Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran kontekstual dengan kombinasi strategi kooperatif jigsaw dan tutorial sebaya (peer tutoring) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar sisw pada mata pelajaran akuntansi ... oleh Johan Efendi
PenulisEfendi, Johan
Pembimbing1. ENDANG SRI ANDAYANI ; 2. EKA ANANTA SIDHARTA
Penerbitan2009, S1 Program Studi Pendidikan Akuntansi.
Subyek1. AKUNTANSI - PRESTASI BELAJAR
2. AKUNTANSI - PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW
3. AKUNTANSI - METODE PEMBELAJARAN
LabelRs 657.042076 EFE p
Abstrak

ABSTRAK



Efendi, Johan. 2009. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Kombinasi Strategi Kooperatif Jigsaw Dan Tutorial Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMKN 1 PITU dengan standar kompetensi Mengelola Buku Besar). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Endang Sri Andayani, S.E, M.Si, Ak, (II) Eka Ananta Sidharta S.E, Ak, M.M.



Kata Kunci : kooperatif jigsaw, tutorial sebaya, motivasi belajar, prestasi belajar.



Pentingnya peranan pendidikan di dalam suatu negara telah mendorong suatu pemerintahan untuk menetapkan sebuah peraturan masalah pendidikan terutama di Indonesia. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Keadaan SDM manusia Indonesia masih belum kompetitif, hal itulah yang menyebabkan Indonesia masih belum bisa bersaing optimal secara global dengan negara-negara lain. Terutama negara yang sudah mulai berkembang dan maju. Disamping itu , pendidikan Indonesia juga masih jauh tertinggal dengan negara-negara lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual dengan kombinasi strategi kooperatif Jigsaw dan Tutorial Sebaya pada mata pelajaran Akuntansi dengan Standar Kompetensi Mengelola Buku Besar yang mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN I PITU yang aktif mengikuti pelajaran Akuntansi dengan standar kompetensi Mengelola Buku Besar sejumlah 34 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan untuk masing-masing siklus, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Data-data dalam penelitian ini deperoleh melalui: 1) Observasi, 2) wawancara, 3) 4) catatan lapangan, dan 5) dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: 1) Reduksi data, 2) Paparan data, dan 3) Penyimpulan hasil analisis data.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode kombinasi ini telah berhasil meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, meskipun belum mencapai 100%. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan penerapan 2 siklus selama kegiatan penelitian berlangsung. Hal yang paling menonjol pada siklus I adalah siswa masih merasa bingung dengan penerapan pembelajaran seperti ini, akan tetapi antusias siswa sudah mulai tampak ketika kegiatan belajara berlangsung. Setelah penerapan tindakan, maka peneliti mengadakan post test dan hasilnya sangat baik karena siswa sudah mencapai ketuntasan belajar pada siklus I. siklus II merupakan penyempurnaan dari beberapa hal yang masing masih belum dicapai pada siklus I, seperti masih adanya siswa yang ramai, beberapa siswa yang masih kurang bekerjasama dalam kelompok, waktu yang tersedia kurang maksimal. Pada siklus II ini peneliti telah menyempurnakan kelemahan-kelemahan tersebut dan hasilnya menunjukkan bahwa kondisi kelas sudah sangat kondusif dibandingkan dengan sebelumnya, sehingga secara otomatis motivasi dan prestasi siswa juga meningkat. Pada siklus II ini, prestasi siswa juga sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal. Dalam penerapan metode ini seharusnya jumlah siswa disesuaikan dengan materi yang tersedia dalam suatu mata pelajaran sehingga dalam penerpannya, semua siswa akan mendapatkan tanggung jawab sendiri-sendiri untuk menguasai materi yang telah ditentukan dan siswa dapat bekerja dengan sebaik-baiknya.

Saran yang bisa diberikan adalah: 1) Bagi sekolah, diharapkan dapat menerapkan strategi pembelajaran yang tepat, dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran, 2) Bagi guru, supayamenerapkan Strategi Kooperatif Jigsaw dan Tutorial Sebaya, sebagai alternatif model pembelajaran yang tepat. Terutama pada mata pelajaran Akuntansi, 3) Bagi siswa, agar dapat belajar dengan giat, menghargai guru, menghargai teman, serta saling bekerjasama yang baik antar sesama teman, 4) Bagi peneliti berikutnya, dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Tutorial Sebaya, 5) Bagi Universitas Negeri Malang (UM) terutama progam studi pendidikan dapat digunakan sebagai referensi dalam pembuatan karya ilmiah mahasiswa selanjutnya.



KATA PENGANTAR



Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Ilahi Robbi, Tuhan semesta alam yang telah menganugerahkan Rahmat, Hidayah, dan InayahNya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul ”Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Kombinasi Strategi Kooperatif Jigsaw Dan Tutorial Sebaya (Peer tutoring) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMKN I PITU dengan Standar Kompetensi Mengelola Buku Besar)”.

Shalawat dan salam senantiasa kami haturkan keharibaan Baginda Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa umat manusia dari tatanan masyarakat primitif, menuju tatanan masyarakat progresif dan beradab. Sehingga umat manusia dapat menikmati peradaban yang penuh dengan nuansa kedamaian, intelektualitas dan kepedulian sosial yang tinggi; sebagaimana yang penulis rasakan pada saat ini.

Skripsi ini dibuat untuk menyelesaikan tugas akhir kuliah sebagai syarat kelulusan program S1 Pendidikan Akuntansi (AKT), Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penulisan Skripsi ini tentunya tidak akan selesai sesuai dengan yang penulis harapkan tanpa adanya dukungan dan bimbimbingan dari berbagai pihak; oleh karena itu penulis menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Kedua orang tua penulis tercinta, Bapak Suwadji dan Ibu Suharti, terima kasih atas do’a, jerih payah, motivasi dan dukunganya selama ini, baik moril, spiritual, dan finansial, sehingga peneliti dapat menyelesaikan studi di Universitas Negeri Malang.

2. Bapak Dr. Ery Tri Djatmiko R.W.W., M.A., M.Si. selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang telah menyediakan pelayanan administrasi yang dibutuhkan penulis untuk mempermudah dalam pelaksanaan penelitian dan penyusunan skripsi ini.

3. Ibu Dr. Dyah Ayu Wardhani selaku ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang telah memberikan dukungan, fasilitas, dan pelayanan administrasi dengan baik kepada penulis.

4. Ibu Dra. Endang Sri Andayani SE, M.Si, Ak, selaku dosen penasehat Akademik (PA) dan sebagai pembimbing I yang telah banyak memberikan bantuan, bimbingan, petunjuk, dan motivasi yang besar bagi penulis, sehingga skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.

5. Bapak Eka Ananta Sidharta, SE, Ak, M.M, selaku pembimbing II yang telah memberikan bantuan, bimbingan, petunjuk, dan motivasi yang besar bagi penulis sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.

6. Bapak Dr. Sunaryanto M.Ed selaku dosen penguji utama yang telah meluangkan waktu untuk memberikan perbaikan dan penyempurnaan skripsi ini.

7. Bapak Drs. JH. Budi Santosa, M.Pd, selaku kepala sekolah SMKN I PITU yang telah memberikan ijin dan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian.

8. Bapak Darmuji, S.Pd. selaku guru pengajar Akuntansi dengan standar kompetensi Mengelola Buku Besar, yang telah memberikan waktu mengajarnya digunakan penulis untuk meneliti dan memberikan motivasi kepada penulis selama proses penelitian, sehingga penyusunan skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik, dan tepat waktu.

9. Ibu Lilik Kurniawati S.Pd, selaku guru pengajar Akuntansi dengan standar kompetensi Mengelola Buku Besar, yang telah bersedia untuk menjadi observer dalam kegiatan penelitian.

10. Peserta didik SMKN I PITU, yang telah berpartisipasi dalam kegiatan penelitian sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.

11. Seluruh teman-teman yang telah memberikan dukungan selama penulisan skripsi ini.

12. Semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu terima kasih atas bantuan, saran, motivasi, dan do’anya. Semoga segala bantuan, bimbingan dan kepedulian yang telah diberikan mendapat balasan yang lebih baik dari Allah S.W.T. Harapan penulis semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi ummat manusia. Amin.

Dalam penulisan ini mungkin masih banyak kesalahan atau kekhilafan, baik disengaja atau tidak; oleh karena itu kritik dan saran yang konstruktif sangat penulis harapkan demi kesempurnaan penulisan ini.



Malang, Agustus 2009

Penulis











DAFTAR ISI





Halaman

ABSTRAK i

KATA PENGANTAR iii

DAFTAR ISI vi

DAFTAR TABEL viii

DAFTAR GAMBAR ix

DAFTAR LAMPIRAN x

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah 1

B. Rumusan Masalah 6

C. Tujuan Penelitian 6

D. Kegunaan Penelitian 6

II. KAJIAN PUSTAKA

A. Pembelajaran Kontekstual 8

B. Pembelajaran Kooperatif 15

C. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw 20

D. Model Pembelajaran Tutorial Sebaya 23

E. Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar 24

F. Temuan Penelitian Terdahulu yang Relevan................................... 33

G. Persamaan dan Perbedaan Penelitian ini dengan Penelitian Terdahulu.... 38

III. METODE PENELITIAN

A. Metode dan Pendekatan 40

B. Kehadiran Peneliti 41

C. Lokasi Penelitian.....................................................................................42

D. Sumber Data 43

E. Teknik Pengumpulan Data 44

F. Analisis Data 47

G. Pengecekan Keabsahan data 51

H. Tahap-tahap Penelitian 52

BAB IV HASIL PENELITIAN

A. Paparan data. 53

1. Paparan Data Pra Tindakan. 53

2. Paparan Data Siklus I. 56

3. Paparan Data Siklus II . 73

B. Temuan Penelitian. 89

BAB V PEMBAHASAN

Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Kombinasi Strategi Kooperatif Jigsaw Dan Tutorial Sebaya (Peer Tutoring) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dengan Standar Kompetensi Mengelola Buku Besar yang Mampu Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa Kelas X SMKN I PITU 93

BAB VI PENUTUP

A. Kesimpulan. 111

B. Saran 113

DAFTAR RUJUKAN. 115

PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN. 118

LAMPIRAN. 119

RIWAYAT HIDUP. 285



























DAFTAR TABEL



Halaman

Tabel 3.1 Kriteria taraf keberhasilan tindakan aktivitas guru/ peneliti. 49

Tabel 3.2 Kriteria taraf keberhasilan tindakan aktivitas guru/ peneliti. 50

Tabel 3.3 Kriteria taraf ketuntasan belajar 50

Tabel 3.4 Penentuan taraf keberhasilan tindakan terhadap hasil belajar siswa 51



















































DAFTAR GAMBAR



Halaman

Gambar 2.1 Bagan Proses Pembelajaran Konstruktivistik………………………11

Gambar 3.1 Prosedur pelaksanaan PTK………………………………………....52







































DAFTAR LAMPIRAN

Halaman

Lampiran 1a : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I 119

Lampiran 1b : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II 128

Lampiran 2 : Hand Out Materi Siklus I dan II 187

Lampiran 3 : Lembar Kerja Siswa (LKS) 193

Lampiran 4 : Kunci Jawaban LKS 194

Lampiran 5a : Daftar Nama Kelompok Siklus I 200

Lampiran 5b : Daftar Nama Kelompok Siklus II 203

Lampiran 6a : Lembar Observasi Aktivitas Guru/Peneliti Siklus I 205

Lampiran 6b : Lembar Observasi Aktivitas Guru/Peneliti Siklus II 208

Lampiran 7a : Lembar Observasi Aktivitas Siswa/Tutor Siklus I 211

Lampiran 7b : Lembar Observasi Aktivitas Siswa/Tutor Siklus II 215

Lampiran 8a : Catatan Lapangan 219

Lampiran 8b : Catatan Lapangan dengan Pihak Sekolah...................................... 224

Lampiran 8c : Catatan Lapangan denan Guru Mata Pelajaran 226

Lampiran 8d : Catatan Lapangan Siklus I Pada Pertemuan I 228

Lampiran 8e : Catatan Lapangan Siklus I Pada Pertemuan II 235

Lampiran 8f : Catatan Lapangan Siklus I Pada Pertemuan III 238

Lampiran 8g : Catatan Lapangan Suklus II Pertemuan I 239

Lampiran 8h : Catatan Lapangan Suklus II Pertemuan III 241

Lampiran 8i : Catatan Lapangan Suklus II Pertemuan III 242

Lampiran 9a : Soal Post Test Siklus I 243

Lampiran 9b : Soal Post Test Siklus II 245

Lampiran 10a : Soal Post Test Siklus I 246

Lampiran 10b : Soal Post Test Siklus II 250

Lampiran 11 : Daftar Nilai Siswa Siklus I dan II 255

Lampiran 12 : Data SMKN I PITU Secara Umum 259

Lampiran 13 : Diagram Pencapaian Kompetensi 263

Lampiran 14 : Proses Pelaksanaan Siklus I dan II 266

Lampiran 15 : Dokumentasi Penelitian 268

Lampiran 16 : Materi Diskusi. 272

Lampiran 17 : Silabus 278

Lampiran 18 : Lembar Konsultasi.......................................................................... 280

Lampiran 19 : Surat Penelitian............................................................................... 283

Lampiran 20 : Serifikat Penelitian.......................................................................... 284

















































































PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN KOMBINASI STRATEGI KOOPERATIF JIGSAW DAN TUTORIAL SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN

MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI

(Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMKN 1 PITU dengan Standar Kompetensi Mengelola Buku Besar)









SKRIPSI









Oleh

JOHAN EFENDI

NIM 106421403976

















































UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS EKONOMI

JURUSAN AKUNTANSI

PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN AKUNTANSI

AGUSTUS 2009

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN KOMBINASI STRATEGI KOOPERATIF JIGSAW DAN TUTORIAL SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN

MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI

(Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMKN 1 PITU dengan Standar Kompetensi Mengelola Buku Besar)

















SKRIPSI



Diajukan kepada

Universitas Negeri Malang

untuk memenuhi salah satu persyaratan

dalam menyelesaikan program Sarjana

Pendidikan Akuntansi















Oleh



JOHAN EFENDI

NIM 106421403976





















UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS EKONOMI

JURUSAN AKUNTANSI

PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN AKUNTANSI

AGUSTUS 2009














P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Penerapan problem based learning (PBL) pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan dan hasil belajar siswa kelas XI-IS 4 SMA Negeri 2 Blitar / Ulya Brilian
2Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model numbered head together dalam upaya meningkatkan aktivitas dan minat belajar akuntansi pada soswa kelas X ak 1 Shalahuddin Malang / Ratna Yulia
3Penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) metode snowball throwing untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang pada mata pelajaran akuntansi / Nurinda Hamida
4Penerapan Project Based Learning berbasis lesson study pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Widya Dharma Turen / Aan Fariandi
5Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi (pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Novida Wahyu Mustikasari
6Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan lesson study (pada siswa kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMA Negeri 02 Lumajang tahun ajaran 2010/2011) / Eva Ummimatul Khoiroh
7Penerapan model blended learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matapelajaran akuntansi kompentensi dasar jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang / Eflin Erma Erviana
8Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan pertisipasi siswa kelas XI Akuntasi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran Akuntasi / Rystahati Kusumawardhani
9Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa akuntansi melalui pembelajaran berbasis masalah (studi kasus mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang) / Baiq Fitri Arianti
10Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi melalui model Think Pair Share di SMAN 6 Malang / Dudung Ma'ruf Nuris
11Penerapan pembelajaran kontekstual dengan masyarakat belajar atau learning community dalam upaya meningkatkan motivasi belajar akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK A SMK Shalahuddin Malang semester ganjil tahun ajaran 2008/2009) / Wika Paristri
12Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together (NHT) sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akuntansi kelas XI-IS 1 di SMAN 1 Badegan Ponorogo / Dyah hayu Fitriana
13Penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan struktur kognitif peserta didik pada tingkat pemahaman dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2009/2010 / Muhammad Afif Jauhar Arifin
14Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan merespon pertanyaan pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Shalahuddin Malang / Titis Puspitaningrum Dewi Kartika
15Penerapan model pembelajaran teknik inkuiri untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran akuntansi, studi kasus pada siswa kelas 1 Akuntansi SMK Ardjuna 01 Malang / Anif Riyanti
16Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair square untuk meningkatkan kemampuan inkuiri siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi: studi kasus pada siswa kelas X Program Akuntansi SMK PGRI Pakisaji tahun ajaran 2009/2010 / Nina Dismita
17Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMAN I Probolinggo dengan metode pembelajaran kooperatif model teams-assisted-individualization / Indra Ari Pradana
18Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan perhatian siswa kelas XI IPS-3 pada mata pelajaran akuntansi SMA Negeri 1 Malang / Mas'udah Purwanti
19Implementasi pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X AK SMK PGRI 6 Malang / Nilasari Firda Kurnia
20Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab siswa di SMK PGRI Pakisaji / Wahyu Ekowati
21Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (Student teams-achievment division) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Raysa Resti Maharani
22Penerapan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Studi kasus pada siswa program keahlian akuntansi di SMK N 1 Lamongan) / Umi Choiriyah
23Penerapan pembelajaran kooperatif model cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan motivasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan / Retno Mayasari
24Pengembangan model pembelajaran dengan pendekatan scaffolding learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I Jurusan Akuntansi di SMK BM Ardjuna I Malang / Widya Astuti BM
25Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa kelas XI Akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang / Vivi Sulistya Rahman
26Penerapan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan Scaffolding untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / oleh Lina Yuliastutik
27Penerapan pembelajaran kooperatif metode think pair share untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar akuntansi siswa / Siti Mutmainnah
28Lembar kerja siswa (LKS) sebagai assement alternatif antuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 semester I SMA Negeri 1 Sumenep / Agus Setia Dwi Laksana
29Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai asesmen alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kraksaan / Maria Ulfa Aprianti
30Penerapan model pembelajaran langsung dengan media dokumen transaksi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Paramitha Mojokerto / Sheila Kartikasari
31Penerapan scaffolding learning pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yeni Kusuma Wardani
32Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Ak-1 SMK Negeri 1 Jombang / Arumingdyah
33Penerapan metode assignment (pemberian tugas) untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Turen / Kharisma Danang Yuangga
34Penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) melalui pembelajaran kooperatif model Grouyp nvestigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Erma Sulistia Ningsih
35Penerapan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan pakem (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 02 Malang / Siti Khusniah
36Penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar daya ingat siswa kelas XI mata pelajaran akutansi di SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar / Wulan Puji Lestari
37Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Jombang / Dyah Rahmawati
38Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN 3 Malang pada mata pelajaran akuntansi / Intan Mardiana
39Penerapan metode pembelajaran kooperatif model corners untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kesamben / Fadila Sinta Resmi
40Penerapan strategi pembelajaran timbal balik (Reciprocal Teaching) model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mata diklat akuntansi pada siswa kelas X-AK SMK Ardjuna 01 Malang / Noermala Virginia
41Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dengan media visual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang pada mata pelajaran akuntansi / Muhammad Fadlul Rohman
42Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Novela Nariska Putri
43Penerapan metode pembelajaran model Think-Pair-Share ( TPS ) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI-AK program keahlian Akuntansi di SMK 01 Ardjuna Malang / Hanif Fadlyati
44Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation ( GI ) untuk meningkatkan motifasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X ak SMK PGRI 6 Malang / Silvia Nurdiana
45Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sumberpucung / Reni andrining tyasl
46Meningkatkan prestasi siswa melalui pembelajaran berbasis penilaian portofolio pada mata pelajaran akuntansi di SMK "Ardjuna" 01 Malang / Yayuk Endang Kusrini
47Penerapan discovery learning pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK SMK Shalahuddin Malang) / Titin Oktaviani Pamungkas
48Penerapan pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan scaffolding pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bangil / Leni Oktavia Qomari
49Pengembangan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik melalui metode problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Murni Wijayanti
50Penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL ) dengan pemodelan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang / Fitria Nur Anggraini
51Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan prestasi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Imam Hanafi
52Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran diklat akuntansi (studi kasus SMK "Ardjuna" 01 Malang) / Indra Nurhayati
53Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi (Studi kasus siswa kelas 1 jurusan akuntansi SMK PGRI Pakisaji Kabupaten Malang) / Bernadeta Peni Rahayu
54Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa-siswi kelas XI IPS 1 di MAN 3 Malang / Safira Madanisa
55Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII di SMAN 6 Malang / Farah Amalia
56Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kels X MA Al-Ula Ambat Tlanakan Pamekasan / M. Hasib
57Penerapan pembelajaran kooperatif metode make-a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal umum di SMA Kertanegara Malang / Nur Indahwati
58Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada mata diklat akuntansi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Blitar / Erlina Hindrawati
59Penerapan pembelajaran kooperatif model stad problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Marisa Kristiani
60Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan nilai dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran mata diklat akuntansi siswa kelas XIAK2 SMKN 1 Turen / Ika Widarti
61Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student teams-achievement divisions) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Nurina Rahmawati
62Implementasi pembelajaran kooperatif metode team accelerated instruction (TAI) padfa mata palajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X KU 1 program keahlian akuntansi di SMKN 2 Nganjuk / Yohan Bakhtiar
63Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas X SMK Ardjuna 1 Malang / Widia Rahmaning Tyas
64Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI KU II SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat produktif akuntansi / Yeny Efriana
65Penerapan metode think-pair-share (TPS) dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi keuangan siswa kelas 1B-AK di SMK Salahuddin Malang / Nanik Choirul Zanah
66Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Ak 1 di SMK Negeri 1 Turen / Subrotun Nafsiah
67Penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) dengan learning cycle (LC) 5E untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tumpang / Yeti Yuni Yatin
68Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TS-TS) dengan menggunakan model sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran akuntansi tahun ajaran 2009/2010 / Fonin Din
69Penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang / Denis Yulyaningtyas
70Penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Dewi Sri Wahyuni
71Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang / Retno Dwi Pangesti
72Implementasi pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam model jigsaw pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono) / Ulfatul Zarok
73Penerapan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Turen / Dwi Yuniarsi Astuti
74Penerapan pembelajaran pola PBMP (Pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) dengan model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X AK 2 SMK PGRI 3 Nganjuk pada mata pelajaran siklus akuntansi / Yulita Windawati
75Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada mata diklat akuntansi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK SMK PGRI 4 Pasuruan / Olviyan Afriyani
76Penerapan model pembelajaran think-pair-share untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab dan hasil belajar siswa kelas XI/IPS 4 MAN Kota Blitar tahun ajaran 2007/2008 pada mata pelajaran akuntansi / Fajriya Muthmainah
77Penerapan pola pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode think pair share (TPS) untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi kelas X AK 1 di SMK Negeri 2 Blitar / Bayu Mukaromah A.
78Penerapan metode rwo stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran siklus akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Wiwin Efriliana
79Penerapan metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 3 SMK Negeri 2 Blitar / Noviana Tria Vamela
80Penerapan penilaian portofolio (portofolio based assessment) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata diklat akuntansi di SMK Negeri 01 "Boyolangu" Tulungagung tahun ajaran 2007-2008 / Yustina Indarwati
81Penerapan model pembelajaran think pair share dan talking stick pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 4 Probolinggo / Dita Yunita
82Penerapan pendekatan scaffolding learning pada mata pelajaran akuntansi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kepanjen) / Arini Tri Setyowati
83Penerapan pembelajaran kontekstual metode role playing untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi peserta didik SMK Negeri 2 Kediri / oleh Rika Nuraini
84Penerapan teknik penilaian berbasis portofolio terhadap hasil evaluasi guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS 1 MAN 03 Malang / Zammira Nur Aini
85Penerapan metode belajar learning cycle-5E pada mata pelajaran akuntansi terhadap siswa kelas XII IPS 1 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di SMA Negeri 6 Malang / Dyah Titin Kurniatin
86Implementasi metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Heni Diyah Pratiwi
87Penerapan pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan make a match pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 MAN Malang II Kota Batu / Zaki Bahrun Ni'am
88Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI ( Team Assisted Indualization ) untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam kelompok pada mata pembelajaran akuntansi biaya di SMK Ardjuno 01 Malang / Eko Nurhaji Purnomo
89Pengembangan desain pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi keuangan kelas 1 AK-1 semester II SMK Negeri 1 Mojoagung - Jombang tahun pelajaran 2006/2007 / Hety Farandika
90Pengembangan model pembelajaran problem based-learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas X SMKN 1 Mojoagung / Felly Janiska Rouufu Faradis
91Penerapan pembelajaran konstruktivistik model kooperatif team assisted individualization pada mata pelajaran akutansi keuangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas XI program studi akutansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Sri Hariyati
92Penerapan pendekatan konstruktivistik melalui thinking empowerment by questioning (TEQ) dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis dan motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Malang / Malikhatun Nisa
93Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar materi deposito berjangka mata diklat akuntansi perbankan pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Dian Pratmawati
94Penerapan desain pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA I semester I SMA Negeri 4 Malang / Cholifatul Chasanah
95Penerapan cooperative learning dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata diklat akuntansi perbankan pada siswa kelas X program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Ulfa Maliki


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


1Penerapan pembelajaran kontekstual metode role playing untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi peserta didik SMK Negeri 2 Kediri / oleh Rika Nuraini
2Penerapan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan Scaffolding untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / oleh Lina Yuliastutik
3Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan merespon pertanyaan pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Shalahuddin Malang / Titis Puspitaningrum Dewi Kartika
4Penerapan metode think-pair-share (TPS) dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi keuangan siswa kelas 1B-AK di SMK Salahuddin Malang / Nanik Choirul Zanah
5Pengembangan model pembelajaran problem based-learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas X SMKN 1 Mojoagung / Felly Janiska Rouufu Faradis
6Pengembangan desain pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi keuangan kelas 1 AK-1 semester II SMK Negeri 1 Mojoagung - Jombang tahun pelajaran 2006/2007 / Hety Farandika
7Penerapan pembelajaran kooperatif metode think pair share untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar akuntansi siswa / Siti Mutmainnah
8Pengembangan model pembelajaran dengan pendekatan scaffolding learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I Jurusan Akuntansi di SMK BM Ardjuna I Malang / Widya Astuti BM
9Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran diklat akuntansi (studi kasus SMK "Ardjuna" 01 Malang) / Indra Nurhayati
10Penerapan pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan scaffolding pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bangil / Leni Oktavia Qomari
11Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar materi deposito berjangka mata diklat akuntansi perbankan pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Dian Pratmawati
12Penerapan scaffolding learning pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yeni Kusuma Wardani
13Meningkatkan prestasi siswa melalui pembelajaran berbasis penilaian portofolio pada mata pelajaran akuntansi di SMK "Ardjuna" 01 Malang / Yayuk Endang Kusrini
14Penerapan model pembelajaran teknik inkuiri untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran akuntansi, studi kasus pada siswa kelas 1 Akuntansi SMK Ardjuna 01 Malang / Anif Riyanti
15Penerapan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan pakem (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 02 Malang / Siti Khusniah
16Pengembangan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik melalui metode problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Murni Wijayanti
17Penerapan problem based learning (PBL) pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan dan hasil belajar siswa kelas XI-IS 4 SMA Negeri 2 Blitar / Ulya Brilian
18Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Ak-1 SMK Negeri 1 Jombang / Arumingdyah
19Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi (Studi kasus siswa kelas 1 jurusan akuntansi SMK PGRI Pakisaji Kabupaten Malang) / Bernadeta Peni Rahayu
20Penerapan cooperative learning dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata diklat akuntansi perbankan pada siswa kelas X program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Ulfa Maliki
21Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab siswa di SMK PGRI Pakisaji / Wahyu Ekowati
22Penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL ) dengan pemodelan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang / Fitria Nur Anggraini
23Penerapan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Turen / Dwi Yuniarsi Astuti
24Penerapan model pembelajaran think-pair-share untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab dan hasil belajar siswa kelas XI/IPS 4 MAN Kota Blitar tahun ajaran 2007/2008 pada mata pelajaran akuntansi / Fajriya Muthmainah
25Penerapan penilaian portofolio (portofolio based assessment) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata diklat akuntansi di SMK Negeri 01 "Boyolangu" Tulungagung tahun ajaran 2007-2008 / Yustina Indarwati
26Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa kelas XI Akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang / Vivi Sulistya Rahman
27Penerapan metode rwo stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran siklus akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Wiwin Efriliana
28Penerapan teknik penilaian berbasis portofolio terhadap hasil evaluasi guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS 1 MAN 03 Malang / Zammira Nur Aini
29Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan nilai dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran mata diklat akuntansi siswa kelas XIAK2 SMKN 1 Turen / Ika Widarti
30Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI ( Team Assisted Indualization ) untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam kelompok pada mata pembelajaran akuntansi biaya di SMK Ardjuno 01 Malang / Eko Nurhaji Purnomo
31Lembar kerja siswa (LKS) sebagai assement alternatif antuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 semester I SMA Negeri 1 Sumenep / Agus Setia Dwi Laksana
32Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together (NHT) sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akuntansi kelas XI-IS 1 di SMAN 1 Badegan Ponorogo / Dyah hayu Fitriana
33Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMAN I Probolinggo dengan metode pembelajaran kooperatif model teams-assisted-individualization / Indra Ari Pradana
34Penerapan discovery learning pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK SMK Shalahuddin Malang) / Titin Oktaviani Pamungkas
35Penerapan pembelajaran kontekstual dengan masyarakat belajar atau learning community dalam upaya meningkatkan motivasi belajar akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK A SMK Shalahuddin Malang semester ganjil tahun ajaran 2008/2009) / Wika Paristri
36Penerapan pembelajaran kontekstual dengan kombinasi strategi kooperatif jigsaw dan tutorial sebaya (peer tutoring) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar sisw pada mata pelajaran akuntansi ... / Johan Efendi
37Penerapan metode assignment (pemberian tugas) untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Turen / Kharisma Danang Yuangga
38Penerapan metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 3 SMK Negeri 2 Blitar / Noviana Tria Vamela
39Penerapan pola pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode think pair share (TPS) untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi kelas X AK 1 di SMK Negeri 2 Blitar / Bayu Mukaromah A.
40Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Ak 1 di SMK Negeri 1 Turen / Subrotun Nafsiah
41Implementasi pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam model jigsaw pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono) / Ulfatul Zarok
42Penerapan pembelajaran kooperatif model stad problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Marisa Kristiani
43Penerapan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Studi kasus pada siswa program keahlian akuntansi di SMK N 1 Lamongan) / Umi Choiriyah
44Penerapan pembelajaran pola PBMP (Pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) dengan model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X AK 2 SMK PGRI 3 Nganjuk pada mata pelajaran siklus akuntansi / Yulita Windawati
45Penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) metode snowball throwing untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang pada mata pelajaran akuntansi / Nurinda Hamida
46Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas X SMK Ardjuna 1 Malang / Widia Rahmaning Tyas
47Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI KU II SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat produktif akuntansi / Yeny Efriana
48Penerapan model pembelajaran think pair share dan talking stick pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 4 Probolinggo / Dita Yunita
49Penerapan pembelajaran kooperatif metode make-a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal umum di SMA Kertanegara Malang / Nur Indahwati
50Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII di SMAN 6 Malang / Farah Amalia
51Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation ( GI ) untuk meningkatkan motifasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X ak SMK PGRI 6 Malang / Silvia Nurdiana
52Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model numbered head together dalam upaya meningkatkan aktivitas dan minat belajar akuntansi pada soswa kelas X ak 1 Shalahuddin Malang / Ratna Yulia
53Implementasi pembelajaran kooperatif metode team accelerated instruction (TAI) padfa mata palajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X KU 1 program keahlian akuntansi di SMKN 2 Nganjuk / Yohan Bakhtiar
54Penerapan Cooperative learning dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa SMA LAB UM pada mata pelajaran ekonomi / Krisyanu Dwi. S
55Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai asesmen alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kraksaan / Maria Ulfa Aprianti
56Penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan struktur kognitif peserta didik pada tingkat pemahaman dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2009/2010 / Muhammad Afif Jauhar Arifin
57Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan perhatian siswa kelas XI IPS-3 pada mata pelajaran akuntansi SMA Negeri 1 Malang / Mas'udah Purwanti
58Penerapan pendekatan konstruktivistik melalui thinking empowerment by questioning (TEQ) dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis dan motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Malang / Malikhatun Nisa
59Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TS-TS) dengan menggunakan model sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran akuntansi tahun ajaran 2009/2010 / Fonin Din
60Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair square untuk meningkatkan kemampuan inkuiri siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi: studi kasus pada siswa kelas X Program Akuntansi SMK PGRI Pakisaji tahun ajaran 2009/2010 / Nina Dismita
61Penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang / Denis Yulyaningtyas
62Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (Student teams-achievment division) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Raysa Resti Maharani
63Penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) dengan learning cycle (LC) 5E untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tumpang / Yeti Yuni Yatin
64Penerapan desain pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA I semester I SMA Negeri 4 Malang / Cholifatul Chasanah
65Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada mata diklat akuntansi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Blitar / Erlina Hindrawati
66Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada mata diklat akuntansi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK SMK PGRI 4 Pasuruan / Olviyan Afriyani
67Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang / Retno Dwi Pangesti
68Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa-siswi kelas XI IPS 1 di MAN 3 Malang / Safira Madanisa
69Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kels X MA Al-Ula Ambat Tlanakan Pamekasan / M. Hasib
70Penerapan metode belajar learning cycle-5E pada mata pelajaran akuntansi terhadap siswa kelas XII IPS 1 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di SMA Negeri 6 Malang / Dyah Titin Kurniatin
71Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan prestasi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Imam Hanafi
72Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan lesson study (pada siswa kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMA Negeri 02 Lumajang tahun ajaran 2010/2011) / Eva Ummimatul Khoiroh
73Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Jombang / Dyah Rahmawati
74Penerapan model pembelajaran langsung dengan media dokumen transaksi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Paramitha Mojokerto / Sheila Kartikasari
75Penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Dewi Sri Wahyuni
76Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student teams-achievement divisions) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Nurina Rahmawati
77Penerapan pembelajaran konstruktivistik model kooperatif team assisted individualization pada mata pelajaran akutansi keuangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas XI program studi akutansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Sri Hariyati
78Penerapan model blended learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matapelajaran akuntansi kompentensi dasar jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang / Eflin Erma Erviana
79Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN 3 Malang pada mata pelajaran akuntansi / Intan Mardiana
80Penerapan pendekatan scaffolding learning pada mata pelajaran akuntansi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kepanjen) / Arini Tri Setyowati
81Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sumberpucung / Reni andrining tyasl
82Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada materi laporan keuangan perusahaan jasa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 IPS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang / Emy Rahmatiah
83Penerapan pembelejaran akuntansi dengan pendekatan PEKEM (Pembelajarn, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi (studi pada siswa kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 9 Malang) / Nur Rahmi Yuanita
84Implementasi metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Heni Diyah Pratiwi
85Penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) melalui pembelajaran kooperatif model Grouyp nvestigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Erma Sulistia Ningsih
86Penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada penyelesaian laporan kertas kerja (worksheet) siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Alingga Mahatma Indu Kirana
87Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan pertisipasi siswa kelas XI Akuntasi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran Akuntasi / Rystahati Kusumawardhani
88Penerapan metode pembelajaran kooperatif model corners untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kesamben / Fadila Sinta Resmi
89Penerapan metode pembelajan snowball throwing untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XII AK 3 SMK Widyadharma Turen mata pelajaran Perbankan Syariah / Afif Hidayatullah
90Penerapan strategi pembelajaran timbal balik (Reciprocal Teaching) model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mata diklat akuntansi pada siswa kelas X-AK SMK Ardjuna 01 Malang / Noermala Virginia
91Penerapan Project Based Learning berbasis lesson study pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Widya Dharma Turen / Aan Fariandi
92Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi (pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Novida Wahyu Mustikasari
93Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dengan media visual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang pada mata pelajaran akuntansi / Muhammad Fadlul Rohman
94Penerapan pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan make a match pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 MAN Malang II Kota Batu / Zaki Bahrun Ni'am
95Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Novela Nariska Putri