Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan media CD interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV di SDN Pakisaji 02 oleh Dian Novita Anggraeni
PenulisAnggraeni, Dian Novita
Pembimbing1. SRI SUGIHARTI ; 2. I WAYAN SUTAMA
Penerbitan2009, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. ILMU SOSIAL (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
2. ILMU SOSIAL (PENDIDIKAN DASAR) - MEDIA PEMBELAJARAN
LabelRs 372.83044 ANG p
Abstrak

ABSTRAK



Anggraeni, Dian, Novita. 2009. Penggunaan Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV di SDN Pakisaji 2. Penelitian Tindakan Kelas, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ibu Dra. Sri Sugiharti, M.Pd; (2) Drs. I Wayan Sutama, M.Pd Kata Kunci : Penggunaan CD Interaktif, Pembelajaran IPS Media pembelajaran CD Interaktif adalah salah satu inovasi media pembelajaran yang menampilkan gambar dan narasi singkat mengenai pembelajaran yang sedang dilakukan sehingga dapat menarik minat pengguna. Dari hasil observasi dan wawancara di SDN Pakisaji 02, dalam pembelajaran guru menggunakan pembelajaran klasikal dengan menggunakan buku dan guru sebagai sumber utama siswa. Karena itu penulis berusaha mengembangkan salah satu media CD Interaktif untuk pembelajaran IPS SD. Pengembangan Media CD Interaktif ini diujikan pada siswa kelas IV pada materi pembelajaran IPS. Untuk memberikan gambaran secara konkrit salah stu bab dalam materi pembelajaran IPS Kelas IV SD, dan meningkatkan hasil belajar karena dari hasil observasi siswa senang dengan tampilan warna dan gambar pada media tersebut. Tujuan penelitian ini untuk memecahkan masalah pembelajaran dan memberi alternatif media belajar IPS kelas IV SD semester I dengan pokok bahasan “Kenampakan Alam Lingkungan Kabupaten”, memberikan pandangan belajar siswa dengan memberikan pembelajaran yang lebih konkrit, dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Karakteristik dari media CD Pembelajaran adalah menampilkan media pembelajaran berupa gambar bergerak dan teks secara berurutan. Subjek penelitian dalam pengembangan CD Pembelajaran ini adalah siswa Kelas IV di SDN Pakisaji 02. Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui observasi siswa, observasi guru selama pembelajaran, dan angket siswa. Untuk hasil belajar siswa digunakan evaluasi dalam bentuk pre test dan post test. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil belajar siswa digunakan evaluasi pembelajaran.

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran ini didasarkan pada siklus Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemis dan Mc.Taggart dan memeroleh hasil yang valid, atau dapat dikatakan media CD Interaktif layak digunakan untuk pembelajaran dengan hasil ketuntasan pembelajaran mencapai 89%. Saran yang diajukan, hendaknya penggunaan CD Interaktif perlu ditindak lanjuti untuk pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar di kelas.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas