Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulUpaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMAN I Probolinggo dengan metode pembelajaran kooperatif model teams-assisted-individualization oleh Indra Ari Pradana
PenulisPradana, Indra Ari
Pembimbing1. DYAH AJU WARDHANI ; 2. EKA ANANTA SIDHARTA
Penerbitan2009, S1 Program Studi Pendidikan Akuntansi.
Subyek1. AKUNTANSI - PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TAI ()TEAMS-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION
LabelRs 657.042076 PRA u
Abstrak

Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Probolinggo Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif

Model Teams Assisted Individualization



Indra Ari Pradana

S1 Pendidikan Akuntansi

DR. Dyah Aju Wardhani, M.Si, Ak.

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang



Abstract: Pradana, Indra Ari. 2009. Motivation and Study Results Improvement of Accounting Students Class XI IPS in SMAN 1 Probolinggo by Using Cooperative Learning Methods of Teams Assisted Individualisation Model. Thesis, Department of Accounting Education, Economic Faculty, Malang State University. Supervisors: (1) Dr. Dyah Ayu Wardani, Msi, Ak (2) Eka Ananta Sidharta, SE. Msi Ak



Keywords: Cooperative Learning Method of Teams Assisted Individualization Model, motivation, study result.

Based on the results of observation and interview with the accounting subject’s teachers in SMAN 1 Probolinggo, it was identified that the methods of accounting subject in class included speech method, discussion or review on accounting book’s exercises. These methods, absolutely, influence the motivation of student to actively study the subject. Consequently, it affects the student’s study result which is shown by many students who have to repeat the exam since their score are lower than the Minimum Fulfilment Criteria established by SMAN 1 Probolinggo which is 75 points. Therefore, learning strategy is crucial to overcome this problem. One of the learning strategies, which was used in this research, is Teams Assisted Individualization Model.

The aim of this research was to identify the motivation and study result of accounting students class XI IPS in SMAN 1 Probolinggo trough the implementation of cooperative learning method of Teams Assisted Individualization Model. This research was classified as non-experimental research with using Class Action Research (CAR) design, which was consisted of two cycles. Data was collected from 2 March 2009 to 25 May 2009. Data on the student’s study motivation was gained from observation and the student’s study result was obtained from post-test result in the end on each cycle. The research results demonstrated that the student’s study motivation before the treatment was 32,99%, categorized as very low. Their motivation improved to 53,97% in cycle I and classified as low, as well as in cycle II which increased to 82,89% and classified as good. The same as, student’s study result also climbed up. Before the treatment, the average score of study result was 44.48 points with the study fulfilment of 6.90%. Then, after treatment, in cycle I, this score increased at point of 66.90 with the study fulfilment of 38% and in cycle II, there was an increase where the average score was 77.76 points with the study fulfilment of 78.98%. However, based on these results from cycle I and II, it can be stated that these result has not been classically achieve the study fulfilment because it still lower that 85% of the students total number who have absorptive power of more than 75%.

In conclusion, the implementation of cooperative learning method of Teams Assisted Individualization Model could improve the student’s motivation and study result on the accounting subjects with the sub theme of “Accounting Cycle of Service Company”, partially the students class XI IPS in SMAN 1 Probolinggo.

It is recommended that the accounting teachers are needed to continuously improve his/hers professionalism competency by which enhance the student perception about this matter and will positively influence the student’s motivation and study results. And for the readers who interested doing the same research, it is suggested to use the sample research with broaden population and expand other problems related with the student’s motivation and study results. Furthermore, it is expected that the research result will exploit other problems, as well as provide benefit and information for many parties.



Dalam perkembangan globalisasi seperti sekarang ini, diharapkan bangsa Indonesia mengalami kemajuan dalam berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Upaya peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan menjadi salah satu tuntutan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Titik berat penyelenggaraan pendidikan diletakkan pada peningkatan mutu pendidikan. Untuk memperoleh hasil pendidikan yang maksimal maka peningkatan mutu pendidikan harus dilaksanakan secara terus menerus, terencana, dan bertahap.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan, antara lain penyempurnaan kurikulum, peningkatan kualitas guru, perbaikan proses pembelajaran serta pengadaan sarana dan prasarana. Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan tidak hanya dilihat dari proses pembelajarannya. Orbana (dalam Muslihati, 2005:1) mengungkapkan bahwa salah satu sebab belum tercapainya tujuan pendidikan, terutama terletak pada inti pembelajaran yang belum banyak melibatkan siswa secara aktif. Inti pembelajaran yang dimaksud adalah pemilihan dan penerapan metode pembelajaran, penguasaan materi pembelajaran dan interaksi siswa dengan siswa serta interaksi siswa dengan guru. Proses pembelajaran di kelas memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Guru hendaknya dapat memilih dan menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi atau bahan ajar yang akan diberikan pada siswa. Pemilihan dan penentuan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi atau bahan ajar yang akan diajarkan diharapkan akan memudahkan siswa untuk memahami materi yang diajarkan dan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa. Dengan diterapkannya variasi pembelajaran akan menumbuhkan motivasi dalam proses belajar mengajar yang menimbulkan kemauan, memberi semangat, dan menimbulkan motivasi untuk meningkatkan prestasi belajarnya.

Dalam pembelajaran Akuntansi, dimana akuntansi merupakan pengetahuan yang mempunyai peran sangat besar dalam kehidupan sehari-hari maupun pengembangan ilmu pengetahuan, diperlukan tingkat pemahaman dan ketelitian yang tinggi dari siswa. Untuk itu diperlukan adanya motivasi yang tinggi dari peserta didik untuk dapat lebih memahami materi yang diterangkan.

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Dari berbagai model pembelajaran, terdapat model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran akuntansi dan peningkatan hasil belajar adalah pembelajaran kooperatif, karena dengan metode pembelajaran kooperatif ini siswa dapat bekerja sama dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Setiap anggota kelompok dituntut untuk saling bekerja sama dengan teman kelompoknya. Setiap anggota kelompok harus membantu teman dalam kelompoknya dengan cara melakukan apa saja yang dapat membantu kelompok itu berhasil, dan yang lebih berani mengungkapkan pendapat dan bertanya satu sama lain. Selain itu, rasa jenuh pada diri siswa karena materi yang rumit dan kompleks serta suasana belajar di kelas yang kurang menyenangkan akan teratasi.

MANFAAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Ada beberapa alasan penting mengapa sistem pengajaran kooperatif ini perlu dipakai lebih sering di sekolah-sekolah. Seiring dengan proses globalisasi, juga terjadi transformasi sosial, ekonomi, dan demografis yang mengharuskan sekolah dan perguruan tinggi untuk lebih menyiapkan anak didik dengan ketrampilan-ketrampilan baru untuk bisa ikut berpartisipasi dalam dunia yang berubah dan berkembang pesat (Lie Anita,2002:12). Belajar kooperatif merupakan salah satu metode pembelajaran yang diyakini mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa, karena pembelajaran ini berorientasi pada siswa. Pembelajaran kooperatif memberikan kesempatan pada siswa untuk membangun pemahaman konsep melalui aktivitas sendiri dan interaksinya dengan siswa lain.

PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL “TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION”

Salah satu model pembelajaran kooperatif yang cocok diterapkan pada mata pelajaran akuntansi dan dirasa mampu meningkatkan hasil belajar akuntansi adalah Team-Assisted Individualization. Team Assisted Individualization adalah model pembelajaran yang dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual dengan mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran individual (PPPM, 2006:8). Model ini mempunyai ciri khas, yaitu setiap siswa secara individual belajar materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan oleh guru. Hasil belajar individual dibawa ke kelompok-kelompok untuk didiskusikan dan saling dibahas oleh anggota kelompok, semua anggota kelompok bertanggung jawab atas keseluruhan jawaban sebagai tanggung jawab bersama. Model ini 4 tahap yaitu : mengajar, belajar individu, belajar kelompok, pembahasan soal bersama-sama, memberikan kesimpulan akhir tentang materi yang diajarkan

Sebagai upaya peningkatan kualitas belajar maka pendekatan Team Assisted Individualization perlu digunakan, karena metode ini merupakan penggabungan antara pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran individu sehingga dengan menggunakan metode ini, diharapkan nantinya siswa akan memiliki kemampuan lebih dalam memahami konsep materi, sikap positif juga keterampilan. Metode ini dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual dengan mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran individual (PPPM,2006:8). Dalam penelitian ini pembelajaran yang direncanakan menggunakan ceramah, diskusi, pemberian tugas secara individual maupun kelompok dan pembelajaran langsung (pelatihan), serta melalui pemberian bantuan/fasilitas (Fasilitator) kepada siswa dalam membuat rangkuman, mengarahkan, dan memberikan penegasan pada materi pembelajaran yang telah dipelajari yang dapat membantu siswa dalam mencapai tingkat pemahaman dan keterampilan yang diharapkan. Bantuan berupa tanggapan dalam penelitian yaitu berupa tugas-tugas yang terstruktur kepada siswa baik secara individual maupun kelompok dimana guru juga memberikan bantuan berupa petunjuk, peringatan, dorongan, menguraikan masalah ke dalam langkah-langkah pemecahan, dan memberikan contoh ataupun yang lain yang memungkinkan siswa tumbuh mandiri.

KOMPONEN “TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION”

Retna Kusumaningrum (2007) menjelaskan model pembelajaran tipe Teams Assisted Individualization ini memiliki 8 komponen, kedelapan komponen tersebut adalah sebagai berikut.

1. Teams yaitu pembentukan kelompok heterogen yang terdiri dari 4 sampai 5 siswa.

2. Placement Test yaitu pemberian pre-test kepada siswa atau melihat rata-rata nilai harian siswa agar guru mengetahui kelemahan siswa pada bidang tertentu.

3. Student Creative yaitu melaksanakan tugas dalam suatu kelompok dengan menciptakan dimana keberhasilan individu ditentukan oleh keberhasilan kelompoknya.

4. Team Study yaitu tahapan tindakan belajar yang harus dilaksanakan oleh kelompok dan guru memberikan bantuan secara individual kepada siswa yang membutuhkan.

5. Team Score and Team Recognition yaitu pemberian score terhadap hasil kerja kelompok dan memberikan kriteria penghargaan terhadap kelompok yang berhasil secara cemerlang dan kelompok yang dipandang kurang berhasil dalam menyelesaikan tugas.

6. Teaching Group yaitu pemberian materi secara singkat dari guru menjelang pemberian tugas kelompok.

7. Fact test yaitu pelaksanaan tes-tes kecil berdasarkan fakta yang diperoleh siswa.

8. Whole-Class Units yaitu pemberian materi oleh guru kembali diakhiri waktu pembelajaran dengan strategi pemecahan masalah

HASIL PENELITIAN

A. Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kooperatif Model Teams Assisted Individualization

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa pembelajaran akuntansi dengan menggunakan model Teams Assisted Individualization telah mampu membawa perubahan pada motivasi belajar siswa, meskipun masih terdapat banyak kekurangan-kekurangan dalam penerapannya.

Pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat dibanding dengan sebelum diberi tindakan yaitu dari 32,99 % dengan taraf keberhasilan sangat kurang menjadi 53,97 % pada siklus I dengan taraf keberhasilan mencapai kurang. Pada siklus II meningkat menjadi 82,89 % dengan taraf keberhasilan baik.

Peningkatan motivasi belajar dari Pra Tindakan ke Siklus I ini dimungkinkan karena adanya motivasi baru dalam pembelajaran misalnya dengan diterapkannya model pembelajaran baru, yaitu pembelajaran kooperatif model Teams Assisted Individualization, siswa tidak lagi merasa jenuh di kelas karena pada model pembelajaran ini diadakan belajar kelompok dengan kelompok yang dibagi secara acak dan heterogen untuk mengerjakan LKS, diskusi kelompok, pembahasan soal diskusi maupun tugas individu secara bersama-sama, membuat siswa lebih termotivasi untuk mengikuti dan memperhatikan penjelasan guru, meski peningkatannya belum maksimal.

Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I ini, ternyata masih ada kekurangan yang terjadi dalam proses pembelajaran pada siklus I ini. Kekurangan tersebut adalah masih terdapat beberapa siswa yang masih pasif dan kurang semangat untuk belajar kelompok, penjelasan guru terlalu cepat sehingga siswa kurang bisa menangkap penjelasan dari guru, beberapa siswa masih malas mengerjakan LKS, ramainya suasana kelas pada saat diskusi serta adanya siswa yang minta bantuan temannya saat tes berlangsung. Sehingga dari hasil refleksi ini ditempuh perbaikan-perbaikan yang akan dilaksanakan pada tindakan berikutnya.

Mengenai kurang aktifnya siswa dalam belajar kelompok, hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah siswa tidak terbiasa dengan belajar kelompok ataupun ada siswa yang merasa kurang cocok atau ada masalah dengan teman kelompoknya. Sehingga mereka ada yang malas diajak belajar bersama yang mengakibatkan komunikasi dalam kelompokpun menjadi kurang. Dari hasil inilah kemudian peneliti berusaha memperbaikinya dengan memberikan motivasi-motivasi kepada siswa tentang pentingnya belajar kelompok demi keberhasilan mereka semua. Bahwa dengan belajar kelompok mereka yang tidak mengerti bisa meminta bantuan anggota kelompok yang lain untuk menerangkan, kalau hal itu terjadi maka kelompok tersebut bisa memahami pelajaran secara merata. Peneliti juga memberikan pengarahan kepada siswa yang mempunyai masalah pribadi dengan teman sekelompoknya untuk tidak memasukkan permasalahan individu pada saat proses pembelajaran karena hal itu bisa menghambat keberhasilan mereka.

Peran LKS ternyata juga membantu dalam proses komunikasi siswa. Peran LKS dalam pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization adalah sebagai alat untuk memperlancar komunikasi siswa dalam kelompok. Oleh karena itu untuk memperlancar komunikasi maka siswa harus mengetahui dan memahami isi dari LKS yang akan didiskusikan.

Dalam memahami LKS ternyata siswa juga mengalami kesulitan. Meskipun siswa sudah mendapatkan materi mengenai Jurnal Penyesuaian, Kertas Kerja dan Jurnal Penutup ternyata siswa masih banyak yang belum memahami akun-akun dalam jurnal penyesuaian dan jurnal penutup serta cara penghitungannya. Oleh karena itu peneliti kemudian harus menjelaskan kembali dan membimbing siswa atau kelompok yang memang masih belum mengerti tentang materi yang dijelaskan

Dalam mengatasi masalah mengenai siswa yang malas mengerjakan tugas di LKS, peneliti mencoba berusaha memberikan motivasi agar siswa tersebut mau dan bersedia mengerjakan tugas di LKS dengan sungguh-sungguh.

Sedangkan mengenai keributan yang terjadi, oleh peneliti dianggap wajar dalam diskusi asalkan tidak sampai mengganggu kegiatan belajar di kelas lain. Peneliti berusaha menegur siswa yang terlalu berbuat gaduh di dalam kelas agar tidak samapai mengganggu kegiatan belajar di kelas lain.

Pada siklus II, terjadi peningkatan motivasi dari siklus I dalam pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization, hal ini diindikasikan oleh keterlibatan siswa dalam pembelajaran tinggi, siswa menjadi semangat dalam belajar, pengetahuan yang diperoleh siswa bukan semata-mata dari guru tetapi juga melalui keterlibatan oleh siswa, dapat menumbuhkan sikap-sikap positif dalam diri siswa seperti kerjasama, toleransi dan bisa menerima pendapat orang lain.

Peningkatan motivasi pada siklus II ini dikarenakan adanya perbaikan dari kekurangan pada siklus I, yaitu kelompok dibagi secara adil yaitu dengan mengelompokkan siswa yang memiliki kemampuan lebih dikelompokkan dengan siswa yang memiliki kemampuan kurang atau sedang dilihat berdasarkan nilai pada post-test siklus I sehingga siswa yang pandai akan menularkan ilmunya pada siswa yang kemampuannya sedang atau kurang. Di samping itu, peneliti memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya belajar kelompok demi keberhasilan mereka semua. Peneliti juga memberikan pengarahan kepada siswa yang mempunyai masalah pribadi dengan teman sekelompoknya untuk tidak memasukkan permasalahan individu pada saat proses pembelajaran karena hal itu bisa menghambat keberhasilan mereka. Guru mengajak siswa bersama-sama membahas soal-soal yang telah diberikan sehingga membuat siswa lebih mengerti dan memahami tentang materi yang diberikan, dan pada saat jam pelajaran menjelang berakhir, guru menyuruh siswa secara acak untuk menjelaskan kesimpulan dari materi yang sudah dijelaskan.

Oleh karena suasana belajar yang menyenangkan ini maka siswa akan merasa senang dan termotivasi untuk giat belajar dan berusaha secara maksimal demi keberhasilan mereka. Intensitas motivasi belajar seorang siswa akan sangat menentukan tingkat pencapaian hasil belajar. Sehingga jika motivasi belajar pada diri siswa baik, maka diharapkan hasil belajarnya pun akan meningkat.

Proses perbaikan ini dilakukan pada saat pembelajaran siklus II, dan hasilnya kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus sebelumnya berhasil untuk dihilangkan pada siklus II ini. Sehingga proses belajar pun menjadi lancar dan terkendali.

B. Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kooperatif Model Teams Assisted Individualization

Sesuai dengan hasil nilai tes (bisa dilihat pada lampiran…), nampak bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Pada Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 66,90, meningkat daripada sebelum diberi tindakan yang hanya sebesar 44,48. Sedangkan terdapat 38 % siswa yang tuntas belajar yang berarti belum mencapai ketuntasan belajar secara klesikal, Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 77,76 dan terdapat 75,86 % siswa yang mengalami ketuntasan belajar meningkat bila dibandingkan siklus sebelumnya dan hal ini berarti kelas tersebut belum mengalami ketuntasan belajar secara klasikal..

Dari data tersebut maka terlihat adanya peningkatan nilai rata-rata dan prosentase siswa yang tuntas belajar. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa mengalami kemajuan belajar dalam hal pemahaman materi yang dibuktikan dari hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa yang meningkat

Hasil ini tidak terlepas dari adanya motivasi siswa yang meningkat karena merupakan suatu hal yang wajar bahwa dengan meningkatnya motivasi belajar siswa maka hasil belajarnya pun menjadi meningkat. Intensitas motivasi yang dimiliki seorang siswa akan sangat menentukan tingkat pencapaian prestasi belajarnya.

Berdasarkan refleksi pada siklus I diperoleh bahwa adanya siswa yang belum tuntas belajar disebabkan siswa masih belum memahami materi secara keseluruhan karena penjelasan guru terlalu cepat. Guru sebenarnya telah berusaha membimbing siswa per individu, namun ada beberapa siswa yang kurang memanfaatkan kesempatan yang diberikan guru untuk bertanya dan meminta penjelasan yang belum dimengerti. Sehingga pada siklus berikutnya guru (peneliti) berusaha untuk menjelaskan materi dengan waktu yang ditambah sehingga tidak terlalu cepat dalam memaparkan materi. Disamping itu, guru juga lebih intens memberikan pengarahan dan bimbingan kepada siswa agar siswa yang masih belum paham mengenai penjelasan guru, bisa menanyakan kembali materi yang masih belum dipahami dengan harapan agar tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa terwujud.

Sedangkan pada Siklus II proses belajar berjalan dengan lancar hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar yang memuaskan yaitu terdapat 75,86 % siswa yang tuntas belajar artinya mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya. Selain itu terdapat 7 siswa (24,14 %) siswa yang mendapat nilai dengan kategori cukup, 11 siswa (37,93 %) siswa dengan kategori baik dan sebanyak 11 siswa (37,93 %) siswa mendapat kategori sangat baik.

Dari pembahasan ini menunjukkan bahwa pembelajaran Team Assisted Individualization merupakan salah satu alternative yang bisa digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa maupun hasil belajar mereka. Namun demikian dari proses penelitian yang dihasilkan maka ada hal-hal penting yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dalam melaksanakan pembelajaran model Teams Assisted Individualization. Karena pembelajaran model ini membutuhkan banyak waktu dalam pelaksanaannya serta suasana kelas juga sangat ramai dan dilain


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Penerapan problem based learning (PBL) pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan dan hasil belajar siswa kelas XI-IS 4 SMA Negeri 2 Blitar / Ulya Brilian
2Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model numbered head together dalam upaya meningkatkan aktivitas dan minat belajar akuntansi pada soswa kelas X ak 1 Shalahuddin Malang / Ratna Yulia
3Penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) metode snowball throwing untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang pada mata pelajaran akuntansi / Nurinda Hamida
4Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan aktivitas belajar dan sikap positif siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Ihsanul Winda Sari
5Penerapan model discovery learning berbantuan kokami notes untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Perbankan 2 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Lindawati
6Penerapan model pembelajaran aktif tipe learning start with a question untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Hari Wuspita Wardani
7Penerapan problem based learning berbasis lesson study pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kjelas X Jurusan Akuntansi di SMKN 2 Blitar / Febby Wahyu Kriswanti
8Penerapan pembelajaran quantum learning dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan / Laila Fatmawati
9Meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa SMAN 6 Kediri melalui collaborative learning / Widya Roshandi
10Penerapan model discovery learning berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa di SMK Islam Batu / Aisah Rachmawati
11Penerapan Project Based Learning berbasis lesson study pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Widya Dharma Turen / Aan Fariandi
12Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi (pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Novida Wahyu Mustikasari
13Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan pertisipasi siswa kelas XI Akuntasi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran Akuntasi / Rystahati Kusumawardhani
14Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan lesson study (pada siswa kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMA Negeri 02 Lumajang tahun ajaran 2010/2011) / Eva Ummimatul Khoiroh
15Penerapan model blended learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matapelajaran akuntansi kompentensi dasar jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang / Eflin Erma Erviana
16Penerapan model pembelajaran think pair share dan talking stick meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) tahun ajaran 2013-2014 / Deka Haryan Dini
17Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa akuntansi melalui pembelajaran berbasis masalah (studi kasus mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang) / Baiq Fitri Arianti
18Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi melalui model Think Pair Share di SMAN 6 Malang / Dudung Ma'ruf Nuris
19Penerapan pembelajaran kontekstual dengan masyarakat belajar atau learning community dalam upaya meningkatkan motivasi belajar akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK A SMK Shalahuddin Malang semester ganjil tahun ajaran 2008/2009) / Wika Paristri
20Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together (NHT) sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akuntansi kelas XI-IS 1 di SMAN 1 Badegan Ponorogo / Dyah hayu Fitriana
21Penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan struktur kognitif peserta didik pada tingkat pemahaman dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2009/2010 / Muhammad Afif Jauhar Arifin
22Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan merespon pertanyaan pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Shalahuddin Malang / Titis Puspitaningrum Dewi Kartika
23Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair square untuk meningkatkan kemampuan inkuiri siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi: studi kasus pada siswa kelas X Program Akuntansi SMK PGRI Pakisaji tahun ajaran 2009/2010 / Nina Dismita
24Penerapan model pembelajaran teknik inkuiri untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran akuntansi, studi kasus pada siswa kelas 1 Akuntansi SMK Ardjuna 01 Malang / Anif Riyanti
25Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan perhatian siswa kelas XI IPS-3 pada mata pelajaran akuntansi SMA Negeri 1 Malang / Mas'udah Purwanti
26Implementasi pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X AK SMK PGRI 6 Malang / Nilasari Firda Kurnia
27Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab siswa di SMK PGRI Pakisaji / Wahyu Ekowati
28Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (Student teams-achievment division) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Raysa Resti Maharani
29Penerapan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Studi kasus pada siswa program keahlian akuntansi di SMK N 1 Lamongan) / Umi Choiriyah
30Penerapan pembelajaran kooperatif model cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan motivasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan / Retno Mayasari
31Pengembangan model pembelajaran dengan pendekatan scaffolding learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I Jurusan Akuntansi di SMK BM Ardjuna I Malang / Widya Astuti BM
32Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa kelas XI Akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang / Vivi Sulistya Rahman
33Penerapan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan Scaffolding untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / oleh Lina Yuliastutik
34Penerapan pembelajaran kooperatif metode think pair share untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar akuntansi siswa / Siti Mutmainnah
35Penerapan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX IPS MAN Tlogo Blitar / Khurul Faizah
36Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Assisted Individualization (TAI) dengan bermain istilah twitter untuk meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi bagi siswa kelas X Administrasi Perkantoran (APK) SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Hidayatul Ilmiah
37Penerapan metode pembelajaran kooperatif model cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi (pada siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 2 Blitar) / Dita Wulandari
38Penerapan problem based learning berbasis lesson study pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-Keuangan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Andana Imantaka
39Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI KU 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Saulya Al Qurana
40Implementasi model pembelajaran kooperatif dengan Make A Match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kel;as XI Ilmu Sosial 3 SMA Negeri 1 Tumpang / Dony Priyantoro
41Penerapan model pembelajaran Team Based Learning (TBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa akuntansi di SMKN 2 Blitar / Arina Manasikana
42Penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu dengan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nurul Laili Fitriyah
43Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi kasus di SMA Negeri 1 Batu dalam kerangka lesson study) / Afri Cahyani
44Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 2 Tulungagung / Candra Eko Cahyono
45Penerapan model pembelajaran kooperatif improve untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran akuntansi / Maulidya Prasadena
46Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai asesmen alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kraksaan / Maria Ulfa Aprianti
47Lembar kerja siswa (LKS) sebagai assement alternatif antuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 semester I SMA Negeri 1 Sumenep / Agus Setia Dwi Laksana
48Penerapan model pembelajaran langsung dengan media dokumen transaksi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Paramitha Mojokerto / Sheila Kartikasari
49Penerapan scaffolding learning pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yeni Kusuma Wardani
50Penerapan metode assignment (pemberian tugas) untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Turen / Kharisma Danang Yuangga
51Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Ak-1 SMK Negeri 1 Jombang / Arumingdyah
52Penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) melalui pembelajaran kooperatif model Grouyp nvestigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Erma Sulistia Ningsih
53Penerapan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan pakem (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 02 Malang / Siti Khusniah
54Penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar daya ingat siswa kelas XI mata pelajaran akutansi di SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar / Wulan Puji Lestari
55Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis lesson study dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Kurnia Riesty Utami
56Implementasi model active learning tipe small group work untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Ngawi / Ressica Okky Herlita
57Penerapan metode Index Card Match berbasis Lesson Study untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi pencatatan jurnal khusus siswa kelas XI AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Juan Eko Prasetyo
58Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X1 Akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Ida Triwahyuni
59Penerapan model pembelajaran inkuiri berbasios lesson study untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK PGRI 6 Malang / Amila Dwi Rahma
60Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Negeri 1 Turen / Faradella Maharani
61Penerapan model problem based learning berpaduan lesson study untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu / Intan Dwi Meiyani
62Implementasi model pembelajaran ARIAS-Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi (studi pada siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 03 Singosari) / Nur Rohmatul Maulida
63Penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII Jurusan IPS SMA Negeri 1 Pasuruan / Ahmad Nasrullah
64Penerapan pembelajaran scaffolding akuntansi menggunakan ujung jari pada materi jurnal untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS-1 SMAN 5 Kupang Nusa Tenggara Timur / Subagya Susiati
65Penerapan problem based learning dalam kerangka lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Imam Baidillah
66Penerapan metode numbered heads together (NHT) berbasis lesson study (LS) sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa pada materi akuntansi kelas X AK di SMK Muhammadiyah 5 Singosari tahun ajaran 2014/2015 / Albertus Agta
67Penerapan metode pembelajaran kooperatif model corners untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kesamben / Fadila Sinta Resmi
68Penerapan strategi pembelajaran timbal balik (Reciprocal Teaching) model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mata diklat akuntansi pada siswa kelas X-AK SMK Ardjuna 01 Malang / Noermala Virginia
69Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Novela Nariska Putri
70Penerapan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Malang / Nur indana Zulfa
71Implementasi kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan talking stick untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 3 SMA Islam Malang / Sherllly Septyanti
72Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN 3 Malang pada mata pelajaran akuntansi / Intan Mardiana
73Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Jombang / Dyah Rahmawati
74Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dengan media visual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang pada mata pelajaran akuntansi / Muhammad Fadlul Rohman
75Penerapan metode pembelajaran model Think-Pair-Share ( TPS ) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI-AK program keahlian Akuntansi di SMK 01 Ardjuna Malang / Hanif Fadlyati
76Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation ( GI ) untuk meningkatkan motifasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X ak SMK PGRI 6 Malang / Silvia Nurdiana
77Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sumberpucung / Reni andrining tyasl
78Meningkatkan prestasi siswa melalui pembelajaran berbasis penilaian portofolio pada mata pelajaran akuntansi di SMK "Ardjuna" 01 Malang / Yayuk Endang Kusrini
79Penerapan discovery learning pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK SMK Shalahuddin Malang) / Titin Oktaviani Pamungkas
80Penerapan pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan scaffolding pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bangil / Leni Oktavia Qomari
81Pengembangan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik melalui metode problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Murni Wijayanti
82Penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL ) dengan pemodelan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang / Fitria Nur Anggraini
83Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan prestasi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Imam Hanafi
84Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran diklat akuntansi (studi kasus SMK "Ardjuna" 01 Malang) / Indra Nurhayati
85Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi (Studi kasus siswa kelas 1 jurusan akuntansi SMK PGRI Pakisaji Kabupaten Malang) / Bernadeta Peni Rahayu
86Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa-siswi kelas XI IPS 1 di MAN 3 Malang / Safira Madanisa
87Penerapan pembelajaran kontekstual dengan kombinasi strategi kooperatif jigsaw dan tutorial sebaya (peer tutoring) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar sisw pada mata pelajaran akuntansi ... / Johan Efendi
88Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII di SMAN 6 Malang / Farah Amalia
89Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kels X MA Al-Ula Ambat Tlanakan Pamekasan / M. Hasib
90Penerapan pembelajaran kooperatif metode make-a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal umum di SMA Kertanegara Malang / Nur Indahwati
91Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada mata diklat akuntansi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Blitar / Erlina Hindrawati
92Penerapan pembelajaran kooperatif model stad problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Marisa Kristiani
93Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan nilai dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran mata diklat akuntansi siswa kelas XIAK2 SMKN 1 Turen / Ika Widarti
94Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student teams-achievement divisions) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Nurina Rahmawati
95Implementasi pembelajaran kooperatif metode team accelerated instruction (TAI) padfa mata palajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X KU 1 program keahlian akuntansi di SMKN 2 Nganjuk / Yohan Bakhtiar
96Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas X SMK Ardjuna 1 Malang / Widia Rahmaning Tyas
97Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI KU II SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat produktif akuntansi / Yeny Efriana
98Penerapan metode think-pair-share (TPS) dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi keuangan siswa kelas 1B-AK di SMK Salahuddin Malang / Nanik Choirul Zanah
99Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Ak 1 di SMK Negeri 1 Turen / Subrotun Nafsiah
100Penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) dengan learning cycle (LC) 5E untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tumpang / Yeti Yuni Yatin
101Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TS-TS) dengan menggunakan model sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran akuntansi tahun ajaran 2009/2010 / Fonin Din
102Penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang / Denis Yulyaningtyas
103Penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Dewi Sri Wahyuni
104Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang / Retno Dwi Pangesti
105Implementasi pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam model jigsaw pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono) / Ulfatul Zarok
106Penerapan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Turen / Dwi Yuniarsi Astuti
107Penerapan pembelajaran pola PBMP (Pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) dengan model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X AK 2 SMK PGRI 3 Nganjuk pada mata pelajaran siklus akuntansi / Yulita Windawati
108Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada mata diklat akuntansi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK SMK PGRI 4 Pasuruan / Olviyan Afriyani
109Penerapan pola pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode think pair share (TPS) untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi kelas X AK 1 di SMK Negeri 2 Blitar / Bayu Mukaromah A.
110Penerapan model pembelajaran think-pair-share untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab dan hasil belajar siswa kelas XI/IPS 4 MAN Kota Blitar tahun ajaran 2007/2008 pada mata pelajaran akuntansi / Fajriya Muthmainah
111Penerapan metode rwo stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran siklus akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Wiwin Efriliana
112Penerapan metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 3 SMK Negeri 2 Blitar / Noviana Tria Vamela
113Penerapan penilaian portofolio (portofolio based assessment) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata diklat akuntansi di SMK Negeri 01 "Boyolangu" Tulungagung tahun ajaran 2007-2008 / Yustina Indarwati
114Penerapan model pembelajaran think pair share dan talking stick pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 4 Probolinggo / Dita Yunita
115Penerapan pendekatan scaffolding learning pada mata pelajaran akuntansi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kepanjen) / Arini Tri Setyowati
116Penerapan pembelajaran kontekstual metode role playing untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi peserta didik SMK Negeri 2 Kediri / oleh Rika Nuraini
117Implementasi metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Heni Diyah Pratiwi
118Penerapan metode belajar learning cycle-5E pada mata pelajaran akuntansi terhadap siswa kelas XII IPS 1 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di SMA Negeri 6 Malang / Dyah Titin Kurniatin
119Penerapan teknik penilaian berbasis portofolio terhadap hasil evaluasi guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS 1 MAN 03 Malang / Zammira Nur Aini
120Penerapan pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan make a match pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 MAN Malang II Kota Batu / Zaki Bahrun Ni'am
121Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Blitar / Hamida Fauzia
122Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI ( Team Assisted Indualization ) untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam kelompok pada mata pembelajaran akuntansi biaya di SMK Ardjuno 01 Malang / Eko Nurhaji Purnomo
123Pengembangan desain pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi keuangan kelas 1 AK-1 semester II SMK Negeri 1 Mojoagung - Jombang tahun pelajaran 2006/2007 / Hety Farandika
124Pengembangan model pembelajaran problem based-learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas X SMKN 1 Mojoagung / Felly Janiska Rouufu Faradis
125Penerapan pembelajaran konstruktivistik model kooperatif team assisted individualization pada mata pelajaran akutansi keuangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas XI program studi akutansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Sri Hariyati
126Penerapan pendekatan konstruktivistik melalui thinking empowerment by questioning (TEQ) dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis dan motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Malang / Malikhatun Nisa
127Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar materi deposito berjangka mata diklat akuntansi perbankan pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Dian Pratmawati
128Penerapan desain pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA I semester I SMA Negeri 4 Malang / Cholifatul Chasanah
129Penerapan model discovery learning berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri Kasiman Bojonegoro / Nhadya Anashthazya Putri Paramitha
130Penerapan cooperative learning dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata diklat akuntansi perbankan pada siswa kelas X program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Ulfa Maliki


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


1Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa kelas XI Akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang / Vivi Sulistya Rahman
2Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sumberpucung / Reni andrining tyasl
3Penerapan pembelajaran kontekstual metode role playing untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi peserta didik SMK Negeri 2 Kediri / oleh Rika Nuraini
4Implementasi metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Heni Diyah Pratiwi
5Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan merespon pertanyaan pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Shalahuddin Malang / Titis Puspitaningrum Dewi Kartika
6Pengembangan model pembelajaran dengan pendekatan scaffolding learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I Jurusan Akuntansi di SMK BM Ardjuna I Malang / Widya Astuti BM
7Penerapan metode pembelajaran kooperatif model corners untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kesamben / Fadila Sinta Resmi
8Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TS-TS) dengan menggunakan model sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran akuntansi tahun ajaran 2009/2010 / Fonin Din
9Penerapan model discovery learning berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri Kasiman Bojonegoro / Nhadya Anashthazya Putri Paramitha
10Pengembangan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik melalui metode problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Murni Wijayanti
11Penerapan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Studi kasus pada siswa program keahlian akuntansi di SMK N 1 Lamongan) / Umi Choiriyah
12Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi (Studi kasus siswa kelas 1 jurusan akuntansi SMK PGRI Pakisaji Kabupaten Malang) / Bernadeta Peni Rahayu
13Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab siswa di SMK PGRI Pakisaji / Wahyu Ekowati
14Penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL ) dengan pemodelan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang / Fitria Nur Anggraini
15Penerapan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX IPS MAN Tlogo Blitar / Khurul Faizah
16Penerapan model pembelajaran langsung dengan media dokumen transaksi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Paramitha Mojokerto / Sheila Kartikasari
17Meningkatkan prestasi siswa melalui pembelajaran berbasis penilaian portofolio pada mata pelajaran akuntansi di SMK "Ardjuna" 01 Malang / Yayuk Endang Kusrini
18Penerapan strategi pembelajaran timbal balik (Reciprocal Teaching) model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mata diklat akuntansi pada siswa kelas X-AK SMK Ardjuna 01 Malang / Noermala Virginia
19Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan nilai dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran mata diklat akuntansi siswa kelas XIAK2 SMKN 1 Turen / Ika Widarti
20Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada mata diklat akuntansi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK SMK PGRI 4 Pasuruan / Olviyan Afriyani
21Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan aktivitas belajar dan sikap positif siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Ihsanul Winda Sari
22Penerapan penilaian portofolio (portofolio based assessment) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata diklat akuntansi di SMK Negeri 01 "Boyolangu" Tulungagung tahun ajaran 2007-2008 / Yustina Indarwati
23Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair square untuk meningkatkan kemampuan inkuiri siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi: studi kasus pada siswa kelas X Program Akuntansi SMK PGRI Pakisaji tahun ajaran 2009/2010 / Nina Dismita
24Penerapan metode rwo stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran siklus akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Wiwin Efriliana
25Penerapan discovery learning pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK SMK Shalahuddin Malang) / Titin Oktaviani Pamungkas
26Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai asesmen alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kraksaan / Maria Ulfa Aprianti
27Penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan struktur kognitif peserta didik pada tingkat pemahaman dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2009/2010 / Muhammad Afif Jauhar Arifin
28Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan pertisipasi siswa kelas XI Akuntasi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran Akuntasi / Rystahati Kusumawardhani
29Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam bembelajaran akuntansi keuangan (studi pada kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Pasuruan) / Fitriya Andriyani
30Penerapan pembelajaran konstruktivistik model kooperatif team assisted individualization pada mata pelajaran akutansi keuangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas XI program studi akutansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Sri Hariyati
31Penerapan pola pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode think pair share (TPS) untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi kelas X AK 1 di SMK Negeri 2 Blitar / Bayu Mukaromah A.
32Penerapan metode pembelajan snowball throwing untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XII AK 3 SMK Widyadharma Turen mata pelajaran Perbankan Syariah / Afif Hidayatullah
33Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas X SMK Ardjuna 1 Malang / Widia Rahmaning Tyas
34Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI KU II SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat produktif akuntansi / Yeny Efriana
35Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII di SMAN 6 Malang / Farah Amalia
36Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan lesson study (pada siswa kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMA Negeri 02 Lumajang tahun ajaran 2010/2011) / Eva Ummimatul Khoiroh
37Penerapan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) melalui lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Wida Artawati
38Penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang / Denis Yulyaningtyas
39Penerapan Project Based Learning berbasis lesson study pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Widya Dharma Turen / Aan Fariandi
40Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang / Retno Dwi Pangesti
41Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI ( Team Assisted Indualization ) untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam kelompok pada mata pembelajaran akuntansi biaya di SMK Ardjuno 01 Malang / Eko Nurhaji Purnomo
42Implementasi model active learning tipe small group work untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Ngawi / Ressica Okky Herlita
43Penerapan pembelajaran kontekstual dengan masyarakat belajar atau learning community dalam upaya meningkatkan motivasi belajar akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK A SMK Shalahuddin Malang semester ganjil tahun ajaran 2008/2009) / Wika Paristri
44Penerapan pembelajaran kontekstual dengan kombinasi strategi kooperatif jigsaw dan tutorial sebaya (peer tutoring) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar sisw pada mata pelajaran akuntansi ... / Johan Efendi
45Penerapan metode assignment (pemberian tugas) untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Turen / Kharisma Danang Yuangga
46Penerapan metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 3 SMK Negeri 2 Blitar / Noviana Tria Vamela
47Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Ak 1 di SMK Negeri 1 Turen / Subrotun Nafsiah
48Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Novela Nariska Putri
49Penerapan pembelajaran pola PBMP (Pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) dengan model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X AK 2 SMK PGRI 3 Nganjuk pada mata pelajaran siklus akuntansi / Yulita Windawati
50Penerapan pembelajaran kooperatif metode make-a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal umum di SMA Kertanegara Malang / Nur Indahwati
51Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation ( GI ) untuk meningkatkan motifasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X ak SMK PGRI 6 Malang / Silvia Nurdiana
52Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model numbered head together dalam upaya meningkatkan aktivitas dan minat belajar akuntansi pada soswa kelas X ak 1 Shalahuddin Malang / Ratna Yulia
53Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Ak-1 SMK Negeri 1 Jombang / Arumingdyah
54Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis lesson study dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Kurnia Riesty Utami
55Penerapan model discovery learning berbantuan kokami notes untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Perbankan 2 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Lindawati
56Penerapan pendekatan konstruktivistik melalui thinking empowerment by questioning (TEQ) dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis dan motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Malang / Malikhatun Nisa
57Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (Student teams-achievment division) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Raysa Resti Maharani
58Penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) dengan learning cycle (LC) 5E untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tumpang / Yeti Yuni Yatin
59Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa-siswi kelas XI IPS 1 di MAN 3 Malang / Safira Madanisa
60Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Assisted Individualization (TAI) dengan bermain istilah twitter untuk meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi bagi siswa kelas X Administrasi Perkantoran (APK) SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Hidayatul Ilmiah
61Penerapan metode pembelajaran kooperatif model cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi (pada siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 2 Blitar) / Dita Wulandari
62Penerapan problem based learning berbasis lesson study pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-Keuangan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Andana Imantaka
63Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI KU 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Saulya Al Qurana
64Penerapan metode Index Card Match berbasis Lesson Study untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi pencatatan jurnal khusus siswa kelas XI AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Juan Eko Prasetyo
65Implementasi model pembelajaran kooperatif dengan Make A Match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kel;as XI Ilmu Sosial 3 SMA Negeri 1 Tumpang / Dony Priyantoro
66Penerapan model pembelajaran aktif tipe learning start with a question untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Hari Wuspita Wardani
67Penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Dewi Sri Wahyuni
68Penerapan metode belajar learning cycle-5E pada mata pelajaran akuntansi terhadap siswa kelas XII IPS 1 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di SMA Negeri 6 Malang / Dyah Titin Kurniatin
69Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan prestasi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Imam Hanafi
70Penerapan teknik penilaian berbasis portofolio terhadap hasil evaluasi guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS 1 MAN 03 Malang / Zammira Nur Aini
71Penerapan model pembelajaran Team Based Learning (TBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa akuntansi di SMKN 2 Blitar / Arina Manasikana
72Penerapan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Malang / Nur indana Zulfa
73Penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu dengan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nurul Laili Fitriyah
74Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X1 Akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Ida Triwahyuni
75Penerapan model blended learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matapelajaran akuntansi kompentensi dasar jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang / Eflin Erma Erviana
76Penerapan model pembelajaran inkuiri berbasios lesson study untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK PGRI 6 Malang / Amila Dwi Rahma
77Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Negeri 1 Turen / Faradella Maharani
78Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kels X MA Al-Ula Ambat Tlanakan Pamekasan / M. Hasib
79Penerapan pembelejaran akuntansi dengan pendekatan PEKEM (Pembelajarn, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi (studi pada siswa kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 9 Malang) / Nur Rahmi Yuanita
80Penerapan model problem based learning berpaduan lesson study untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu / Intan Dwi Meiyani
81Pengembangan desain pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi keuangan kelas 1 AK-1 semester II SMK Negeri 1 Mojoagung - Jombang tahun pelajaran 2006/2007 / Hety Farandika
82Penerapan pembelajaran kooperatif metode think pair share untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar akuntansi siswa / Siti Mutmainnah
83Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar materi deposito berjangka mata diklat akuntansi perbankan pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Dian Pratmawati
84Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student teams-achievement divisions) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Nurina Rahmawati
85Penerapan scaffolding learning pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yeni Kusuma Wardani
86Penerapan model pembelajaran teknik inkuiri untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran akuntansi, studi kasus pada siswa kelas 1 Akuntansi SMK Ardjuna 01 Malang / Anif Riyanti
87Penerapan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan pakem (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 02 Malang / Siti Khusniah
88Penerapan problem based learning (PBL) pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan dan hasil belajar siswa kelas XI-IS 4 SMA Negeri 2 Blitar / Ulya Brilian
89Penerapan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Turen / Dwi Yuniarsi Astuti
90Penerapan model pembelajaran think-pair-share untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab dan hasil belajar siswa kelas XI/IPS 4 MAN Kota Blitar tahun ajaran 2007/2008 pada mata pelajaran akuntansi / Fajriya Muthmainah
91Penerapan model discovery learning berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa di SMK Islam Batu / Aisah Rachmawati
92Penerapan problem based learning berbasis lesson study pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kjelas X Jurusan Akuntansi di SMKN 2 Blitar / Febby Wahyu Kriswanti
93Lembar kerja siswa (LKS) sebagai assement alternatif antuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 semester I SMA Negeri 1 Sumenep / Agus Setia Dwi Laksana
94Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together (NHT) sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akuntansi kelas XI-IS 1 di SMAN 1 Badegan Ponorogo / Dyah hayu Fitriana
95Implementasi model pembelajaran ARIAS-Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi (studi pada siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 03 Singosari) / Nur Rohmatul Maulida
96Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi kasus di SMA Negeri 1 Batu dalam kerangka lesson study) / Afri Cahyani
97Penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) metode snowball throwing untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang pada mata pelajaran akuntansi / Nurinda Hamida
98Implementasi pembelajaran kooperatif metode team accelerated instruction (TAI) padfa mata palajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X KU 1 program keahlian akuntansi di SMKN 2 Nganjuk / Yohan Bakhtiar
99Implementasi pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam model jigsaw pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono) / Ulfatul Zarok
100Penerapan pembelajaran kooperatif model stad problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Marisa Kristiani
101Penerapan Cooperative learning dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa SMA LAB UM pada mata pelajaran ekonomi / Krisyanu Dwi. S
102Penerapan pembelajaran quantum learning dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan / Laila Fatmawati
103Penerapan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan Scaffolding untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / oleh Lina Yuliastutik
104Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN 3 Malang pada mata pelajaran akuntansi / Intan Mardiana
105Penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII Jurusan IPS SMA Negeri 1 Pasuruan / Ahmad Nasrullah
106Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada materi laporan keuangan perusahaan jasa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 IPS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang / Emy Rahmatiah
107Penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada penyelesaian laporan kertas kerja (worksheet) siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Alingga Mahatma Indu Kirana
108Pengembangan model pembelajaran problem based-learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas X SMKN 1 Mojoagung / Felly Janiska Rouufu Faradis
109Penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) melalui pembelajaran kooperatif model Grouyp nvestigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Erma Sulistia Ningsih
110Penerapan metode think-pair-share (TPS) dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi keuangan siswa kelas 1B-AK di SMK Salahuddin Malang / Nanik Choirul Zanah
111Penerapan model pembelajaran think pair share dan talking stick pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 4 Probolinggo / Dita Yunita
112Penerapan cooperative learning dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata diklat akuntansi perbankan pada siswa kelas X program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Ulfa Maliki
113Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi (pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Novida Wahyu Mustikasari
114Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMAN I Probolinggo dengan metode pembelajaran kooperatif model teams-assisted-individualization / Indra Ari Pradana
115Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Jombang / Dyah Rahmawati
116Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 2 Tulungagung / Candra Eko Cahyono
117Penerapan pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan scaffolding pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bangil / Leni Oktavia Qomari
118Penerapan pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan make a match pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 MAN Malang II Kota Batu / Zaki Bahrun Ni'am
119Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada mata diklat akuntansi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Blitar / Erlina Hindrawati
120Penerapan problem based learning dalam kerangka lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Imam Baidillah
121Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan perhatian siswa kelas XI IPS-3 pada mata pelajaran akuntansi SMA Negeri 1 Malang / Mas'udah Purwanti
122Penerapan model pembelajaran kooperatif improve untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran akuntansi / Maulidya Prasadena
123Penerapan desain pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA I semester I SMA Negeri 4 Malang / Cholifatul Chasanah
124Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Blitar / Hamida Fauzia
125Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dengan media visual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang pada mata pelajaran akuntansi / Muhammad Fadlul Rohman
126Penerapan pendekatan scaffolding learning pada mata pelajaran akuntansi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kepanjen) / Arini Tri Setyowati
127Penerapan metode numbered heads together (NHT) berbasis lesson study (LS) sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa pada materi akuntansi kelas X AK di SMK Muhammadiyah 5 Singosari tahun ajaran 2014/2015 / Albertus Agta
128Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran diklat akuntansi (studi kasus SMK "Ardjuna" 01 Malang) / Indra Nurhayati