Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulMeningkatkan pembelajaran membaca menulis permulaan dengan model kartu huruf di kelas I SDN Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan oleh Erlinawati
PenulisErlinawati
Pembimbing1. MUHANA GIPAYANA ; 2. AHMAD BADAWI
Penerbitan2009, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. MEMBACA (PENDIDIKAN DASAR) - METODE PEMBELAJARAN
2. MENULIS (PENDIDIKAN DASAR) - METODE PEMBELAJARAN
LabelRs 372.41 ERL m
Abstrak

ABSTRAK



Erlinawati.2009.Meningkatkan Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan dengan Model Kartu Huruf di Kelas I SD Negeri Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana, M.Pd, (2) Drs. A. Badawi, M.Pd



Kata Kunci : Pembelajaran membaca menulis, membaca menulis permulaan, kartu huruf



Kemampuan membaca menulis merupakan landasan utama untuk menimba ilmu pengetahuan. Untuk itu kemampuan membaca menulis perlu diterapkan sejak dini. Berdasarkan hasil observasi di kelas I SDN Kemiri, kemampuan berbahasa Indonesia khususnya kemampuan membaca menulis permulaan perlu diadakan perbaikan proses pembelajaran guna meningkatkan kemampuan membaca menulis.

Ruang lingkup penelitian ini meliputi aktifitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan media kartu huruf. Obyek penelitian hanya pada siswa-siswi kelas I SDN Kemiri kemiri semester ganjil tahun pelajaran 2008-2009. Hal yang diteliti mengenai keberhasilan pembelajaran membaca menulis permulaan dengan menggunakan media kartu huruf . sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode SAS.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran membaca menulis permulaan dengan model kartu huruf dan perkembangan kemampuan membaca menulis permulaan.

Sesuai dengan tujuan penelitian ini maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menguunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca menulis permulaan dengan model kartu huruf dapat mempermudah pemahaman siswa akan huruf-huruf sehingga mempermudah untuk merangkai suku kata, kata, dan kalimat. Penelitian dilakukan pada 40 siswa, hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata pada siklus I sebesar 40,2% ( kegiatan pra siklus I ) meningkat menjadi 63,25. Pada siklus II menunjukkan peningkatan prosentase dari 63,2% (kategori sedang ) menjadi 72,1% (kategori baik). Sedangkan dari hasil observasi pada siklus I dan siklus II siswa menyukai pembelajaran membaca menulis menggunakan media kartu huruf, hal ini ditunjukkan dengan 50% pada siklus I siswa dalam kategori baik, dan 55% siswa pada siklus II dalam kategori baik sekali.

Selain hasil belajar dan observasi, dan wawancara dengan guru dan siswa kelas 1 menunjukkan peningkatan prestasi belajar yang berarti, hal ini terbukti siswa lebih menyukai model kartu huruf karena merasa belajar sambil bermain.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas