pendapat,melatih keberanian berbicara,dan menghargai pendapat orang lain.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas