Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPembelajaran dengan pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 7 Malang tahun ajaran 2009-2010 oleh Fitri Ramayanti
PenulisRamayanti, Fitri
Pembimbing1. SUBANJI ; 2. INDRIATI NURUL HIDAYAH
Penerbitan2009, S1 Program Studi Pendidikan Matematika.
Subyek1. MATEAMTIKA - PEMBELAJARAN MODEL OPEN ENDED
2. BERPIKIR KREATIF
LabelRs 510.7 RAM p
Abstrak

ABSTRAK

Ramayanti, Fitri. 2009. “Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Malang Tahun Pelajaran 2008-2009”. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Dr. H. Subanji, S. Pd, M. Si. dan (2) Indriati Nurul Hidayah, S. Pd, M. Si.

Kata Kunci: Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Siswa.

Perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut masyarakat untuk dapat beradaptasi secara cepat pula. Orang yang dapat beradaptasi secara cepat adalah orang yang kreatif. Untuk itu di sekolah perlu dikembangkan pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas sehingga siswa mampu menghadapi perkembangan teknologi yang cepat tersebut. Salah satu pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah pembelajaran dengan pendekatan open ended.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) sebab data yang diperoleh dideskripsikan secara verbal dan bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMPN 7 Malang kelas VIII semester gasal tahun pelajaran 2008-2009. Data diambil dari hasil pengamatan selama pembelajaran berlangsung, hasil catatan lapangan, dan hasil wawancara. Pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap akhir siklus dilakukan tes untuk melihat kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa.

Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan open ended model TPS (Think Pair Share) yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah: (1) pengajuan soal open ended, (2) kerja secara individu, (3) diskusi kelompok, (4) diskusi kelas. Pengajuan soal open ended dilaksanakan sesingkat mungkin sehingga tidak menyita waktu pembelajaran. Peneliti memberi waktu yang cukup kepada siswa untuk mengerjakan soal baik secara individu maupun kelompok sehingga siswa lebih leluasa dalam mengerjakan soal. Dalam penyimpulan materi pada saat diskusi kelas peneliti melibatkan siswa secara aktif sehingga dapat terlihat kemampuan berpikir kreatif siswa.

Dari pembelajaran dengan pendekatan open ended yang telah dilakukan, diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa pada kategori cukup baik dengan prosentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 26,54% yang terdiri dari prosentase kemampuan berpikir lancar sebesar 45,64%, prosentase kemampuan berpikir luwes sebesar 12,59%, dan prosentase kemampuan berpikir orisinil sebesar 22,02%. Hasil belajar siswa pada kategori baik dengan prosentase siswa tuntas belajar 83,33%.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas