Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode jaritmatik untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas II SDN Kolursari I Banagil oleh Nanik Ruqoiyah
PenulisRuqoiyah, Nanik
Pembimbing1. TOMAS IRIYANTO ; 2. HARTI KARTINI
Penerbitan2009, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. ARITMATIKA (PENDIDIKAN DASAR) - PEMAHAMAN KONSEP
2. PERKALIAN - PEMAHAMAN KONSEP
3. JARITMATIKA
LabelRs 372.72044 RUQ p
Abstrak

ABSTRAK

Ruqoiyah, Nanik. 2009. Penerapan Metode Jaritmatika untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Konsep Perkalian pada Siswa kelas II SDN Kolursari I Bangil. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Thomas Irianto, M.Pd., (II) Dra. Harti Kartini, M.Pd.



Kata Kunci: Metode, Jaritmatika, Perkalian.



Pembelajaran berhitung di SD kelas rendah hendaknya menarik dan membuat siswa senang belajar sambil beraktivitas. Pembelajarannya dimulai dari yang paling sederhana menuju yang lebih kompleks, dari yang konkret menuju ke abstrak. Dengan menggunakan pengalaman-pengalaman sosial siswa, penggunaan alat peraga, belajar sambil bermain atau bernyanyi akan lebih menyenangkan dan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep matematika. Berkaitan dengan berhitung di kelas II SDN Kolursari I Bangil yang merupakan permasalahan adalah materi perkalian. Masalahnya adalah rendahnya aktifitas dan pemahaman konsep siswa dalam perkalian yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman konsep perkalian dengan metode Jaritmatika, yaitu cara belajar berhitung dengan menggunakan sepuluh jari tangan.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan PTK yang dilakukan selama 2 bulan sejak pertengahan April sampai akhir Mei 2009. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Kolursari I Bangil yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: keaktifan siswa mengalami peningkatan dari 79%-94% pada siklus 1 menjadi 85%-98% pada siklus 2. kemampuan untuk memahami konsep perkalian siswa juga mengalami peningkatan dari 45% pada siklus 1 menjadi 83% pada siklus 2. hasil belajar siswa juga ada peningkatan dari rata-rata hasil belajar siswa 73 pada siklus 1 menjadi 91 pada siklus 2, secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan metode jaritmatika dalam pembelajaran matematika.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas