Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPemberian motivasi melalui kerja kelompok pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Segaran I Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang tahun ajaran 2009 oleh 2010 oleh Ninik Sriwihayati
PenulisSriwihayati, Ninik
Pembimbing1. ENDRO WAHYUNO ; 2. NUR HANIFAH
Penerbitan2009, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. PENIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
2. PENIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PENDIDIKAN DASAR) - METODE PEMBELAJARAN
LabelRs 372.832044 SRI p
Abstrak

ABSTRAK

Sriwihayati, Ninik. Pemberian Motivasi Melalui Kerja Kelompok Pada Pembelajaran PKn Untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa kelas V SDN Segaran I Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, FIP Universitas Negeri Malang, Pembimbing: 1) Drs.Ir.Endro Wahyuno, M.Si. 2) Dra. Nur Hanifah, M.Pd

Kata Kunci: Motivasi, Kerja kelompok, PKn, Prestasi belajar

Dalam setiap proses belajar mengajar, pasti terlihat adanya tingkah laku belajar siswa yang berbeda dan diantaranya adalah motif yang ada dalam diri masing-masing siswa. Dalam kenyataan sehari-hari masih banyak siswa yang kurang menunjukkan motivasi dan minat yang tinggi terhadap mata pelajaran yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu guru sebagai pengajar harus bias memberikan motivasi dan membangkitkan motivasi belajar siswanya agar mereka mau belajar dan memiliki keinginan untuk belajar secara lebih kontinu. Guru tidak semata-mata menstranfer ilmu pengetahuan saja, tetapi juga sebagai pendidik dan pembimbing yang sering terjadi di sekolah-sekolah, banyak siswa yang tidak masuk mengikuti pelajaran dan kadang-kadang tidak memperhatikan penjelasan dari guru apabila mata pelajaran PKn sedang berlangsung, karena mereka banyak yang m,enganggap pelajaran PKn juga kurang bahkan sama sekali tidak ada. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu Pemberian Motivasi dalam Kegiatan Pembelajaran PKn Untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimana penerapan pemberian motivasi guru kepada siswa kelas V SDN Segaran I Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang Tahun ajaran 2009/2010 di dalam kegiatan pembelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok?, (2) Bagaimana dampak pemberian motivasi melalui kerja kelompok terhadap aktivitas belajar siswa kelas V SDN Segaran I Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang Tahun ajaran 2009/2010?, dan 3) Apakah pemberian motivasi melalui kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Segaran I Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang Tahun ajaran 2009/2010 di dalam kegiatan pembelajaran PKn?

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus, siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai standar nilai standar minimal 80 dengan ketuntasan belajar kelas 80 % dari jumlah subjek penelitian. Subyek penelitian dibatasi pada siswa kelas V SDN Segaran I yang berjumlah 22 siswa. Instrument yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan evaluasi yang dilakukan terfokus pada proses dan hasil dengan menggunakan teknik tes dan non tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pemberian motivasi melalui kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Segaran I. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar yang meningkat tajam, dari rata-

ii

rata sebelumnya 58,18 pada pre tes, 73,64 pada siklus I dan meningkat 80 pada siklus II, Sedangkan untuk nilai proses individu 80,31 pada siklus I meningkat 85,98 pada siklus II, dan nilai evaluasi kelompok 81,25 pada siklus I meningkat 85 pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai di atas 80 % sehingga siklus dihentikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pemberian motivasi melalui kerja kelompok dapat meningkatkan hasil dan proses pembelajaran PKn.

Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pemberian motivasi melalui kerja kelompok berhasil dilaksanakan dengan baik dan meningkatkan prestasi belajar serta motivasi belajar PKn siswa kelas V SDN Segaran I. Disarankan kepada guru khususnya guru kelas V agar melaksanakan pemberian motivasi melalui kerja kelompok sebagai salah satu pilihan dalam pembelajaran PKn agar prestasi belajar dan motivasi belajar siswa meningkat. Sekolah dan lingkungan diharapkan berperan aktif dalam memfasilitasi kegiatan belajar siswa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas