Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas VII SMP Ardjuna Malang oleh Lismi Rodiya
PenulisRodiya, Lismi
Pembimbing1. MUARDJITO ; 2. SIRWADJI
Penerbitan2009, S1 Program Studi Pendidikan Fisika.
Subyek1. KALOR - PRESTASI BELAJAR
2. KALOR - PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)
LabelRs 536.076 ROD p
Abstrak

ABSTRAK



Lismi, Rodiya. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Kelas VII SMP Ardjuna Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muharjito, M.S (2) Drs. Sirwadji.



Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualization), hasil belajar, motivasi belajar.



Permasalahan yang ada di kelas VII SMP Ardjuna Malang khususnya di kelas VIIB adalah kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran fisika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe TAI. dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI ada 7 tahap, yaitu: (1) teams,(2) placement test, (3) team study, (4) teaching group, (5) whole-class units, (6) fact test, (7) team scorer and team recognition.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Ardjuna Malang dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus.

Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II. Motivasi siswa diukur dengan menggunakan angket. Angket diberikan kepada siswa sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dan setelah penerapan pembelajaran Kooperatif tipe TAI selesai dilaksanakan di akhir siklus II.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi gerak dan kalor dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal dengan tes akhir siklus I sebesar 4,2, tes akhir siklus I dengan tes akhir siklus II sebesar 9,2. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI, ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, ketuntasan siswa mencapai 80%, berarti siswa telah tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 94.29 %. Peningkatan motivasi siswa terlihat dari hasil angket, pada observasi awal 3 siswa masuk dalam kategori kurang, 9 siswa dalam kategori cukup, 21 siswa dalam kategori baik, dan 2 siswa masuk dalam kategori sangat baik. Pada akhir pembelajaran siklus II menunjukkan hasil 1 siswa dalam kategori kurang, 4 siswa dalam kategori cukup, 15 siswa dalam kategori baik dan 15 siswa dalam kategori sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa, sehingga model pembelajaran kooperatif ini dapat dipertimbangkan sebagai alternatif untuk diterapkan pada pembelajaran Fisika.




P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas