Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulMeningkatkan hasil belajar tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Tulungrejo 03 Kecamatan Gandusari oleh Wila Binti Masruroh
PenulisMasruroh, Wila Binti
Pembimbing1. AHMAD SAMAWI ; 2. HADI MUSTOFA
Penerbitan2009, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. ILMU SOSIAL (PENDIDIKAN DASAR) - PESTASI BELAJAR
2. ILMU SOSIAL (PENDIDIKAN DASAR) - PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW
LabelRs 372.83044 MAS m
Abstrak

ABSTRAK



Masruroh, Wila Binti 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Tulungrejo 03 Kecamatan Gandusari. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prsekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi, M.Hum, (II) Drs. H. Hadi Mustofa, M.Pd.



Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, hasil belajar perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi, Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar.



Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : (1) memberikan gambaran dampak penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dilihat dari suasana belajar dan interaksi belajar siswa kelas IV SD Tulungrejo 03 Kecamatan Gandusari, (2) meningkatkan hasil belajar siswa materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi siswa kelas IV SD Tulungrejo 03 Kecamatan Gandusari.

Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus. Masing-masing siklus memiliki tahapan penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Tulungrejo 03 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2008/2009. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan batas ketuntasan individu 65% dan batas ketuntasan klasikal 85%.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) dampak penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw memberikan suasana pembelajaran lebih menyenangkan, interaksi belajar meningkat baik dari interaksi siswa dan siswa maupun interaksi guru-siswa, (2) hasil belajar berupa konsep pemahaman materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi meningkat secara klasikal dari 20% pada pratindakan menjadi 66% pada siklus I kemudian menjadi 93,33% pada siklus II. Proses aktivitas siswa dalam kerjasama meningkat dari 80 % pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi yang diterapkan memberikan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan interaksi belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi pemahaman konsep materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi maupun hasil belajar proses kerjasama.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas